Membuat Keputusan Lebih Akurat dengan Metode Six Thinking Hats

0
425
Membuat Keputusan Lebih Akurat dengan Metode Six Thinking Hats

Membuat keputusan terkadang merupakan hal yang sulit dan membuat kita bingung. Ada banyak hal yang tentu harus dipikirkan terlebih dahulu sebelum kita sampai pada satu keputusan. Jika kamu ingin membuat keputusan dengan lebih akurat, kamu bisa mencoba metode Six Thinking Hats atau enam topi berpikir yang dipopulerkan oleh Dr. Edward de Bono pada tahun 1986. Topi ini berfungsi agar kamu berpikir secara rinci, kohesif, dan efektif. Nantinya diharapkan keputusan yang diambil akan lebih terintegrasi dan lebih kaya dengan gabungan dari ambisi, sensitivitas public, dan kemampuan eksekusi yang baik. Apa yang dimaksud dengan keenam topi tersebut?

1. Top Kuning – Optimis dan Spekulatif

Penggunaan topi kuning diartikan selalu mengharapkan hasil yang terbaik. Topi kuning juga peka melihat keuntungan dan kesempatan kedepannya.

2. Top Hijau – Kreativitas dan Asosiatif

Penggunaan topi hijau diartikan berpikir di luar kebiasaan yang ada tanpa memikirkan standar yang sudah ditetapkan. Cara berpikir jenis ini biasanya sudah memahami “root cause”.

3. Topi Merah – Emosional dan Subjektif

Penggunaan topi merah diartikan cara berpikir dengan kondisi emosi yang mendominasi. Cara berpikir ini juga menggunakan intuisi guna memahami perasaan lebih baik.

4. Topi Putih – Logis dan Analisis

Penggunaan topi putih diartikan menonjolkan pemikiran analitis yang dihasilkan dari pengamatan fenomena yang terjadi di sekitar Cara berpikir ini identik dengan data dan fakta.

5. Topi Hitam – Kewaspadaan dan Mempertimbangkan Risiko

Penggunaan topi hitam diartikan mengidentifikasi masalah dan tidak menerima kenyataan, tanpa bukti yang meyakinkan, atau disebut juga dengan skeptis. Cara berpikir ini cenderung melihat dari efek negatif dan risiko yang mungkin timbul.

6. Topi Biru – Kontrol dan Terstruktur

Penggunaan topi biru diartikan melihat suatu permasalahan dengan gambaran besar dan selalu mengambil keputusan dengan memandang jauh ke depan.

Contoh pengaplikasian keenam topi ini misalnya dalam menginisiasi ide, kamu bisa menggabungkan cara berpikir topi biru, topi hijau, dan topi putih. Ketika kamu harus merencanakan sesuatu yang bersifat strategis, kamu bisa menggunakan topi biru, topi kuning, topi hitam, topi putih, dan topi hijau. Ketika kamu sedang mencari solusi dari sebuah permasalahan, kamu bisa menggunakan sudut pandang topi biru, topi putih, topi hitam, dan topi hijau. Hal ini tentu saja bisa disesuaikan dengan kondisi yang sedang kamu hadapi.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut