Bekerja Tidak Sesuai dengan Jurusan, Adakah Kelebihannya?

0
352
Bekerja Tidak Sesuai dengan Jurusan, Adakah Kelebihannya?

Tidak semua orang bisa merasakan bekerja sesuai dengan disiplin ilmu yang ditempuh sebelumnya. Misalnya saja kita sering menjumpai seorang lulusan pertanian yang bekerja di bank. Hal ini seperti lumrah terjadi, menurut Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, 80% mahasiswa di Indonesia tidak bekerja sesuai jurusan yang diambil saat kuliah. Jika kamu saat ini bekerja tidak sesuai dengan jurusan yang kamu ambil maka tidak perlu khawatir, karena sesungguhnya ada beberapa manfaat dari bekerja tidak sesuai jurusan. Apa saja?

1. Belajar Hal Baru

Di setiap pekerjaan, kamu akan dituntut untuk selalu belajar banyak hal. Terlebih jika kamu bekerja tidak sesuai dengan jurusan, kamu harus mempelajari hal-hal baru. Dengan begitu, kamu bisa memahami hal-hal yang belum kamu pernah ketahui sebelumnya.

2. Menambah Wawasan dan Kemampuan

Bekerja beda jurusan dapat membantu kamu menambah wawasan dan kemampuan di area yang belum pernah kamu pahami sebelumnya. Contohnya, kamu kuliah di jurusan hubungan internasional tapi kamu bekerja sebagai marketing communication. Hal ini bisa menambah wawasanmu tentang bidang tersebut.

3. Meningkatkan Kemampuan Beradaptasi

Bekerja beda jurusan bisa meningkatkan kemampuan beradaptasimu. Jika kamu terbiasa berada di zona nyaman, kali ini kamu akan dituntut untuk belajar beradaptasi di lingkungan yang baru dan berbeda.

4. Memperluas Networking

Salah satu manfaat yang bisa kamu rasakan juga yaitu memperluas networking. Bekerja beda jurusan bisa membantu kamu mempunyai teman dari berbagai bidang.

5. Menemukan Passion Baru

Bekerja tidak sesuai dengan jurusan tidak selamanya buruk. Kamu mungkin saja justru menemukan passion baru yang tanpa disadari kamu menyukai dan sangat berpotensi di bidang tersebut.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut