Mudah Banget, Ini Caranya Membuat SIM Online

0
3806
SIM Online

Layanan SIM Online kini memudahkan Anda untuk melakukan proses pembuatan atau perpanjangan SIM dengan efisiensi waktu yang lebih cepat. Melalui aplikasi Digital Korlantas Polri, kini Anda bisa melakukan registrasi secara daring lebih dulu sebelum datang ke kantor Satpas untuk melakukan tes.

Apakah dengan layanan online ini semuanya bisa Anda lakukan tanpa harus datang ke kantor Satpas? Jawabannya tidak. 

Melakukan tes harus tetap datang dan bertatap muka. Hanya saja untuk registrasi administrasi bisa Anda lakukan secara online sehingga menghindari antrian yang panjang. Bagaimana cara mendaftar, mengurus perpanjangan SIM secara online dan berapa biayanya?

Cara Membuat SIM Online

Daftar SIM Online dengan aplikasi memang lebih mudah. Anda bisa melakukannya dari rumah supaya pada saat datang ke kantor bisa langsung mendapatkan pelayanan secara pasti. Nah, berikut langkah-langkahnya untuk membuat SIM secara online:

  • Unduh dan install aplikasi Digital Korlantas Polri
  • Buat akun dan lakukan verifikasi data.
  • Sebelumnya Anda harus menyiapkan dokumen yang akan Anda unggah, yakni e-ktp, fotocopy sertifikat pelatihan mengemudi (untuk mobil), rekaman biometrik sidik jari dan retina, dsb. Sebagian syarat Anda perlukan pada saat datang ke kantor.
  • Klik menu SIM yang ada di aplikasi lalu pilih ‘Pendaftaran SIM’.
  • Lakukan pengisian data dan lanjutkan dengan pembayaran.
  • Lanjutkan dengan ujian teori.
  • Jika Anda lulus ujian teori secara online, silakan memiliki jadwal waktu untuk datang ke kantor Satpas melakukan ujian praktik.
  • Sama seperti pembuatan SIM manual, Anda akan menerima SIM setelah lulus ujian praktik.

Cara Perpanjangan SIM Online

Selanjutnya untuk perpanjangan SIM online juga akan membantu Anda mempermudah prosesnya agar lebih pasti saat datang ke kantor Satpas.

Sebelum membuka aplikasi, pastikan Anda menyiapkan berkas perpanjangan SIM online, yakni:

  1. Nomor SIM lama
  2. foto KTP,
  3. foto SIM lama,
  4. foto tanda tangan di atas kertas putih,
  5. foto dengan latar belakang biru ukuran 480×460 pixel.

Setelah berkas Anda siap, lanjutkan dengan melakukan perpanjangan SIM secara online. Bagaimana langkah-langkahnya?

1. Penyiapan Berkas dan Install Aplikasi

Langkah pertama silakan install aplikasi dan penyiapan berkas administrasi, tahapannya sebagai berikut:

  • Unduh dan install aplikasi Digital Korlantas Polri
  • Buat akun dan lakukan verifikasi data.
  • Pilih menu perpanjangan SIM dan jenis SIM yang akan Anda perpanjang lalu isikan semua berkas sesuai permintaan di aplikasi.

2. Tes Psikologi

Lanjutkan dengan tes psikologi yang linknya tersedia di aplikasi. Buat akun dengan email yang sama pada akun aplikasi Anda. Untuk melakukan test ini biayanya sebesar Rp37.500.

Pembayarannya bisa menggunakan e-wallet atau dengan transfer ATM. Jumlah soalnya cukup banyak tetapi lumayan mudah. Jika sudah sukses maka akan keluar tanda centang pada aplikasi.

3. Pemeriksaan Kesehatan

Cara perpanjangan SIM Online selanjutnya adalah dengan melakukan pemeriksaan kesehatan secara online (e-Rikkes). Caranya dengan mengklik tautan yang ada di aplikasi, lakukan pendaftaran dengan email yang sama sebelumnya, dan verifikasi KTP lengkap dengan foto selfie.

Setelah semua data Anda isi, maka akan muncul pilihan faskes untuk Anda melakukan pemeriksaan. Pilih lokasi yang Anda inginkan lalu tentukan jadwal kedatangan. Datang pada jadwal tersebut dan lakukan pembayaran di bagian e-Rikkes SIM. Jika data sudah terinput, maka bagian e-Rikkes pada aplikasi akan centang.

