Apa itu Sinking Fund?

0
827
Apa itu Sinking Fund?

Istilah sinking fund mungkin terdengar asing di telinga, namun ternyata ini adalah konsep menabung yang sering kita lakukan. Sinking fund adalah anggaran dana yang disiapkan dengan menyisihkan pendapatan selama periode waktu tertentu untuk mendanai pengeluaran di masa mendatang. Biasanya, dana ini disiapkan untuk kebutuhan yang benar-benar berguna dan jelas tujuannya.

Biaya Sinking fund disiapkan dengan tujuan untuk mendanai kebutuhan di masa depan yang biasanya kita sudah tau target nominalnya, jadi kita tidak akan menggunakan alokasi dana lain untuk keperluan itu.

Sinking fund menjadi salah satu tabungan yang wajib masuk daftar perencanaan keuangan kita agar pos keuangan yang lainnya tidak terganggu. Pengertian sinking fund sering kali disamakan dengan dana darurat. Namun kenyataannya sinking fund itu berbeda dengan dana darurat.

Jika dana darurat digunakan dengan tujuan yang tidak pasti dan mendesak seperti kecelakaan, sakit, atau di PHK, maka sinking fund merupakan dana yang sengaja sudah dipersiapkan guna kebutuhan yang jelas tujuannya. Seperti biaya menikah, biaya masuk sekolah anak, membeli rumah/mobil, perjalanan ibadah bahkan traveling. Lalu bagaimana perbedaan Sinking Fund dan Dana Darurat secara spesifik?

Dana Darurat

  • Khusus untuk kepentingan darurat yang mendesak, seperti saat kehilangan pekerjaan.
  • Besaran nominal setiap individu berbeda-beda. Perbedaan dapat teriadi karena adanya perbedaan tanggungan hidup, profesi, jumlah penghasilan kebutuhan, dan gaya hidup.
  • Prioritas utama sebagai uang yang wajib dianggarkan.
  • Bentuknya bisa berupa emas yang bersifat stabil dan cukup likuid untuk dijual dalam waktu yang cepat.

Sinking Fund

  • Alokasi yang disisihkan dengan  sengaja untuk mencapai tujuannya.
  • Nominalnya sendiri tergantung dari tujuan yang ingin diwujudkan dan tidak ada rumusan pasti saat mengumpulkannya.
  • Setelah alokasi keuangan utama sudah terpenuhi.
  • Bentuk dari sinking fund berupa sejumlah uang.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut