8 Tips Menabung Harian yang Mudah dan Efektif

0
110
tips menabung harian

Tips menabung harian menjadi salah satu cara terbaik untuk membiasakan diri menyisihkan sebagian uang. Menabung memiliki banyak manfaat jangka panjang yang akan dirasakan di kemudian hari. Tidak hanya mengamankan dana, menabung juga bisa digunakan untuk investasi maupun sebagai dana talangan ketika terjadi hal mendesak. Uang tabungan juga bisa digunakan untuk mempersiapkan dana pendidikan atau dana di masa tua. 

Baru Mulai Menabung? Ini Tips Menabung Harian yang Efektif!

Kendati menabung sejak dini dianjurkan, tak sedikit orang yang masih kesulitan memulainya. Alih-alih memilih bank, akan lebih baik menabung di rumah karena lebih fleksibel. Uang tabungan juga tidak akan dipotong biaya administrasi bulanan maupun biaya lain akibat saldo kurang dari batas minimal. Kalau Anda memiliki keinginan untuk menyimpan uang, berikut tips menabung harian yang dapat dicoba. 

Celengan dan Target Waktu

Langkah pertama memulai menabung adalah dengan mempersiapkan celengan. Direkomendasikan untuk memilih celengan bergembok atau yang tidak dapat dibuka sebelum penuh. Hal ini dilakukan untuk mencegah Anda mengambil tabungan. 

Tulis target waktu dan tempelkan di celengan yang Anda miliki. Misalnya: target waktu  tabungan satu tahun untuk membeli ponsel baru atau target tabungan tiga tahun untuk melanjutkan pendidikan. Meskipun tampak sepele, hal tersebut akan mengingatkan Anda mengenai target yang harus dicapai. 

Persentase Tabungan

Tips menabung harian yang sukses adalah dengan menetapkan persentase tabungan. Sesuaikan nominal sesuai kebutuhan. Misalnya, 10 hingga 20% dari uang saku atau penghasilan bulanan. Sisihkan sebagian uang tanpa memberatkan keuangan Anda. 

Atur Jadwal 

Menabung bisa dilakukan secara bertahap. Mulailah dengan mengatur jadwal menabung sesuai kemampuan. Misalnya seminggu sekali, seminggu dua kali, atau setiap hari. Siapkan kalender dan simpan di tempat yang sering terlihat. Taruh celengan di dekat kalender. Lingkari tanggal setiap kali Anda menabung. 

Baca juga: Lengkap! Ini Daftar Hari Libur dan Cuti Bersama Kalender Tahun 2023

Sesuaikan Nominal

Banyak orang kesulitan menabung karena terbebani dengan nominal setoran di bank. Kalau menabung di rumah, Anda bebas menyesuaikan nominal tabungan sesuai kemampuan. Menabung tidak harus nominal besar, nominal kecil asalkan rutin dilakukan akan berjumlah besar di kemudian hari. 

Contoh: jadwal menabung setiap hari dengan nominal Rp5.000. Apabila konsisten, selama enam bulan tabungan Anda akan berjumlah Rp900.000. Makin besar nominal yang ditabung, makin besar pula uang terkumpul selama periode waktu yang ditentukan.

Hindari Menunda

Tips menabung harian selanjutnya adalah jangan menunda. Ketika menunda menyisihkan uang satu kali, Anda akan merasa malas untuk melanjutkan komitmen menabung. Ketika rasa malas menguasai Anda, target menabung akan gagal di tengah jalan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, disarankan menabung setiap pagi sebelum beraktivitas.

Terapkan Denda

Agar lebih bersemangat, terapkan denda ketika Anda lupa jadwal menabung. Misalnya, denda dua kali lipat nominal menabung atau nominal tabungan ditambah Rp1.000 per hari sampai tanggal menabung berikutnya. Contoh: Anda tidak menabung Rp5.000 per hari selama seminggu karena tugas ke luar kota. Uang yang harus ditabung adalah Rp5.000 x 7 + denda (Rp1.000 x 7) = Rp35.000 + Rp7.000 = Rp42.000. 

Kendati terlihat memberatkan, hal tersebut justru membuat Anda lebih menghargai komitmen. Sekalipun melewatkan waktu menabung, hal ini tidak mengganggu target yang Anda tetapkan sejak awal.  

Perketat Penggunaan Uang

Tak dapat dimungkiri bahwa kebiasaan hidup konsumtif menjadi alasan terbesar seseorang kesulitan menabung. Agar Anda sukses menabung, mulailah perketat penggunaan uang. Alangkah bijak apabila Anda menulis seluruh kebutuhan selama satu bulan dan menyimpan bukti transaksi. Hal ini dilakukan agar keuangan lebih jelas dan tidak habis untuk hal yang kurang diperlukan. 

Disiplin

Disiplin menentukan kesuksesan menabung. Tanpa niat untuk konsisten dan disiplin, Anda akan kesulitan menabung harian. Bukan mustahil Anda hanya akan bersemangat di awal minggu kemudian melewatkan waktu menabung yang telah ditetapkan. Apabila Anda tengah berada di fase ini, tanamkan dalam pikiran bahwa menabung merupakan janji Anda pada diri sendiri yang harus ditepati.

Kesimpulan

Menabung merupakan salah satu cara mengelola keuangan yang tergolong mudah dilakukan. Menabung adalah investasi jangka panjang yang manfaatnya bisa dirasakan di kemudian hari. 

Demikianlah tips menabung harian yang dapat dicoba. Mulailah berinvestasi untuk masa depan lebih baik dengan cara termudah, yakni menabung setiap hari. 

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]