4. Pemilihan Lokasi Kantor Polda atau Polres

Selanjutnya silakan memilih lokasi pengurusan SIM di Polda atau Polres terdekat. Pilih yang terdekat agar biaya pengirimannya lebih hemat, tanpa harus sesuai KTP.

Jangan lupa mencantumkan nomor rekening Anda, tujuan agar jika pengajuan ditolak maka dana Anda akan bisa langsung Anda terima lagi melalui rekening tersebut.

Masukkan alamat pengiriman SIM. Tak harus sesuai KTP, pilih yang terdekat agar biaya kirimnya lebih hemat.

Lakukan konfirmasi semua data sebelum pengiriman, ini untuk memastikan permohonan Anda bisa diterima.

Terakhir lakukan pembayaran perpanjangan SIM sesuai dengan data yang muncul di aplikasi. Jumlahnya berbeda-beda sesuai dengan jenis SIM, biaya ongkir, dan sebagainya. Tunggu proses pengajuan tersebut sampai berhasil. Laporannya bisa Anda cek di aplikasi.

Berapa lama proses perpanjangan SIM online tersebut? Biasanya setelah pengiriman semua berkas tersebut masuk ke kantor yang Anda pilih, maka kurang dari satu minggu SIM sudah akan dikirim ke alamat Anda.

Tentunya tergantung lagi apakah permohonan gagal atau tidak, berapa hari waktu pengiriman SIM oleh pihak ekspedisi dan lainnya. Namun, secara umum cara ini membantu dan memudahkan banyak orang mengurus perpanjangan SIM tanpa harus datang dan antre ke kantor Satpas.

Baca juga: Rincian Lengkap Biaya Balik Nama Motor

Berapa Biaya Perpanjangan SIM Online

Perpanjang SIM online biaya nya tergantung jenis SIM Anda. SIM C sebesar Rp75 ribu dan SIM A Rp80 ribu. Belum termasuk biaya tes psikologi, tes kesehatan dan ongkos kirim SIM ke alamat Anda. 

Nah, Anda bisa sesuaikan dengan jenis SIM yang akan Anda perpanjang serta jarak tempat alamat pengiriman SIM agar total biayanya bisa lebih murah.

Jika Anda terkendala soal biaya pembuatan SIM atau pembuatan SIM baru, solusinya di Akseleran. Siap membantu Anda mengatasi masalah keuangan dengan cepat, mudah, dan aman.

Hal-Hal Lain Seputar Perpanjangan SIM Online

Hal yang penting Anda catat, perbedaan membuat SIM online dan perpanjangan SIM online adalah, selain biaya juga soal teknis.

Jika membuat SIM secara online untuk pertama kali maka Anda harus datang ke kantor Satpas. Namun, jika hanya untuk perpanjangan saja, maka prosesnya seperti yang sudah tertera di atas. Anda tidak perlu datang ke kantor, cukup mengajukan perpanjangan secara online.

Selanjutnya pihak kantor terdekat akan mengirimkan SIM jadi ke alamat yang Anda cantumkan. Layanan ini mempermudah banyak orang supaya tidak repot datang ke kantor, sehingga SIM bisa Anda perpanjang jauh-jauh hari. Tidak ada lagi alasan SIM mati karena tidak sempat datang ke kantor untuk perpanjangan.

Catatan, SIM yang mati sehari saja dan belum sempat Anda perpanjang, maka konsekuensinya Anda tetap harus membuat SIM baru lagi. Walaupun telatnya hanya 1 hari, tetap Anda harus membuatnya lagi dari awal.

Syarat perpanjang SIM di atas juga cukup mudah tersedia, aplikasi tinggal unduh dan install, pembayaran bisa menggunakan aplikasi sehingga lebih mudah dan cepat.

Apakah pengajuan perpanjangan online bisa gagal? Ya, tentu saja bisa. Penyebabnya biasanya karena pengisian berkas yang tidak sesuai, tidak lengkap, dan masalah-masalah teknis lainnya.

Oleh karena itu, sebelum Anda melakukan pengiriman berkas, pastikan memang semua sudah benar, sudah lengkap sehingga mengurangi risiko gagal.

Cek masa berlaku SIM Anda sekarang. Lakukan perpanjangan segera sebelum jatuh tempo. Proses membuat SIM dari awal pastinya lebih ribet dan lama. Biayanya juga lebih mahal.Jika Anda terkendala biaya untuk pembuatan atau perpanjangan SIM online, hubungi Akseleran sekarang. Solusi keuangan yang lebih pintar dan aman.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].