Satu Galon Berapa Liter? Ini Selengkapnya!

0
2487
Satu Galon Berapa Liter

Selain merebus air, banyak masyarakat Indonesia yang minum air galon setiap harinya. Anda mungkin salah satunya. Sembari minum, mungkin pernah terbersit di benak Anda, “Satu galon berapa liter, sih?”.

Buat Anda yang penasaran, yuk, cek pembahasan berikut! Anda bisa temukan jawaban dari pertanyaan tersebut.

Asal Mula Istilah Galon

Banyak dari kita yang mengasosiasikan ‘galon’ dengan tempat air minum berbentuk tabung yang bisa diisi ulang tersebut. Tahukah Anda bahwa istilah ‘galon’ berasal dari satuan volume gallon?

Sebagai masyarakat Indonesia, kita lebih familiar dengan satuan liter, cc, atau meter kubik (m3) sebagai satuan volume. Satuan volume gallon bukanlah satuan baku yang digunakan di Indonesia. Satuan ini lebih banyak digunakan di negara barat, khususnya Amerika Serikat dan Inggris.

Selain gallon, satuan volume yang populer digunakan di Amerika adalah barrel. Satuan ini biasanya digunakan untuk menyatakan volume dari minyak, bir, maupun barang non-likuid. Di samping dua satuan tersebut, liter dan cc juga menjadi satuan yang sering dijumpai untuk menyatakan volume cairan.

Jadi, Satu Galon Berapa Liter?

Oke, sekarang Anda sudah tahu asal mula istilah ‘galon’. Namun, pertanyaan ‘satu galon berapa liter?’ masih belum terjawab. 

Anda bisa mencoba melihat label pada galon air yang Anda miliki. Biasanya, galon air berukuran besar memiliki volume 19 liter. 

Selain galon besar, Anda juga bisa menjumpai galon berukuran sedang dan kecil. Ukuran galon kecil dan sedang ini cukup bervariasi, ada yang 15 liter, 10-12 liter, ada pula yang 6 liter. Galon paling kecil biasanya berukuran 2 liter.

Konversi Satuan Gallon ke Liter

Jawaban dari pertanyaan satu galon berapa liter tak cukup sampai situ saja. Anda juga perlu tahu mengapa galon air besar memiliki volume air 19 liter saja. Pasti ada dari Anda yang berpikir bahwa 19 liter adalah angka yang ‘tanggung’.

Perlu diketahui bahwa satuan gallon tidak diakui secara internasional sebagai satuan baku. Maka dari itu, tak heran jika beda negara, beda juga standar satuan gallon yang digunakan. 

Mengacu pada artikel yang diunggah Science Trends, gallon merupakan satuan yang dipakai ketika mengukur volume fluida. Ada dua sistem pengukuran yang mencantumkan gallon sebagai salah satu satuannya, yaitu British Imperial System of Measurement dan U.S. Customary Units Measurement System. 

Pada sistem pengukuran British Imperial System of Measurement, satu gallon bernilai setara dengan 4,54609 liter.  Sedangkan pada sistem U.S. Customary Units Measurement System, satu gallon setara dengan 3,785 liter. 

Nah, produsen air mineral di Indonesia menggunakan sistem U.S. dalam menentukan volume air per galonnya. Mengingat 1 gallon sama dengan 3,785 liter, dan 1 galon air memiliki volume 19 liter, berarti ada sekitar 5 gallon dalam satu galon air besar. 

Ukuran galon air 5 gallon (atau 5 gal.) merupakan ukuran yang umum dijumpai di Amerika Serikat. Selain ukuran 5 gal., Anda juga bisa menjumpai ukuran galon air yang lebih kecil seperti 1 gal. dan 3 gal.

Jadi, pertanyaan Anda ‘satu galon berapa liter?’ sudah terjawab, bukan? Satu galon air besar memiliki ukuran 19 liter yang setara dengan 5 gallon menurut sistem pengukuran U.S. Measurement System. Hal ini berarti bahwa 1 gallon setara dengan 3,8 liter. Nilai lebih tepatnya adalah 3,785 liter. Di sisi lain, sistem pengukuran volume British Imperial menyatakan bahwa 1 gallon adalah sekitar 4,55 liter.

Satuan Lain yang Bisa Digunakan

Sebagaimana sudah disebutkan, di Indonesia kita biasa menggunakan tiga satuan saat mengukur volume cairan. Tiga satuan tersebut adalah liter, cc, dan meter kubik (m3). Ketiga satuan ini memiliki keterikatan satu dengan yang lain.

Secara internasional, satuan volume yang baku adalah meter kubik (m3). Liter merupakan satuan yang setara dengan desimeter kubik (dm3), sedangkan cc setara dengan centimeter kubik (cm3).

Untuk memahami keterkaitan satuan-satuan ini, Anda perlu ingat kembali urutan satuan dari yang terbesar hingga yang terkecil: kilometer, hektometer, dekameter, meter, desimeter, centimeter, dan milimeter. Karena ada pangkat 3 (volume), maka setiap penurunan satuan akan dikalikan 103 alias 1.000.

Jadi, 1 m3 = 1.000 dm3 = 1.000 liter = 1.000.000 cm3 = 1.000.000 cc. Ingat, satuan ini hanya berlaku pada air biasa. Jenis cairan lain mungkin memiliki perhitungan volume yang berbeda.

Nah, semoga informasi di atas menjawab rasa penasaran Anda akan pertanyaan ‘satu galon berapa liter?’, ya! Meskipun saat ini sudah ada kalkulator yang membantu proses konversi, tidak ada salahnya menambah ilmu dengan mengetahui beragam konversi satuan pengukuran yang umum digunakan. 

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].