Bisa Bikin Cuan! Ini 7 Tips Jualan Online 2023

0
666
Tips Jualan Online

Anda sering mendengar cerita sukses jualan online dan tertarik ingin jualan online juga? Itu keinginan yang luar biasa, karena bisnis/jualan online memang memiliki potensi yang sangat besar khususnya di Indonesia. Tapi, apa Anda sudah tahu apa aja tips jualan online 2023?

Potensi bisnis online di Indonesia dibuktikan dengan hasil survei Data Center Journal yang mencatat, Indonesia mempunyai pusat data terbanyak di wilayah Asia Tenggara, yaitu 74 unit. Data ini bisa membantu kelancaran bisnis online setiap tahunnya. 

Pelaku bisnis online akan semakin meningkat di tahun-tahun mendatang. Jadi, yuk manfaatkan potensi ini segera. Mulai dari menyimak artikel penting ini sampai akhir. 

Tips Berjualan via Online 2023 Cepat Ramai & Cepat Cuan

Ditengah derasnya konten YouTube yang menyajikan ribuan cerita sukses jualan online,  tidak sedikit orang yang malah gagal bahkan sebelum mulai jualan. Hal ini disebabkan karena tidak memahami dulu bagaimana tips tingkatkan jualan online. Jangan sampai Anda menjadi salah satunya yang gagal.

Jualan online memang cukup berbeda dengan jualan konvensional. Perbedaan yang paling menonjol adalah tempat yang menjadi lokasi jualan. 

Jualan online biasanya dilakukan di media sosial seperti TikTok, Instagram, Facebook dan lainnya dengan karakteristik setiap aplikasi berbeda-beda. Sementara, jualan konvensional di pasar secara tatap muka. 

Perbedaan karakteristik ini menjadi tantangan tersendiri bagi Anda sebagai calon penjual. Anda harus bisa memahami setiap perbedaan itu agar bisa membuat strategi yang paling cocok untuk diterapkan. 

Bukan hanya itu, kemudahan untuk mengakses banyak produk yang ditawarkan oleh puluhan ribu penjual membuat Anda harus mencari tips jualan online laris bagi pemula di tengah kerasnya persaingan usaha. Yuk, menangkan persaingan ini dengan pahami dulu tips jualan online biar rame 2023 berikut.

1. Kenali Produk yang Anda Jual

Kenapa orang harus membeli produk yang Anda jual? Untuk menjawab pertanyaan ini Anda harus memahami keunggulan produk yang Anda jual. Optimalkan keunggulan produk Anda dari berbagai hal, seperti harga yang terjangkau dan harus terjamin kualitasnya. 

Tidak hanya itu, Anda pun harus memahami keunggulan produk yang Anda jual dengan yang kompetitor jual. Semua ini Anda lakukan agar calon pembeli memiliki alasan yang kuat untuk memilih produk yang Anda jual.  

2. Buat Content Marketing

Anda sudah tidak asing dengan istilah content marketing, bukan? Banyak yang membahas tentang content marketing membuktikan bahwa pentingnya hal tersebut sebagai tips jualan online sukses, apalagi pengguna media sosial dari tahun ketahun terus meningkat. 

Semakin banyak orang yang aktif di media sosial, semakin besar peluang konten yang Anda buat di tonton oleh banyak orang. 

Pastikan Anda bisa membuat konten yang unik untuk membuka peluang besar konten tersebut viral. Dengan begitu, kesempatan calon pembeli melirik produk Anda akan semakin besar. 

3.  Aktif  di Media Sosial

Tidak hanya membuat content marketing, Anda juga harus aktif di media sosial. Ada banyak orang yang setiap hari selalu aktif menggunakan media sosial. Maka, Anda pun harus memanfaatkan kesempatan ini untuk jualan online. 

Jika Anda membuat content marketing tanpa Anda iringi dengan keaktifan menggunakan media sosial yang baik, maka orang akan dengan mudah melupakan produk Anda. Tidak ingin kan usaha Anda sia-sia hanya karena tidak ada interaksi lagi di media sosial?

4. Promosi Lewat Influencer

Banyak influencer yang memiliki penonton yang setia dan berhasil membuat para penontonnya mengikuti apa yang mereka lakukan, seperti dalam hal fashion, makanan, bahkan cara berbicara. 

