Tips Mengelola Stres Selama Kerja dari Rumah Akibat Pandemi

0
368

Bekerja dari rumah atau work from home (WFH) adalah salah satu cara untuk memutus rantai penularan virus covid-19. Namun, di sisi lain WFH yang sudah berjalan hampir satu tahun ini, justru memunculkan stres yang berbeda-beda pada setiap orang.

Psikolog Tiara Puspita N., M.PSI mengungkapkan reaksi stres ini muncul seiring dengan perubahan situasi/kebiasaan/aktivitas dibandingkan sebelum pandemi. 

Menurut Tiara, setiap orang memiliki reaksi berbeda terhadap stres. Mulai dari rasa takut dan gelisah mengenai kesehatan diri/orang-orang sekitar, perubahan pola tidur dan makan, hingga kesulitan tidur dan konsentrasi. 

“Kegelisahan adalah hal yang wajar mengingat saat ini situasi serba tak menentu dan tak dapat diprediksi,” ujar Tiara. 

Lantas, apa yang bisa kita lakukan untuk dapat mengelola stres karena WFH selama pandemi? Tiara memberikan sejumlah tips yang bisa Sobat Akseleran praktikkan selama di rumah. 

  • Pastikan selalu meluangkan waktu sekitar 15-30 menit setelah bekerja selama 2-3 jam. 
  • Melakukan latihan pernapasan untuk membuat tubuh lebih relaks dan tenang. 
  • Tentukan batasan. Saat kamu sedang mengerjakan tugas kantor, jangan kerjakan tugas  rumah, begitu pula sebaliknya. Alokasikan waktu yang kamu butuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan rumah tangga.
  • Sempatkan berolahraga.
  • Perkecil distraksi saat kamu bekerja agar pekerjaan cepat selesai. Jangan kebablasan nonton atau belanja online, ya. 
  • Kalau kamu merindukan rutinitas seperti sebelum WFH, cobalah lakukan rutinitas itu di rumah. Misalnya, tetap memakai pakaian rapi, berdandan, sarapan, dsb. 
  • Buatlah to-do-list untuk aktivitas harianmu, tandai untuk setiap hal yang berhasil dilakukan. 
  • Ciptakan area khusus bekerja. Komunikasikan tentang area ini dengan keluarga, sehingga kamu tetap bisa menciptakan pembatasan fisik saat bekerja dari rumah. 
  • Komunikasikan kebutuhan dan ekspektasimu dengan pasangan maupun anggota keluarga di rumah, dan bisa menciptakan kompromi satu sama lain. 
  • Menulis pengalaman atau perasaanmu di jurnal juga bisa menjadi aktivitas terapeutik yang dapat membantumu berefleksi. 
  • Apabila kamu butuh untuk bercerita, kontaklah orang terdekatmu. Atau, jika kamu merasa stress tersebut berlarut-larut, kamu dapat berkonsultasi dengan yang profesional di bidangnya. 

Pendanaan kepada UMKM secara aman di Akseleran. Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp 100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]