Tips Mengelola Emosi dalam Bekerja

0
167
Tips Mengelola Emosi dalam Bekerja

Tahukah kamu bahwa menekan emosi negatif secara lahiriah berdampak buruk pada keterampilan kognitif seperti memori dan fungsi fisiologis seperti tekanan darah? Meski bukan berarti rasa marah harus selalu dilakukan, ada cara untuk mengekspresikannya dengan baik. Lalu bagaimana seharusnya kita merespons dan berkomunikasi ketika reaksi emosional muncul?

1. Kenali

Ketika kamu menyadari bahwa kamu sedang emosi, luangkan waktu selama lima menit untuk menenangkan diri. Perhatikan tanda-tanda fisik ketika emosi sedang naik misalnya telapak tangan berkeringat atau detak jantung tidak teratur yang bisa menjadi tanda stres.

2. Refleksikan

Mulailah dengan menyadari reaksi dan fokus pada mengapa kamu merasakan hal tersebut dan apa yang memicu emosi ini. Jika ini adalah emosi yang familiar, pikirkan kapan terakhir kali kamu merasakan ini dan bagaimana kamu mengaturnya sebelumnya.

3. Respon

Setelah Anda meluangkan waktu untuk mengenali emosi, kamu dapat merespon emosi dengan mencari ketenangan dengan memusatkan perhatian pada pernapasan. Cobalah untuk menjauh sejenak atau minum air putih agar kamu lebih tenang.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 12% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut