Tips Menghindari Pemakaian Kantong Plastik Sekali Pakai

0
145

Tanggal 3 Juli merupakan Hari Bebas Kantong Plastik Sedunia, sebuah inisiatif global untuk mengurangi pemakaian kantong plastik sekali pakai di seluruh dunia. Hari Bebas Kantong Plastik Sedunia (International Plastic Bag Free) digagas oleh Bag Free World. 

Misi Bag Free World adalah mengajak masyarakat menghindari pemakaian kantong plastik dan mencari alternatif bahan lain yang lebih ramah lingkungan. Di sejumlah pusat perbelanjaan di Indonesia pun sudah memberlakukan pelarangan kantong plastik sekali pakai.

Mengubah kebiasaan menggunakan kantong plastik yang sudah dilakukan sejak lama memang tak mudah. Butuh kemauan dan upaya agar semakin banyak yang tergerak untuk berperan dalam mengurangi sampah plastik, mulai dari hal yang paling sederhana.

Apa saja yang bisa kita lakukan untuk menghindari pemakaian kantong plastik?

  1. Selalu membawa tas/kantong belanja sendiri.
  2. Membawa botol air minum sendiri.
  3. Membawa wadah makan sendiri ketika membeli makanan di restoran. 
  4. Tidak menggunakan sedotan plastik sekali pakai, melainkan membawa sedotan sendiri yang bisa dicuci dan digunakan berulang kali.
  5. Saat berbelanja bahan-bahan seperti sayuran atau buah, tidak perlu dimasukkan dalam plastik-plastik terpisah. Setelah dipilih dan ditimbang, langsung saja gabungkan di dalam tas belanjamu
  6. Jika di dekat tempat tinggalmu ada layanan isi ulang untuk kebutuhan rumah tangga seperti pembersih lantai atau deterjen, manfaatkanlah. Dengan begitu, kamu akan mengurangi sampah kemasan plastik dan bisa memanfaatkan botol-botol plastik yang ada di rumah sebagai wadah.
Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]