3 Tips Berhenti Jadi People Pleaser

0
342
3 Tips Berhenti Jadi People Pleaser

Tanpa kita sadari, terkadang kita telah terperangkap dalam pola perilaku sebagai seorang “people pleaser” atau “penyenang orang”. People pleaser sendiri adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan seseorang yang cenderung selalu berusaha memenuhi keinginan dan harapan orang lain, bahkan jika itu berarti mengabaikan kebutuhan dan kebahagiaan pribadinya sendiri.

Orang-orang yang memiliki kecenderungan menjadi people pleaser seringkali merasa terikat oleh dorongan kuat untuk disukai, dihargai, atau diakui oleh orang lain. Mereka mungkin merasa takut akan penolakan, konflik, atau kekecewaan dari orang-orang di sekitarnya. Seiring waktu, menjadi people pleaser dapat menjadi beban yang berat, mengorbankan kesejahteraan emosional dan mental seseorang. Jika kamu berada dalam posisi ini, penting untuk belajar berhenti menjadi people pleaser dan menempatkan kebutuhan pribadi sebagai prioritas.

Berikut ini adalah 3 tips yang dapat membantumu mengubah pola perilaku tersebut:

1. Kenali Nilai dan Batasan Pribadi

Pertama-tama, kamu perlu mengidentifikasi nilai-nilai pribadi dan menetapkan batasan yang jelas. Pahami apa yang penting bagimu dan apa yang tidak dapat kamu kompromikan. Dengan memiliki pemahaman yang kuat tentang nilai-nilai dan batasan diri, kamu dapat lebih mudah mengatakan “tidak” ketika permintaan atau tuntutan dari orang lain tidak sesuai dengan nilai dan batasan tersebut.

2. Belajar Berkata “Tidak”

Mengatakan “tidak” terkadang menjadi hal yang sulit untuk dilakukan meski hal tersebut bertentangan dengan nilai yang kita percayai. Rasa takut mengecewakan orang lain atau konflik sosial membuat kita enggan mengatakan “tidak”. Namun, perlu diingat bahwa mengatakan “tidak” bukan berarti kamu tidak peduli atau tidak mau membantu. Hal ini hanya menunjukkan bahwa kamu menghargai diri sendiri dan menghormati batasan yang telah kamu tetapkan.

3. Fokus pada Diri Sendiri

Terakhir, mulai prioritaskan kebutuhan dan kesejahteraan diri sendiri. Ingatlah bahwa tidak mungkin untuk menyenangkan semua orang, dan itu bukan tanggung jawabmu. Alihkan perhatian dan energimu pada hal-hal yang benar-benar penting bagi diri sendiri. Jaga keseimbangan antara membantu orang lain dan menjaga diri sendiri agar tidak terjebak dalam pola perilaku people pleaser.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut