Belajar Leadership dari Bill Campbell

0
186
Bill Campbell

Pebisnis asal Amerika Serikat, Bill Campbell dikenal luas sebagai mantan dewan direksi Apple dan seorang coach atau “pelatih Silicon Valley”. Dengan pengalaman yang sudah terbukti, rasanya tepat untuk belajar membangun keterampilan kepemimpinan dari Bill Campbell. Pria yang dijuluki “Trillion Dollar Coach” ini menjadi salah satu pemimpin paling terkenal dalam sejarah Silicon Valley. Dengan lebih dari 15 tahun mendidik Larry Page, Eric Schmidt, Steve Jobs, dan Sheryl Sandberg, berikut ini adalah beberapa poin yang juga dapat kamu gunakan untuk menjadi pemimpin yang baik.

“Kepemimpinan adalah tentang mengakui bahwa ada kehebatan dalam diri setiap orang, dan tugas anda adalah menciptakan lingkungan di mana kehebatan itu bisa muncul.”

1. Kepentingan tim di atas kepentingan sendiri

Sebagai seorang pemimpin, kamu harus menciptakan dan memelihara tim yang kuat. Tumbuhkan rasa hormat di tempat kerja, jangan berasumsi bahwa tim mu akan secara otomatis menghormatimu karena kamu adalah pemimpinnya. Jangan mendikte seseorang apa yang harus dilakukan, alih-alih kamu bisa membangun cerita tentang mengapa mereka harus melakukannya. Dukung mereka untuk selalu belajar dan memperbaiki diri.

2. Saling menghargai

Bill selalu menunjukkan bentuk perhatian pada timnya. Beliau memperlakukan semua orang dengan hormat, mengingat nama semua orang, memberi salam hangat, dan peduli pada mereka. Yang paling penting, Bill adalah seseorang yang membuktikan ucapannya dengan tindakan. Oleh karenanya, jangan pernah lupa untuk memimpin dengan memberi contoh.

3. Beri peluang

Cara untuk mendapatkan ide terbaik adalah dengan mengeluarkan semua pendapat dan ide secara terbuka di atas meja untuk didiskusikan bersama-sama oleh kelompok. Setiap orang memiliki kesempatan untuk memberikan masukan dan pendapat secara jujur. Dengarkan apa yang mereka inginkan dan kemudian beri mereka proses untuk mencapai hasil. Ketika menghadapi masalah, pastikan tim yang tepat menangani masalah tersebut dan berikan mereka sumber daya dan kebebasan untuk melakukan hal-hal hebat.

4. Fokus pada proses

Memiliki proses untuk mendapatkan keputusan merupakan hal yang penting. Mulai bekerja dan buat keputusan terbaik yang kamu bisa. Bahkan jika gagal, teruslah maju, dan tetap perlakukan semua orang dengan hormat. Hal ini dapat memberi kepercayaan diri kepada tim dan membuat semua orang terus maju.

5. Bantu orang lain

Bill senang membantu orang dan mengetahui ketika orang lain membutuhkan bantuan dan beliau tidak segan-segan untuk turun tangan. Bill adalah sosok yang selalu ada dan membuat orang tidak takut untuk mengemukakan pendapat atau meminta bantuan.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 12% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut