Tips Meningkatkan Public Speaking Supaya Pede!

0
126
Tips Meningkatkan Public Speaking Supaya Pede!

Jika menyampaikan pidato kepada audiens membuatmu gugup, gelisah, ataupun takut, kamu perlu melatih kemampuan berbicara di depan umum atau public speaking. Melatih kemampuan public speaking ini penting agar kamu dapat tampil baik ketika berbicara di depan umum atau sedang menyampaikan presentasi merupakan salah satu keahlian yang dapat membantu kita berkembang. Untuk kamu yang merasa kesulitan dalam hal public speaking, simak tips berikut.

1. Atur Napas

Saat seseorang gugup dan merasa cemas, tentunya hal ini dapat mengganggu konsentrasi. Seorang yang sudah biasa berbicara di depan publik pun bisa saja merasa gugup sebelum memulai, jadi hal ini adalah sesuatu yang wajar. Untuk membantu mengendalikan ini, luangkan beberapa menit sebelum berbicara untuk mengambil napas dalam-dalam. Tenangkan tubuh agar bisa memasuki ruangan dengan tenang.

 2. Siapkan Catatan Kecil

Jika berbicara di depan umum membuatmu cemas, kamu bisa menuliskan pidatomu terlebih dahulu sehingga dapat melihatnya kembali jika kamu lupa pernyataan berikutnya. Buatlah catatan kecil berisi poin-poin yang akan kamu sampaikan untuk membantumu agar tetap bisa menyampaikan semua materi dengan tepat. Namun tidak disarankan untuk terus menerus membaca catatan karena hal ini ini tidak efektif dan kamu akan kehilangan interaksi dengan audiens.

 3. Terus Berlatih

Mark Twain pernah berkata, “Biasanya saya membutuhkan lebih dari tiga minggu untuk mempersiapkan pidato dadakan yang baik.” Salah satu hal yang mungkin menjadi sumber ketakutan untuk berbicara di depan umum adalah ketidaksiapan. Maka berlatihlah sesering mungkin. Setiap kali menyampaikan pidato, kamu akan menjadi lebih nyaman dan meningkatkan kepercayaan diri saat menyampaikannya secara langsung.

4. Rekam Dirimu Ketika Berbicara

Terakhir, berbicara di depan umum ini dimaksudkan untuk membantu kamu mengenali bagaimana kamu bertemu dengan audiens. Coba untuk merekam dirimu ketika berbicara dan tonton Kembali. Dengan cara ini mungkin kamu bisa hal-hal yang bahkan tidak kamu sadari. Ini memberikan kesempatan untuk memperbaiki diri sebelum tampil di depan audiens secara langsung. Kamu juga bisa melatihnya dengan cara berpidato di depan teman atau keluarga dan minta tanggapan dan masukan ​​mereka.

Itu tadi tips agar kamu bisa lebih menguasai skill public speaking. Semoga trik-trik ini bisa berguna ketika kamu memiliki jadwal presentasi atau meeting yang melibatkan orang banyak.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut