Tips Menerapkan Active Listening

0
499
Tips Menerapkan Active Listening

Keterampilan active listening merupakan kemampuan yang dapat dipelajari dan sangat bermanfaat dalam menjalin relasi, terutama untuk membangun komunikasi yang efektif. Kemampuan ini menjadi salah satu keterampilan penting yang dibutuhkan oleh kita dalam bekerja. Lalu apa perbedaan active listening dan passive listening?

Active Listening

Secara sadar mendengarkan dengan fokus. Tidak hanya menangkap pesan yang sedang disampaikan, namun juga memperhatikan perasaan dan emosi yang dimiliki oleh lawan bicara.

Passive Listening

Mampu merekam kata-kata dari pembicara namun kehilangan maksud dari pesan yang diutarakan tersebut.

Dalam menerapkan active listening, ada beberapa hal yang harus dilakukan. Pertama, kita harus bersabar dan menunggu giliran berbicara. Selanjutnya kitab isa memberi respon ucapan dan body language yang sesuai. Selain itu, kita juga bisa memparafrase poin yang disampaikan. Tunjukkan bahwa kamu memperhatikan dan tidak terburu-buru dalam mendengarkan lawan bicara.

Ada beberapa manfaat active listening untuk kita sebagai pendengar, terlebih dalam dunia kerja. Apa saja manfaatnya?

1. Mudah menyerap dan mengingat informasi sehingga kita mampu meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang berbagai topik.

2. Memiliki perhatian penuh pada saat meeting sehingga dapat mendengarkan dan memberikan respon yang sesuai.

3. Mampu memilah apa yang ingin dikatakan, mengetahui alasan dibaliknya sehingga melatih kesabaran, dan melatih kecerdasan emosi.

4. Mampu memahami apa yang orang lain inginkan sehingga kita mampu meningkatkan kualitas obrolan dan relasi, serta dapat bekerja bersama tim.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut