Pentingnya Sinking Fund: Pengertian dan Fungsinya

0
1027
Sinking Fund Adalah

Perencanaan yang matang menjadi aspek penting dalam pengelolaan keuangan. Adanya perencanaan tersebut memberikan kamu kesiapan secara finansial dalam menghadapi situasi apa saja. Sinking fund adalah salah satu aspek yang tak boleh kamu lewatkan dalam proses perencanaan keuangan. Sayangnya, banyak masyarakat awam yang masih kurang memahami tentang pentingnya sinking fund

Apa Itu Sinking Fund dan Perbedaannya dengan Dana Darurat

Berkaitan dengan sinking fund, banyak orang yang kerap mengasosiasikannya dengan dana darurat. Keduanya memang mempunyai kemiripan. Hanya saja, pengertian serta fungsi dari sinking fund adalah jauh berbeda kalau dibandingkan dana darurat. Oleh karenanya, kamu perlu mengalokasikan sinking fund secara terpisah dengan dana darurat. 

Dalam pengertiannya, sinking fund adalah dana yang bisa kamu kumpulkan secara rutin untuk kebutuhan tertentu di masa depan. Saat mengumpulkan dana untuk sinking fund, kamu perlu menetapkan tujuan yang jelas. Sebagai contoh, kamu bisa mempersiapkan sinking fund untuk perbaikan rumah, biaya liburan, biaya pernikahan, membeli hadiah ulang tahun, dana pendidikan, dan lain sebagainya. 

Berbeda dengan sinking fund, dana darurat mempunyai tujuan penggunaan yang tidak pasti. Penggunaan dana darurat berkaitan erat dengan kondisi mendesak yang tengah kamu hadapi. Sebagai contoh, ketika kamu tiba-tiba dipecat oleh perusahaan, ada anggota keluarga yang jatuh sakit dan perlu pengobatan mahal, kerabat yang meninggal dunia, dan lain-lain. 

Kenapa Perlu Menyiapkan Sinking Fund?

Setelah memahami pengertian apa itu sinking fund, sebagian dari kamu mungkin bertanya, kenapa harus menyiapkan dana ini? Kamu perlu tahu bahwa tujuan utama menyiapkan sinking fund adalah untuk merencanakan pengeluaran di masa depan. Dengan begitu, kamu tidak akan menggunakan alokasi dana lain untuk keperluan tertentu. 

Keberadaan sinking fund secara khusus bakal sangat membantu ketika kamu merencanakan pengeluaran dalam jumlah besar. Kamu bisa menyisihkan uang sedikit demi sedikit sehingga mampu mencapai jumlah yang tepat pada waktu yang telah ditentukan. Kamu pun dapat mengatur agar tetap mempunyai utang yang sedikit dan tetap bisa membelanjakan keuangan secara bebas. 

Cara Mengumpulkan Tabungan untuk Sinking Fund

Kalau saat ini kamu belum mempunyai sinking fund, tidak ada salahnya untuk memulainya sekarang. Dengan begitu, kamu dapat memperbaiki pengelolaan keuangan pribadi di masa depan. Biar lancar, berikut ini langkah-langkah yang dapat kamu jalankan dalam proses pengumpulan sinking fund:

  • Buat daftar kebutuhan di masa depan

Tak menutup kemungkinan kamu perlu menyiapkan beberapa sinking fund sekaligus dalam satu waktu. Kamu dapat menyesuaikannya dengan tingkat kebutuhan serta faktor urgensi. Dahulukan sinking fund untuk kebutuhan yang perlu kamu siapkan dalam waktu dekat. 

  • Tentukan target jumlah sinking fund

Setelah menyusun jenis kebutuhan, langkah selanjutnya adalah menetapkan jumlah sinking fund. Biar dana yang terkumpul efektif, kamu perlu melakukan estimasi secara akurat. Dengan begitu, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya ekstra saat menggunakan sinking fund

Baca juga: Apa Itu Crowdfunding? Bagaimana Cara Kerjanya?

  • Tetapkan jumlah uang yang disisihkan per bulan

Ketika kamu sudah tahu nominal target sinking fund yang diperlukan, maka langkah selanjutnya adalah menetapkan jumlah uang yang disisihkan secara rutin. Perhitungan uang tabungan rutin itu bisa kamu sesuaikan dengan tenggat pemakaian sinking fund serta alokasi dana yang bisa kamu sisihkan.  

Sebagai contoh, kamu ingin menyiapkan sinking fund untuk keperluan beli sepeda. Untuk keperluan ini, kamu memerlukan dana setidaknya Rp8 juta. Selanjutnya, kamu bisa mengatur untuk menyisihkan tabungan senilai Rp500 ribu selama 16 bulan. 

Hal yang perlu kamu tahu, kebutuhan sinking fund antara setiap orang bisa sangat berbeda-beda. Kamu mungkin akan menjumpai orang lain yang menyiapkan sinking fund untuk keperluan pemenuhan hobi. Namun, tak sedikit pula yang menyisihkan uang untuk sinking fund sebagai sarana memenuhi kebutuhan primer. 

  • Tempatkan sinking fund dalam rekening terpisah

Tips terakhir dan paling penting, kamu perlu menempatkan sinking fund pada rekening terpisah. Hal ini sangat penting untuk meminimalkan kemungkinan penggunaan dana tersebut untuk keperluan lain. Selain itu, kamu bisa pula memanfaatkan fasilitas transfer otomatis biar proses pengumpulan dana berjalan lancar. 

Nah, itulah penjelasan mengenai sinking fund yang perlu kamu ketahui. Dari penjelasan ini, kamu jadi tahu kalau sinking fund adalah alokasi dana yang sangat penting dalam pengelolaan keuangan, kan?

Gunakan Akseleran Untuk Mengoptimalkan Pengelolaan Keuangan yang Kamu Miliki!

BLOG100

Di Akseleran kamu dapat memulai pengembangan dana hanya dari Rp100 ribu dengan imbal hasil atau return hingga 16% per tahun. Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan