Alasan Kenapa Negara 4 Musim Lebih Makmur

1
1306
Alasan Kenapa Negara 4 Musim Lebih Makmur

Pernahkah kamu mempertanyakan mengapa negara-negara dengan ekonomi maju kebanyakan berada di wilayah yang memiliki empat musim? Seperti Eropa, Amerika, atau beberapa negara di Asia Timur seperti Jepang, Korea, dan China. Ternyata perbedaan musim ini dapat menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih cepat dibandingkan dengan wilayah yang memiliki iklim stabil. Mengapa hal ini terjadi?

Masyarakat yang mengalami musim dingin dihadapkan pada hukum ekonomi yang berulang setiap tahun, yaitu kelangkaan. Selama musim dingin, manusia mengalami keterbatasan sumber makanan selama berbulan-bulan. Untuk dapat mengatasi kelangkaan ini, masyarakat di wilayah yang mengalami empat musim dipaksa untuk berpikir dan beradaptasi. Mereka harus mencari cara bertahan hidup di bawah kondisi ekstrim selama beberapa bulan. Hal ini melatih kemampuan berpikir kritis masyarakat dan memunculkan inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi baru.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Jeffrey D. Sachs dalam “Tropical Underdevelopment”, negara-negara dengan empat musim memiliki produktivitas yang 50% lebih tinggi daripada negara-negara tropis yang memiliki kondisi pertanian yang subur. Meskipun sumber daya terbatas, negara-negara Eropa mulai menjelajah dan melakukan kolonisasi ke wilayah lain berkat kemajuan teknologi yang mereka miliki. Bangsa Eropa menguasai pengetahuan navigasi dan teknologi perkapalan yang lebih canggih dibandingkan peradaban lainnya. Hal ini menyebabkan dominasi bangsa Eropa atas wilayah di dunia selama 400 tahun.

Di sisi lain, masyarakat di wilayah tropis memiliki tanah yang subur dan sumber daya melimpah untuk memenuhi kebutuhan mereka. Masyarakat di wilayah ini dapat bertahan hidup tanpa perlu mendorong perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, apalagi menjelajah ke wilayah lain. Kondisi ini mengakibatkan perkembangan ilmu pengetahuan menjadi lebih lambat karena tidak adanya tekanan untuk beradaptasi dengan kondisi lingkungan yang ekstrem.

Ketika era globalisasi dimulai, negara-negara dengan empat musim mendominasi perekonomian dunia melalui perdagangan dan kolonisasi, berkat pengetahuan, persenjataan, keahlian pelayaran, dan daya tahan tubuh yang lebih baik. Kemajuan negara-negara dengan empat musim mencapai puncaknya pada masa revolusi industri. Pada era ini, efisiensi industri dan jalur perdagangan mengungguli wilayah yang kaya akan sumber daya alam.

Akhirnya, wilayah tropis yang sebelumnya mengandalkan sumber daya alam melimpah terbelakang dalam perkembangan. Sementara itu, wilayah dengan empat musim yang selama berabad-abad dipaksa untuk beradaptasi dengan kondisi alam yang ekstrem menjadi kekuatan ekonomi yang mendominasi.

Dengan demikian, perbedaan musim di negara-negara dengan empat musim telah memberikan dorongan untuk inovasi, penemuan, dan kemajuan ekonomi. Kondisi ekstrim yang dihadapi masyarakat dalam menghadapi musim dingin menjadi pendorong untuk mencari solusi dan mengembangkan teknologi baru. Hal ini menjadikan negara-negara dengan empat musim lebih maju dalam perkembangan ekonomi mereka.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut