Tips Mengelola THR Ketika Lebaran

1
148
Tips Mengelola THR Ketika Lebaran

Ketika hari Lebaran tiba selain berkumpul bersama keluarga dan kerabat, tunjangan hari raya atau THR tentunya menjadi bonus yang juga kita tunggu-tunggu. Setelah mendapatkan uang THR, biasanya akan timbul keinginan kita untuk membelanjakannya.

Namun, kamu harus tetap membatasi penggunaan THR. Jangan sampai kamu menjadi konsumtif dan membeli hal-hal yang sebenarnya tidak diperlukan dan berujung menyesalinya di kemudian hari. ini dia 5 tips mengelola uang THR dengan bijaksana agar tidak cepat habis.

1. Sisihkan Untuk Zakat dan Sedekah

Setelah menerima THR, langsung sisihkan sebagian uang tersebut untuk zakat atau bersedekah. Berzakat adalah salah satu rukun islam bagi umat muslim, dengan beramal juga merupakan salah satu bentuk syukur atas apa yang telah Tuhan berikan pada selama ini. Kamu bisa menyisihkan sekitar 2.5% – 10% uang THR. Kamu juga bisa bersedekah kepada orang yang membutuhkan.

2. Sisihkan untuk Berbagi dengan Keluarga

Setelah memenuhi kewajiban untuk berzakat, alokasikan uang THR kamu untuk berbagi bersama sanak saudara di keluarga. Kamu bisa menyesuaikan nominalnya dengan kemampuanmu dan memberikannya beri secara merata untuk saudara, orang tua, ataupun keponakan.

3. Membuat Perencanaan

Membuat perencanaan pengeluaran merupakan tips mengelola uang THR yang sangat berguna dalam mengetahui mana barang yang penting dan mana barang yang tidak begitu penting. Pertama, mulailah dengan menulis daftar barang apa saja yang akan kamu beli dan tentukan prioritas barang-barang tersebut. Lalu, bagi barang-barang tersebut ke dalam 3 kategori, seperti barang penting mendesak, penting tidak mendesak, dan tidak penting. Gunakan THR dengan bijak dan uang THR jangan dihabiskan seluruhnya

4. Dana Darurat

Terakhir, sisihkan uang THR untuk dana darurat. Hal ini wajib dilakukan agar kamu bisa menambah simpanan dana darurat. Keperluan mendadak bisa terjadi kapan saja, dan biayanya juga tidak bisa diprediksi, jadi kamu harus siap untuk mengeluarkan dana untuk keperluan darurat

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut