10 Trik Toko Swalayan agar Dapat Keuntungan Maksimal

0
368
Toko Swalayan

Apa sih rahasia dibalik bisnis toko swalayan yang tetap eksis dan untung besar di tengah persaingan? Jawabannya adalah strategi, inovasi, dan manajemen yang efisien. Tentu saja, Anda juga harus mengutamakan kualitas setiap produk yang dijual.

Berbicara tentang strategi, ada beberapa trik yang bisa diterapkan untuk menarik lebih banyak pelanggan ke toko Anda. Bahkan bisa membuat mereka berlama-lama di dalam dan mempengaruhi keputusan untuk membeli lebih banyak barang. Apa saja?

Penempatan Produk di Lokasi Strategis

Untuk melakukan ini, Anda perlu memahami perilaku pembeli. Salah satunya adalah mereka cenderung mengambil barang yang dekat jangkauan atau berada di depan mata.

Jadi, Anda bisa meletakkan barang-barang yang lebih mahal di rak tengah sehingga mudah dilihat dan ditemukan. Selanjutnya, produk sejenis yang lebih murah bisa Anda letakkan di bagian atas dan bawah rak.

Tampilan Menarik nan Mewah

Cara Anda menampilkan barang-barang di dalam toko swalayan ternyata mempengaruhi persepsi pembeli terhadap nilai barang, loh. Kelompokkan produk berdasarkan warna, susunlah dengan rapi, dan berikan pencahayaan yang cukup terang. Jangan lupa, pastikan untuk rutin membersihkan rak atau etalase.

Ini akan membuat pelanggan Anda cenderung memilih barang yang harganya lebih mahal ketika ditempatkan di lokasi yang terlihat menarik dan berkelas.

Produk Kebutuhan Harian di Bagian Belakang

Letakkan barang-barang kebutuhan harian seperti sabun mandi, sabun cuci piring, bumbu masakan, ataupun susu di rak bagian belakang. Tujuan utama trik ini adalah agar pembeli harus berkeliling dulu sebelum mendapatkannya.

Selama mengelilingi toko swalayan Anda, bukan tidak mungkin pembeli tertarik dan akhirnya membeli barang lain yang sebelumnya tidak ada dalam daftar belanjaan mereka.

Beli Banyak Lebih Murah

Anda mungkin tidak asing dengan trik promosi yang satu ini: Promo Mie Kuah Beli 5 Lebih Murah! Pembeli akan otomatis berpikir bahwa beli lima buah Mie Kuah lebih murah daripada hanya beli satu. Akhirnya, mereka membeli produk tersebut dalam jumlah banyak meski tidak terlalu butuh.

Padahal bila jeli, Anda bisa menemukan bahwa membeli satu dan lima produk sekaligus sebenarnya tidak jauh selisih harganya.

Diskon Terbatas pada Waktu Tertentu

Salah satu cara meningkatkan omzet adalah sistem diskon. Coba untuk memberi diskon di waktu-waktu tertentu. Misalnya, diskon belanja untuk midnight sale.

Bila Anda menjual produk seperti roti, buah-buahan, jus, atau lainnya yang harus habis di hari yang sama, Anda bisa menerapkan diskon seperti “Diskon 50% produk A untuk pembelian di atas jam 21.00”.

Baca juga: Ini Cara Menghitung Diskon yang Benar Serta Rumusnya!

Beli 1 Gratis 1

Trik beli satu gratis satu sepertinya mudah dan sering dijumpai di kebanyakan toko swalayan. Bagi pembeli, ini menarik karena dengan membayar satu harga mereka bisa membawa pulang dua barang sekaligus. Nah, agar tidak rugi, ini tips yang bisa Anda coba:

  • Naikkan harga terlebih dahulu sebelum memberi diskon.
  • Produk yang dibayar adalah yang paling tinggi harganya.
  • Gunakan tambahan seperti “diskon berlaku khusus hari ini”.

Cokelat dan Permen di Dekat Kasir

Saat di kasir, pandangan pembeli biasanya tertuju pada barang-barang yang dekat dengan kasir. Banyak yang akhirnya tergoda kemudian membelinya. Inilah mengapa produk-produk seperti cokelat dan permen sebaiknya Anda letakkan di sana.

Letakkan Produk yang Saling Melengkapi Berdekatan

Cara meningkatkan omzet toko swalayan yang tidak kalah menarik adalah menyusun produk yang bisa saling melengkapi dalam satu rak yang sama atau berdekatan. Misalnya, taruh produk selai, mentega, dan meses pada rak roti tawar. Contoh lainnya adalah letakkan pasta dan saos, serta gula dan teh/kopi saling berdekatan. 

Maksimalkan Penggunaan Teknologi

Manfaatkan kecanggihan teknologi untuk memaksimalkan keuntungan Anda. Contohnya, buat akun bisnis dan lakukan promosi di sosial media, atau luaskan bisnis ke sistem e-commerce dan berlakukan promosi bebas ongkos kirim.

Kelola Keuangan dengan Baik

Apapun bisnis Anda, mengelola uang harus dilakukan dengan efisien. Pastikan untuk mencatat setiap kali barang datang dan keluar. Dengan begitu, melacak jejak keuangan pun jadi lebih mudah.

Kesimpulan

Jalankan bisnis Anda dengan penuh perhitungan agar mendapat untung yang maksimal. Jangan lupa untuk menerapkan 10 trik di atas untuk menarik lebih banyak pembeli ke toko swalayan Anda!

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 10,5%-12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]