Akseleran Dukung Pemerataan Pendanaan Online UMKM di Jawa Barat

0
259
Ivan Tambunan, CEO & Co-Founder Akseleran saat memaparkan tentang Akseleran di Gedung Sate, Bandung, Senin (31/1/2022)

Akseleran bersama Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat menjalin sinergi untuk saling mengembangkan pemanfaatan teknologi digital dalam hal pendanaan UMKM berbasis daring. Momen tersebut bertepatan dengan launching PANON JABAR (Pendanan Online Jawa Barat) yang dibuka secara langsung oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil bertempat di Gedung Sate Kota Bandung pada Senin, 31 Januari 2022.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyatakan bahawa inovasi yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat tersebut merupakan salah satu terobosan penting dalam hal percepatan pengadaan melalui platform digital dalam rangka mengimplementasikan digital society yang sedang digalakkan di lingkungan Pemda. Rencana tersebut akan diwujudkan dengan menggandeng Asosiasi Pendanaan Fintech Indonesia (AFPI) serta lembaga terkait seperti Bank BJB, LPSE Jawa Barat dan Akseleran selaku penyelenggara teknologi finansial peer-to-peer (P2P) lending klaster produktif yang juga tergabung dalam AFPI.

CEO & Co-Founder Akseleran, Ivan Tambunan, mengatakan bahwa dengan solusi API-based loan origination system yang dikembangkan oleh Akseleran membuat sistem pinjaman menjadi lebih seamless. Hal ini, kata Ivan, semakin memudahkan setiap vendor yang telah mendapatkan pekerjaan pengadaan melalui LPSE Jabar untuk mengajukan pembiayaan modal kerja melalui Akseleran dengan besaran mulai dari Rp200 juta hingga Rp2 miliar.

Jawa Barat merupakan provinsi yang menjadi pelopor dalam penggunaan Fintech Lending dan memiliki proyeksi yang besar untuk pertumbuhan UMKM dengan pendanaan berbasis digital. Hal ini dibuktikan lewat perjalanan sepanjang tahun 2021, total penyaluran pinjaman usaha Akseleran di Provinsi Jabar mencapai sebesar lebih dari Rp320 miliar atau berhasil tumbuh hingga 75% dibandingkan tahun sebelumnya. Pertumbuhan itu, jelasnya, sejalan dengan kenaikan jumlah borrower yang telah memperoleh pembiayaan modal kerja melalui Akseleran di Jabar sebanyak 36%.

Banyak manfaat yang bisa diperoleh dalam Program Panon Jabar ini, diantaranya kemudahan bagi penyedia untuk mengajukan pendanaan, dan proses dilakukan secara online. Selain itu, dengan diluncurkannya program ini juga turut meningkatkan kualitas hasil pengadaan barang dan jasa, pendanaan modal kerja kepada UMKM jadi lebih cepat, efisien dan serba digital.

“Secara kumulatif total penyaluran pinjaman usaha Akseleran dari Jabar telah mencapai sebesar Rp664 miliar lebih. Untuk kontribusi terbesar di Jabar masih berasal dari Bandung, lalu disusul Karawang, Depok dan Bekasi. Dengan adanya kerja sama pembiayaan modal kerja LPSE ini tentu membuat kami optimis untuk meningkatkan kinerja Akseleran di Jabar,” terang Ivan.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 12% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut