Tips Mengamankan Dana untuk Startup Anda

0
1016

Angel Investor dan pemodal ventura mencari potensi pengembangan dan profitabilitas saat mereka memilih perusahaan startup yang layak mendapatkan investasi mereka. Berikut ini beberapa tip dan poin penting yang harus diikuti untuk mengamankan dana startup Anda, untuk mendapatkan kepercayaan dari investor dan menerima dana yang benar-benar layak Anda dapatkan.

Ketahui nilai Anda. Untuk mendapatkan investasi yang Anda butuhkan, Anda harus tahu nilai usaha Anda sendiri. Tunjukkan bahwa Anda adalah pengusaha yang termotivasi dengan visi dan gagasan yang jelas. Salah satu cara untuk menampilkan diri Anda agar mudah diingat di depan para investor adalah dengan cara menunjukkan bukan hanya kualitas pribadi Anda, tetapi juga mengandalkan angka, statistik, rencana dan visi bisnis yang kuat. Investor berinvestasi untuk mendapatkan keuntungan dan jika Anda tidak tahu apa nilai bisnis Anda, kemungkinan besar Anda akan ditolak.

Eksekusi adalah segalanya. Persiapkan diri Anda agar dapat menjelaskan jalan eksekusi ide Anda. Bersiaplah untuk menjelaskan setiap tahap prosesnya. Tidak ada ide yang berubah menjadi bisnis yang sukses dan menguntungkan jika tidak dapat dijalankan dengan cara yang benar.

Sempurnakan rencana bisnis Anda. Ini adalah kerja keras dan membutuhkan banyak waktu, tapi ini adalah tiket kemenangan Anda. Tanpa rencana bisnis yang hebat dan presentasi eksekusi yang sempurna, kemungkinan besar Anda akan kehilangan perhatian para investor. Ketika kita berbicara tentang uang, prediksi tidak cukup. Bisnis yang akan memenangkan dana investor adalah bisnis yang serius dan Anda harus melakukan pendekatan profesional tidak peduli di tahap mana startup Anda berada.

Kerja tim. Investor berinvestasi dalam tim, pada orang yang mereka percaya. Anda, sebagai seorang pemimpin, harus membuktikan bahwa orang-orang yang bekerja dengan Anda adalah orang yang tepat, sehingga mereka dapat percaya dan tidak ragu memberikan semua yang diperlukan untuk mengubah startup menjadi bisnis yang menguntungkan.

Kenali audiens Anda. Investor yang berbeda memiliki gaya investasi yang berbeda dan mencari berbagai hal. Sebelum mempersiapkan presentasi startup Anda, Anda harus tahu kepada siapa Anda mempresentasikan usaha Anda. Lakukan penelitian tentang investasi sebelumnya dan bersiaplah untuk menyampaikan sesuatu yang ingin mereka lihat.

Mendengarkan. Percakapan bukanlah pertukaran sederhana dari kata-kata yang diucapkan secara verbal. Ini lebih seperti proses mendengarkan daripada berbicara. Anda harus tahu apa yang Anda katakan dan untuk melakukannya Anda harus bisa memutuskan apa sebenarnya yang harus Anda katakan. Seringkali jawabannya ada dalam pertanyaan dan investor menyukai orang yang sangat memahami kebutuhan dan kekhawatiran mereka. Dengarkan lebih banyak dan konsentrasilah pada kuantitas dan kualitas ucapan Anda.

Sampaikan. Memenangkan dana dari investor bukanlah bagian tersulit dari memulai usaha startup Anda. Bagian terpenting dimulai setelah pendanaan, setelah Anda memiliki kemampuan untuk bekerja dengan kekuatan penuh. Inilah saat segalanya menjadi nyata dan Anda harus siap untuk itu. Tidak ada yang ingin mendapatkan reputasi buruk dengan menunjukkan ketidakmampuan memenuhi janji dan meninggalkan pekerjaan yang belum selesai. Kunci untuk memenangkan dana adalah potensi untuk menggunakan investasi dengan benar.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here