Tips Memilih Printer untuk Bisnis UMKM

0
427

Sobat Akseleran ketika menjalankan bisnis sendiri, salah satu perangkat yang perlu disiapkan adalah printer. Tentu kebutuhan mencetak setiap bisnis berbeda-beda, tergantung jenis dan skala usahanya. Bagaimana menentukan printer yang cocok untuk bisnis UMKM?

1. Perkirakan volume pencetakan yang dibutuhkan

Sebelum membeli printer, cek dulu kebutuhan mencetakmu untuk sehari-hari. Apakah kamu mencetak belasan label saja setiap hari atau hingga ratusan? Apakah kamu membutuhkan printer yang harus mencetak ratusan lembar dokumen per hari dengan cepat? Tentu spesifikasi semacam ini perlu juga diperhatikan. 

2. Budget, Budget, Budget

Bagaimana pun canggihnya teknologi yang kamu incar, tetap saja harus menyesuaikan dengan budget. Jika bisnismu mengharuskan untuk mencetak dokumen dengan volume tinggi atau kamu harus mencetak materi promo marketing berkualitas, maka memang perlu untuk berinvestasi pada printer profesional atau multifunction yang harganya sebanding dengan kualitasnya yang tinggi. Namun, untuk sebagian besar UMKM yang memperhatikan efisiensi pemakaian kertas, bahkan cenderung ke paperless, maka pilihan printer pun tak perlu yang berspesifikasi tinggi atau cukup yang single function. 

3. Sesuaikan dengan ruangan

Kalau budget sudah ditentukan, maka kamu bisa melihat ke pilihan model. Sesuaikan model printer dengan lay out ruang kerja atau kantor bisnismu. 

4. Perawatan

Kembali ke soal budget, biaya perawatan juga harus menjadi pertimbangan. Misalkan, apakah tintanya tergolong hemat dari sisi pemakaian maupun harga. Apakah service center merek printer yang kamu pilih tersedia di sekitar/dekat tempat usahamu? 

5. Review Product

Dengan melihat ulasan produk di berbagai media, kamu jadi punya beragam masukan seputar produk yang kamu incar. Dari review tersebut kamu juga bisa mengetahui printer seperti apa yang pas buat tipe bisnismu.   

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp 100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]