Oleh karena itu, jika Anda memiliki budget, cara ini patut di coba. Tips promosi lewat influencer adalah dengan memilih influencer yang memiliki hubungan yang relevan dengan nilai-nilai dari produk yang Anda jual. 

5. Buat Deskripsi Produk yang Unik Agar Menarik Pembeli

Anda harus mampu menjelaskan semua keunggulan dari produk yang Anda jual melalui deskripsi produk yang singkat, padat, juga unik. Jika Anda gagal menjelaskan produk dengan baik, hal ini bisa menurunkan minat calon pembeli dan beralih ke produk lain yang menjadi kompetitor. 

Baca juga: 8 Cara Memulai Usaha Agar Lebih Optimal

6. Buatlah Riset Pasar dan Tentukan Target Audiens

Walaupun produk Anda unik, berkualitas, dan terjangkau, tapi jika tidak ada orang yang membutuhkan produk yang Anda jual, maka bagaimana produk tersebut bisa laku terjual? Oleh karena itu pentingnya melakukan riset pasar terlebih dahulu.

Pastikan barang yang Anda jual sesuai kebutuhan masyarakat. Bahkan akan semakin bagus apabila bisa menjadi solusi atas permasalahan orang lain. Dengan begitu, peminat produk Anda akan banyak dan bisa jangka panjang. 

Tentukan juga target audience dari produk yang Anda pasarkan, agar umpan dari konten yang Anda buat pun akan semakin mudah ditangkap oleh target yang menjadi calon pembeli Anda. 

7. Buat Nama Toko dan Produk yang Unik dan Mudah Diingat

Bagaimana agar jualan online laris? Anda juga harus membantu calon pembeli agar bisa dengan mudah menemukan toko Anda melalui nama toko dan produk yang mudah konsumen ingat. 

Nama yang unik, tapi terlalu panjang akan menyulitkan konsumen dalam mengingat. Oleh karena itu, buatlah nama toko yang singkat tapi tetap mampu menggambarkan nilai dari produk-produk yang Anda jual. 

Itulah tips-tips jualan online 2023. Semua strategi ini juga bisa menjadi tips berjualan online untuk usaha kecil dan menengah agar usaha yang Anda lakukan bisa semakin berkembang. Mari lanjut membaca ya, karena selanjutnya ada ide jualan online yang hits di tahun ini.

Ide Jualan Hits Tahun 2023

Apa saja ide jualan hits yang bisa Anda kembangkan pada 2023 ini? Berikut detailnya! 

1. Bisnis Food and Beverage

  • Usaha Katering
  • Frozen Food
  • Waralaba Minuman
  • Food Truck 

2. Kategori Bisnis Jasa

  • Desain Interior
  • Daycare Anak
  • Affiliate Marketing
  • Digital Marketing

3. Bisnis Fashion and Style

  • Perhiasan
  • Pakaian
  • Sepatu dan Sandal
  • Tas 

Risiko Jualan Online

Selain memahami tips dan ide jualan online di tahun ini, Anda juga harus mengetahui apa saja resiko yang mungkin Anda hadapi saat memutuskan untuk jualan online. Berikut beberapa risikonya: 

  1. Barang Tidak Sesuai Harapan Konsumen
  2. Dapat Komentar Negatif dari Konsumen
  3. Ditipu Pembeli
  4. Menghadapi Pembeli yang Berbelit-Belit
  5. Hasil Penjualan Tidak Selalu Bagus
  6. Resiko Kehilangan Modal/Rugi
  7. Persaingan yang Sangat Ketat
  8. Ditipu oleh Pemasok
  9. Salah Kirim Barang
  10. Barang Rusak Saat Dikirim

Ada banyak tips yang bisa Anda coba, agar sukses jualan online Anda harus memaksimal proses dari setiap tips atau strategi yang Anda jalankan, agar resiko dari jualan online juga bisa Anda minimalisir.

Ada tips yang tidak butuh banyak biaya, tapi ada juga yang membuat Anda harus rela mengeluarkan uang yang tidak sedikit jumlahnya, seperti biaya yang cukup besar agar  bisa promosi lewat influencer ternama. Bagi Anda yang kesulitan modal, Anda tetap bisa mempraktekan tips jualan online melalui promosi lewat influencer ternama, dengan mencari modal usaha melalui Akseleran. Dengan begitu, Anda bisa mengoptimalkan setiap kesempatan yang ada tanpa terkendala oleh uang.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].