Sejarah Barcode dan Peran Pentingnya Bagi Ekonomi Global

1
56
Sejarah Barcode dan Peran Pentingnya Bagi Ekonomi Global

Ketika hendak berbelanja ke supermarket, kita akan melihat kasir menscan garis-garis di barang belanjaan. Dari situ muncul informasi barang yang kita beli beserta harganya. Garis- garis itu kita kenal sebagai barcode. Sebelum barcode ditemukan, proses pelayanan terbilang lambat karena kasir perlu memasukkan harga dengan teliti satu per satu. Apalagi toko pun harus menghitung arus barang secara manual. Hal ini tentunya menghambat proses penjualan dan industri retail secara garis besar.

Sebelum barcode ditemukan pada tahun 1949, harga barang masih ditempel dengan stiker sehingga kasir perlu mengetik harga barang satu per satu. Selain itu, toko harus menghitung supply barang masuk dan terjual secara manual.

Ialah Joseph Woodland seorang pengajar di Drexler Institute yang kemudian menerima permintaan pengusaha supermarket untuk menciptakan solusi dari proses check-out manual yang lambat. Woodland kemudian mengusulkan ide untuk memberikan sebuah label pada barang yang dapat dibaca dengan cepat oleh komputer. Hal ini adalah sandi morse. Sandi morse ini kemudian diubah menjadi bentuk bulat yang mampu menyimpan 9 digit informasi. Pada tahun 1972, supermarket Kroger jadi supermarket pertama di dunia yang menggunakan sistem check-out elektronik. Beberapa supermarket AS kemudian menggunakan kode bulat ini untuk mempercepat proses supply chain mulai dari barang masuk ke toko sampai barang dijual ke pelanggan. Memasuki tahun 1970 an, ditemukan 2 teknologi yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan kode bulat, yaitu penemuan chip komputer.

Pada tahun 1983, barcode garis pertama kali digunakan di perusahaan retail Walmart. Perubahan yang dibawa barcode ke industri retail adalah lebih cepat terbaca di mesin, menghemat biaya daripada mempekerjakan lebih banyak pegawai, terhindar dari human error, dan juga pencatatan otomatis barang masuk dan keluar. Dari penerapan barcode inilah perusahaan retail grosir Walmart memiliki pertumbuhan besar. Walmart menjadi perusahan retail grosir terbesar di dunia dengan nilai kapitalisasi perusahaan mencapai Rp6.185 triliun. Sedangkan Kroger, perusahaan retail yang pertama kali mengadopsi sistem check-out elektronik punya nilai kapitalisasi perusahaan sebesar Rp636 triliun. Semua dapat tercapai karena mereka adalah perusahaan awal yang mengadopsi sistem barcode. Penggunaan barcode yang awalnya hanya ditujukan untuk mempercepat proses check-out di supermarket, sekarang semakin luas penggunaannya seperti penggunaan untuk kegiatan ekspor-impor dimana barcode menyimpan informasi barang. Pada bidang kesehatan, barcode menyimpan informasi tiap obat. Pada bidang logistik, barcode juga digunakan sebagai tracking asal dan tujuan barang dan sebagainya.

Dengan fungsi yang sangat esensial di industri perdagangan, barcode sampai saat ini memberi sumbangsih besar untuk kemajuan ekonomi modern secara global. Tidak hanya mempercepat proses berbelanja, barcode secara makro juga mempercepat proses perdagangan secara internasional, yang berarti ikut berperan dalam percepatan ekonomi global.

Seiring berkembangnya waktu, barcode juga mengalami peningkatan dan menjadi QR code di tahun 1994. Sekitar tahun 2011, penggunaan QR code berhasil masuk ke industri yang lebih besar dimana sebuah QR code dapat memuat lebih banyak informasi ketimbang barcode. Walaupun begitu, barcode sampai saat ini masih digunakan di sektor retail.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut