Tips Mengajarkan Anak Menabung dari Angpao Imlek

0
165
Tips Mengajarkan Anak Menabung dari Angpao Imlek

Perayaan Tahun Baru Cina atau yang lebih dikenal dengan Imlek erat kaitannya dengan beberapa tradisi di dalamnya, salah satunya adalah memberikan angpao untuk anak-anak kecil. Angpao sendiri dalam Bahasa Mandarin disebut hongbao yang berarti amplop merah. Momen pemberian angpao sebagai hadiah pergantian tahun ini bisa dimanfaatkan oleh para orangtua untuk mengajarkan anak menabung sedari kecil. Dengan belajar menabung, secara tidak langsung orangtua juga akan membiasakan anak untuk mengatur keuangan sendiri. Berikut beberapa tips yang bisa kamu coba.

1. Ajarkan pentingnya menabung

Pertama, kamu bisa jelaskan secara sederhana bahwa uang adalah alat tukar dan alat membayar. Jelaskan pada anak jika ia ingin membeli sesuatu, ia butuh uang untuk ditukar dengan barang yang diinginkan. Kamu bisa menjelaskan bahwa dengan menabung dapat membantu mewujudkan apa keinginan anak. Ketika uang sudah cukup terkumpul, barulah keinginannya bisa tercapai.

2. Beri celengan yang menarik

Anak cenderung menyukai sesuatu yang menarik bentuknya. Supaya anak lebih semangat menabung, berikan celengan yang menarik seperti bentuk hewan, atau karakter favoritnya. Dengan cara ini secara tidak langsung anak akan terdorong untuk menabung di celengannya.

3. Ajarkan tujuan menabung

Ajarkan anak untuk memiliki tujuan dalam menabung. Misalnya ketika anak menginginkan mainan, ajarkan dia mengumpulkan uang terlebih dahulu alih-alih langsung membelikannya. Cobalah untuk mengkondisikan anak untuk berusaha, dan menunggu beberapa saat sampai keinginannya terpenuhi.

4. Jadi contoh yang baik untuk anak

Anak adalah peniru ulung yang akan mencontoh ketika melihat kebiasaan yang dilakukan oleh orangtuanya. Untuk itu jadilah contoh untuk anak dengan menerapkan pola keuangan yang sehat.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 12% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut