Intip Peluang Bisnis Cuci Sepatu di Musim Hujan

0
566
Intip Peluang Bisnis Cuci Sepatu di Musim Hujan

Musim hujan telah tiba. Perubahan iklim ini tentu memberikan dampak bagi keberlangsungan hidup sehari-hari. Salah satunya adalah kondisi sepatu yang mungkin akan lebih cepat kotor karena menebang genangan ketika kita berpergian ke luar rumah. Untuk merawat kondisi sepatu, sebaiknya kita menyerahkan ke ahlinya yaitu jasa laundry sepatu untuk mencuci dan merawat sepatu kesayangan kita, alih-alih mencucinya sendiri. Di tengah musim penghujan ini, kamu bisa mempertimbangkan untuk membuka bisnis cuci sepatu sendiri. Lalu bagaimana jika ingin memulai bisnis cuci sepatu?

1. Buat Rencana Bisnis

Hal pertama yang harus dibuat adalah rencana bisnis. Riset kelemahan dan kekuatan yang dimiliki oleh kompetitor, jadi kita bisa tau kelebihan bisnis kita sendiri seperti apa.

2. Pelajari Teknik Perawatan Sepatu

Selanjutnya kamu bisa mempelajari terlebih dahulu cara merawat sepatu yang benar. Kamu bisa merekrut karyawan yang berpengalaman di bidang ini maupun ikut workshop tentang shoe cleaning.

3. Tentukan Target Pasar

Tentukan siapa yang akan menjadi target pasar. Kamu bisa menggunakan kategori tipe sepatu seperti formal, kasual, sneakers, dan olahraga. Bisa juga menggunakan kategori profesi seperti pelajar, pekerja kantoran, dan umum.

4. Promosi Bisnis

Berdayakan media sosial seperti TikTok, Facebook, dan Instagram untuk menarik perhatian customer dan memperluas promosi. Contoh promosi yang bisa dilakukan seperti gratis antar jemput dalam radius tertentu, diskon 50% bagi customer baru, dll.

5. Siapkan Alat dan Perlengkapan

Kamu harus siap dengan segala jenis sepatu yang mungkin akan diterima, seperti sepatu berbahan kanvas, kulit, suede, karena berbeda bahan sepatu, maka berbeda  pula perawatannya.

Bagaimana, apakah kamu tertarik memulai bisnis ini? Semoga berhasil!

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut