10 Cara Mengembangkan Usaha Agar Jadi Sukses

0
629
Cara Mengembangkan Usaha

Sudah berapa lama Anda mengelola usaha dan apakah terlihat perkembangannya? Inilah yang membedakan Anda berbisnis atau sekadar jualan. Cara mengembangkan usaha perlu Anda pikirkan, karena bisnis itu bukan sekadar jualan.

Orang yang berjualan hanya memikirkan bagaimana produknya terjual, sedangkan orang yang berbisnis akan berpikir bagaimana agar usaha jualannya itu bisa berkembang. Jika Anda saat ini masih sekadar jualan, mulailah mengasah pengetahuan bagaimana cara mengembangkan bisnis yang Anda kelola saat ini.

Cara Mengembangkan Usaha Agar Sukses

Bagaimana cara mengembangkan usaha? Pertanyaan ini menjadi hal yang harus Anda munculkan saat sudah memulai usaha. Ada target capaian yang Anda buat untuk bisnis Anda dari waktu ke waktu.

Jika Anda baru memulai usaha saat ini, berikut ini beberapa cara dan tips yang bisa Anda lakukan agar usaha Anda berkembang:

1. Meningkatkan Kualitas Produk dan SDM

Produk dan SDM adalah aset bagi usaha Anda. Jika ingin usaha semakin maju dan berkembang, maka dua hal ini perlu Anda upgrade kualitasnya. Evaluasi produk Anda dan lakukan penyempurnaan dari waktu ke waktu.

Sedangkan untuk SDM, lakukan juga upgrading dan pembinaan. Keduanya sangat mendukung usaha bisnis Anda bisa berkembang.

2. Evaluasi dan Ubah Strategi

Bagaimana cara mengembangkan usaha kecil menjadi besar? Salah satu upayanya adalah melakukan evaluasi dan mengubah strategi. Lihat bagaimana strategi yang sudah

Anda lakukan selama ini, apakah ada perkembangannya atau tidak, lakukan evaluasi. Jika memang tidak ada progress lakukan ubah strategi segera. Coba strategi baru yang lebih efektif.

3. Kembangkan Jaringan

Mengembangkan bisnis pada prinsipnya adalah mengembangkan jaringan. Jika sekarang bisnis Anda dalam posisi nyaman, sebenarnya belum teruji jika Anda belum mengembangkan jaringan.

Bisnis adalah bagaimana Anda bisa memberi manfaat yang lebih luas kepada banyak orang melalui jaringan. Jaringan ini yang akan membuat usaha Anda terus berkembang dan bertumbuh.

Jaringan juga akan lebih membuat usaha Anda resisten dari berbagai risiko bisnis. Jika Anda tidak memiliki jaringan, maka ketika usaha yang Anda kelola mengalami masalah, maka tutuplah usaha bisnis Anda tersebut.

4. Memanfaatkan Channel dan Relasi

Cara mengembangkan usaha kecil bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan channel. Melalui channel ini Anda bisa mengembangkan modal, jaringan, dan relasi.

Dengan demikian, peluang untuk pengembangan usaha Anda pun muncul. Anda akan menemukan peluang baru, manfaatkan dan inilah yang akan jadi awal pengembangan usaha bisnis Anda.

Baca juga: Manfaat Networking dan Cara Membangunnya

5. Variasi Produk

Meningkatkan kualitas produk adalah cara agar usaha Anda bisa berkembang. Nah, selain produk yang berkualitas, variasi juga penting untuk memperluas jangkauan konsumen Anda.

Varian produk yang selalu update akan menghindari kejenuhan konsumen. Bukan hanya kualitas yang perlu Anda evaluasi dan terus tingkatkan, tetapi juga bagaimana varian Anda bisa menjawab kebutuhan konsumen.

6. Tren Pasar dan Selera Pelanggan

Cara mengembangkan usaha kuliner bisa juga Anda lakukan dengan memperhatikan tren pasar saat ini dan apa yang menjadi selera pelanggan.

Apa yang menjadi selera target pasar Anda, perhatikan dan jangan sampai Anda membuat produk kuliner yang justru tidak menjadi selera pelanggan.

Misalnya Anda bisnis sate solo yang cenderung manis di lingkungan pelanggan bersuku Minang yang cenderung tidak suka manis. Bukan hanya untuk kuliner, strategi ini umum untuk semua jenis bisnis.

7. Tingkatkan Layanan Konsumen

Supaya bisnis Anda berkembang, maka jangan lupa memperbaiki kualitas pelayanan pada konsumen.

Konsumen akan nyaman membeli produk atau bahkan langganan salah satunya karena faktor pelayanan.

Walaupun produk Anda bagus, kalau pelayanan Anda buruk, orang akan meninggalkan bisnis Anda. Maka ketika Anda sudah memperbaiki kualitas produk, jangan pernah mengabaikan pelayanan konsumen.

Sebab banyak konsumen memutuskan berlangganan di suatu tempat karena alasan pelayanannya yang bagus dan bersahabat.

8. Tingkatkan Modal Usaha

Mau bisnis berkembang juga tidak boleh mengabaikan faktor modal. Suntikan modal yang besar melalui investasi dan pinjaman akan membantu usaha Anda bisa lebih berkembang. Anda bisa membuka unit pelayanan baru, merancang produk baru, dan sebagainya.

Cara mengembangkan usaha dagang kecil misalnya, bisa Anda coba dengan pinjaman dana dari lembaga-lembaga keuangan yang aman.

Butuh pinjaman dana usaha untuk pengembangan bisnis bisa Anda lakukan di Akseleran. Pembiayaan yang aman, mudah, dan menguntungkan. Bisnis jadi lebih produktif dengan modal yang tersedia.

9. Meningkatkan Upaya Promosi

Mengapa penjualan Anda begitu-begitu saja selama ini? Bisa jadi masalahnya ada di faktor promosi yang belum massif.

Promosi yang monoton dan tidak inovatif, kurang ada evaluasi, menggunakan cara-cara lama, dan tidak menjawab kebutuhan konsumen dalam hal strategi promosi.

Maka promosi ini perlu Anda tingkatkan kuantitasnya, strateginya, metodenya, medianya, dan seterusnya.

Harus ada investasi yang cukup untuk promosi produk. Semakin bagus kualitas promosi Anda maka potensi penjualan akan meningkat dan bisnis Anda pun bisa berkembang.

10. Strategi Digital yang Memadai

Cara mengembangkan usaha di masa pandemi bisa Anda lakukan dalam bentuk peningkatan digital marketing yang memadai. Bahkan hal ini terus berlanjut hingga saat ini. Disrupsi teknologi membuat orang akhirnya beralih ke teknologi digital untuk mengembangkan bisnis.

Bagaimana bisnis bisa berkembang pesat dengan perangkat teknologi saat ini, hal ini perlu Anda pelajari, coba, dan pilih strateginya yang paling tepat.

Langkah digital marketing yang massif untuk bisnis jadi alternative bagaimana Anda mengembangkan strategi digital untuk pengembangan usaha.

Kisah Sukses Bisnis UKM Keripik Maicih Reza Nurhilman

Mau semangat mengembangkan bisnis usaha, Anda perlu baca kisah inspiratif Reza Nurhilman yang membangun bisnis keripik Maicih. Contoh pengembangan usaha UMKM yang pantas Anda pelajari sebagai inspirasi.

Siapa yang tidak tahu keripik dengan kepedasan yang beragam tersebut? Banyak hal inovatif yang dilakukan Reza dalam usahanya.

Awalnya ia hanyalah pemuda yang berasal dari keluarga broken home. Orang tuanya bercerai dan ia harus berjuang mengelola ekonominya sendiri.

Suatu hari Reza bertemu dengan seorang nenek di Cimahi yang menjual keripik pedas. Dari situlah ide bisnisnya muncul. Ia memulai usahanya di tahun 2010 dengan modal Rp15 juta.

Awalnya produksi keripik ini hanya 50 bungkus perhati. Reza menggunakan sosial media untuk menjual produknya. Sebuah strategi yang belum umum di tahun 2010.

Tak hanya itu, secara offline Reza juga membuat strategi pop up, tiba-tiba muncul di suatu tempat. Ternyata cara ini menjadi branding bagi produk kripiknya.

Dalam mengembangkan bisnisnya, Reza melakukannya secara total. Tidak berpikir untung dan rugi, yang penting bisnis tetap jalan dan bisa membantu orang.

Strategi dan inovasi yang dilakukan Reza tersebut akhirnya membuat usahanya tetap bertahan di tengah banyak kompetitor. Reza tampil sebagai sosok visioner dan revolusioner dalam menjalankan bisnis.

Nah, bagaimana dengan bisnis Anda sekarang? Apakah Anda sudah menemukan ide-ide besar untuk pengembangan usaha yang visioner?

Jangan takut untuk memulai dan mencoba, jangan takut menanggung risiko. Anda tak akan jadi pemenang dalam hidup jika hidup tersebut tidak Anda pertaruhkan. Begitu juga dengan bisnis, semua perlu Anda coba, evaluasi, dan inovasi terus.Cara mengembangkan usaha yang efektif harus Anda mulai dari sekarang. Khusus untuk modal usaha, hubungi Akseleran. Solusi pembiayaan yang aman, mudah, dan terpercaya.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].