Strategi Marketing Subsidi Silang

0
901
Strategi Marketing Subsidi Silang

Dalam dunia bisnis, strategi pemasaran merupakan salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi keberhasilan suatu perusahaan. Salah satu strategi pemasaran yang dapat digunakan adalah subsidi silang atau cross-subsidization. Subsidi silang adalah strategi di mana perusahaan menggunakan pendapatan dari produk atau layanan yang menguntungkan untuk mensubsidi atau mendukung produk atau layanan lain yang mungkin kurang menguntungkan secara finansial.

Strategi marketing subsidi silang melibatkan dua produk atau layanan yang saling mendukung di dalam portofolio perusahaan. Produk yang menguntungkan secara finansial digunakan untuk memberikan subsidi atau dukungan kepada produk atau layanan yang kurang menguntungkan. Pendapatan yang dihasilkan dari produk atau layanan yang menguntungkan digunakan untuk menutupi biaya produksi, pemasaran, atau operasional produk atau layanan lain yang tidak mampu mandiri secara finansial. Lalu apa manfaat dari strategi ini?

1. Memperluas Pasar

Strategi subsidi silang memungkinkan perusahaan untuk memperluas pasar produk atau layanan yang kurang menguntungkan dengan menggunakan pendapatan dari produk yang lebih menguntungkan. Dengan demikian, perusahaan dapat mengoptimalkan potensi pasar secara keseluruhan.

2. Meningkatkan Daya Saing

Dengan menggunakan strategi subsidi silang, perusahaan dapat menawarkan produk atau layanan dengan harga yang lebih kompetitif di pasar. Hal ini dapat membantu perusahaan untuk bersaing dengan pesaing yang menawarkan produk atau layanan serupa.

3. Diversifikasi Portofolio

Strategi subsidi silang memungkinkan perusahaan untuk memiliki portofolio produk atau layanan yang beragam. Diversifikasi ini dapat membantu perusahaan mengurangi risiko finansial dengan mengandalkan beberapa produk yang saling mendukung.

Contoh penggunaan strategi marketing subsidi silang bisa ditemukan pada transportasi umum. Di daerah padat penduduk, tarif transportasi umum mungkin ditetapkan lebih tinggi untuk mendukung tarif angkutan umum yang lebih rendah di daerah yang kurang padat penduduk. Pendapatan yang dihasilkan dari tarif yang lebih tinggi digunakan untuk menyubsidi transportasi umum di daerah yang kurang menguntungkan secara finansial.

Contoh lainnya misalnya sebuah gerai retail yang menawarkan harga yang lebih murah untuk produk tertentu, seperti sabun, tetapi menetapkan harga yang lebih tinggi untuk produk lain, seperti sampo. Pendapatan yang dihasilkan dari penjualan sampo dengan harga tinggi dapat digunakan untuk menyubsidi harga yang lebih murah untuk sabun.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut