Tingkatkan Daya Ingatmu dengan Cara Ini!

0
286
Tingkatkan Daya Ingatmu dengan Cara Ini!

Tidak sedikit orang yang dengan mudah melupakan sesuatu hal yang penting. Padahal, usianya masih terbilang cukup muda untuk mengalami kepikunan. Beberapa orang dapat mengingat kembali memori lama dalam sekejap, sementara yang lain bahkan tidak ingat apa yang mereka makan kemarin. Terlepas dari seberapa baik kamu mengingat sesuatu, berikut ini adalah beberapa cara yang efektif untuk meningkatkan daya ingat.

1. Visualisasikan ingatan dalam bentuk gambar

Nelson Dellis, juara USA Memory Championship, menggarisbawahi pentingnya visualisasi ingatan dalam bentuk gambar. Dengan cara ini kita membantu otak mengingat konsep yang sulit dengan lebih mudah. Misalnya, untuk mengingat seseorang bernama Mike, bayangkan mereka sedang memegang mikrofon. Contoh lainnya jika kamu ingin mengingat serangkaian angka, kamu bisa memvisualisasikan 007 sebagai James Bond.

2. Gunakan memori yang ada untuk menyimpan informasi baru

Kenangan tidak akan berharga jika kamu tidak dapat mengingatnya kembali. Dalam teknik ini, susun informasi yang perlu kamu ingat dalam sebuah tempat yang sudah kamu kenali sebetulnya. Contohnya ketika kamu ingin mengingat daftar belanjaan, bayangkan sekantung telur pecah di depan pintu rumah mu, roti berserakan di atas tempat tidur mu, dan bak mandi dipenuhi dengan susu. Semakin unik, semakin mudah kamu akan mengingatnya.

3. Mengelompokan informasi

Idealnya, manusia dapat menyimpan 3-4 hal dalam memori jangka pendek atau short-term memory. Kemampuan ini membantu kita untuk mengelompokkan, membuat pola, dan mengatur info ke dalam kelompok yang lebih besar agar dapat lebih mudah diingat. Misalnya, kamu dapat mengingat nomor telepon dengan cara membagi angka-angkanya menjadi 3 rangkaian.

4. Menulis

Seseorang cenderung lebih mudah menyimpan informasi yang ditulis dengan tangan daripada yang diketik. Aktivitas fisik menulis ini merangsang reticular activating system, memaksa otak kita untuk lebih memperhatikan, serta merekam informasi dengan kata-kata kita sendiri.

5. Review ingatan

Saat mengambil memori, otak akan memutar ulang jalur saraf yang terbentuk saat ingatan tersebut dibuat. Meninjau kembali ingatan secara aktif membantu memperkuat memori yang kamu miliki. Ini bisa dilakukan jika kamu ingin memindahkan informasi ke dalam memori jangka panjang atau long-term memory.

Ingat, jika kamu tidak memaksimalkannya, maka daya ingat lambat laun akan menurun. Mulailah terapkan kiat-kiat ini dari sekarang!

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 12% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut