Mengenal Crypto NFT Sebagai Kesenangan Seni dalam Dunia Digital

0
259
Crypto NFT

Crypto NFT menjadi topik obrolan yang cukup populer dalam setahun belakangan ini. Bayangkan membeli karya seni digital di internet dengan harga yang wajar dan mendapatkan token digital unik yang membuktikan otoritas atas karya seni yang Anda beli.

Peluang itu menjadi nyata sekarang berkat NFT. NFT saat ini menggemparkan dunia seni digital dan koleksi. Akibatnya, seniman digital melihat hidup mereka berubah berkat penjualan besar-besaran ke audiens crypto baru.

Apa itu Crypto NFT

Kripto NFT adalah sejenis token yang mustahil ditukar secara sesuka hati dengan jenis aset lainnya. Jenis pemrogramannya sama sebagaimana cryptocurrency. Aset ini berdasarkan pada teknologi berupa sistem blockchain.

NFT kepanjangannya yaitu non-fungible token. Istilah ini dengan jelas menyatakan bahwa itu tidak dapat diganti atau dipertukarkan karena memiliki sifat unik.

Mata uang fisik dan cryptocurrency dapat menjadi alat tukar konvensional satu sama lain. Namun, NFT tidak sesederhana itu. Inilah yang menjadikan NFT menjadi ranah paling prospektif era ini.

Mayoritas NFT berada di blockchain Ethereum cryptocurrency, buku besar publik terdistribusi yang mencatat transaksi. Sebagai token individu, NFT menyimpan beragam data berharga yang harus mendapat proteksi yang amat privat.

Karena mereka memiliki nilai hasil dinamika pasar dan permintaan, siapapun dapat membeli atau menjual jenis seni fisik lainnya. Proses verifikasi dan validasi data pun jadi lebih mudah karena sistem blockchain yang sekuritasnya terjamin.

NFT juga bersifat unik karena segala karya yang Anda jual di dalamnya sukar mengalami pemalsuan ataupun manipulasi. Ini benar-benar menjaga keamanan investasi kripto NFT bagi para pemilik karya.

Dunia NFT masih menjadi barang baru dalam fenomena dunia seni kontemporer ini. Beberapa contoh NFT mungkin bisa jadi referensi Anda. Mulai dari game, lukisan, domain, hingga karya tulis bisa Anda jadikan aset NFT.

Keuntungan Investasi Crypto NFT

Ada beberapa hal yang menjadi keuntungan kripto NFT untuk investasi Anda. Tentunya, ini bisa menjadi pertimbangan Anda yang ingin menjadikan aset NFT sebagai ladang investasi jangka pendek.

1. Kepemilikan Aset yang Terpecah-pecah

Jauh lebih mudah untuk memiliki sebagian kecil dari NFT daripada memiliki sebagian kecil dari aset fisik. Misalnya, sulit untuk membagi sebotol anggur menjadi pecahan dan menjualnya.

Namun, dengan NFT, Anda dapat dengan mudah membaginya menjadi 100 bagian dan menjual setiap bagian dengan harga yang lebih murah. Hal ini membuat NFT lebih mudah diakses oleh lebih banyak orang.

Ini memungkinkan Anda untuk memiliki sesuatu yang mungkin berada di luar kisaran harga Anda. Ikut ambil bagian dalam kepemilikan aset yang Anda inginkan, meski tidak sepenuhnya.

Baca juga: 8 Tujuan Investasi Serta Manfaat yang Didapatkan

2. Membina Komunitas yang Kuat

NFT sempurna untuk membangun hype seputar aset, proyek, atau merek tertentu. Misalnya, jika seorang artis meluncurkan album musik baru, mereka dapat menjual sampul album NFT.

Sebagai pembeli NFT ini, Anda akan menerima album sebelum orang lain, royalti album, akses ke merchandise, dan keuntungan lainnya di masa mendatang. Ini menciptakan angin segar dan membangun komunitas penggemar yang kuat yang berinvestasi dalam proyek ini.

3. Kepemilikan Sejati atas Aset dalam Game

Dengan NFT, Anda memiliki kepemilikan sebenarnya atas aset dalam game. Ini tidak seperti video game tradisional, di mana pengembang game dapat mengambil item atau mata uang Anda kapan saja.

Misalnya, jika Anda membeli pedang di video game tradisional, pengembang game dapat mengambil pedang itu dari Anda jika mereka mau. Namun, jika Anda membeli pedang NFT, Anda dapat memperdagangkannya, mentransfernya ke game lain, atau menjualnya dengan mata uang fiat.

Memperoleh NFT dalam game ini tidak hanya membuat bermain game lebih menyenangkan, tetapi juga menambah nilai portofolio Anda. Ini adalah aset yang nilainya dapat meningkat secara signifikan dari waktu ke waktu.

4. Mudah Diautentikasi

NFT tersimpan di blockchain, yang merupakan buku besar terdesentralisasi yang mencatat semua transaksi. Data cenderung tetap, artinya tidak dapat mengalami kerusakan ataupun perubahan. Ini membuat NFT jauh lebih mudah diautentikasi daripada aset fisik.

Misalnya, Anda membeli karya seni dari penjual online. Sulit untuk mengetahui apakah penjual online menjual karya asli atau salinan. Namun, dengan NFT, Anda dapat dengan mudah memeriksa blockchain untuk melihat riwayat lengkap aset tersebut.

Risiko Investasi Crypto NFT

Selain keuntungan, ada juga risiko investasi kripto NFT yang wajib Anda ketahui. Ini penting sebagai langkah preventif sekaligus indikator pertimbangan sebelum memutuskan berinvestasi aset di NFT.

1. Volatilitas Harga Tinggi

NFT masih dalam tahap awal pengembangan, yang berarti mereka tunduk pada volatilitas harga yang tinggi. Misalnya, dua mata uang kripto paling populer seperti Bitcoin dan Ethereum, pergerakan harganya berfluktuasi dengan cepat.

Volatilitas ini dapat mempersulit untuk memprediksi nilai masa depan NFT. Akibatnya, Anda bisa kehilangan uang jika berinvestasi di NFT yang tidak memiliki nilainya.

Selain itu, meskipun pasar telah berada pada lintasan naik selama lima tahun terakhir, namun masih relatif kecil daripada kelas aset lainnya. Ini tidak hanya berarti bahwa sejumlah kecil orang dapat berdampak besar pada harga NFT, tetapi Anda mungkin kesulitan menemukan pembeli jika Anda perlu menjual NFT dengan tergesa-gesa.

2.  NFT Tidak Menghasilkan Pendapatan

Tidak seperti aset investasi lainnya, seperti saham atau obligasi, NFT tidak menghasilkan pendapatan. Ini berarti bahwa Anda murni mengandalkan apresiasi aset untuk menghasilkan keuntungan.

Karena sulit untuk memprediksi bagaimana kinerja Crypto NFT di masa mendatang, Anda mungkin harus lebih bersabar lagi. Merawat aset NFT selama bertahun-tahun tanpa melihat pengembalian positif atas investasi Anda.

3. Sekuritas NFT Off-Chain

Sementara teknologi blockchain aman dan terdesentralisasi, tidak semua jaringan sama. Beberapa blockchain lebih rentan terhadap peretasan daripada yang lain.

Plus, banyak dari NFT ini tidak tersimpan secara on-chain, yang berarti NFT tersimpan di server terpusat dan tertaut ke blockchain. Dengan demikian, NFT off-chain lebih rawan pencurian maupun peretasan daripada NFT on-chain.

Cara Memulai Investasi Aset Kripto

Setelah mempertimbangkan plus dan minusnya, sekarang saatnya Anda memutuskan untuk investasi aset NFT. Caranya sebenarnya cukup sederhana, Anda mesti memiliki aset yang akan Anda investasikan dan mengikuti perkembangan pasar NFT.

Anda tidak harus membuat karya murni sendiri, bisa juga dengan membeli sebagian aset kepemilikan karya orang lain. Margin keuntungannya terlihat saat Anda bisa menjual aset ketika harganya naik karena permintaan pasar.

Perdagangan aset melalui pasar NFT terkhusus hanya untuk aset digital. Ini membuat pasar target lebih terkerucut dan eksklusif. Namun, jenis asetnya bisa variatif, terutama karya seni apa pun bisa Anda investasikan.

Untuk memulainya, Anda hanya perlu buat akun dengan memanfaatkan dompet digital kripto Anda. Sesudahnya, silakan berdagang ria dengan karya-karya yang menjadi aset Anda dalam Crypto NFT.

Kesimpulan

NFT bersifat unik karena segala karya yang Anda jual di dalamnya sukar mengalami pemalsuan ataupun manipulasi. Anda bisa memulai dengan Anda tidak harus membuat karya murni sendiri.Banyak keuntungan kripto NFT untuk investasi Anda yang bisa menjadikan aset NFT sebagai ladang investasi jangka pendek. Pahami risikonya sebagai langkah preventif sekaligus indikator pertimbangan sebelum memutuskan berinvestasi aset di NFT. Jika sudah, sekarang Anda bisa langsung mulai coba investasi kripto NFT.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].