Literasi Digital adalah: Definisi dan Pengaruhnya

1
72
Literasi Digital adalah: Definisi dan Pengaruhnya

Teknologi digital yang telah terintegrasi ke dalam kehidupan kita sehari-hari telah membawa berbagai perubahan di dunia. Kita sebagai manusia dapat saling terhubung serta mengakses berbagai fasilitas yang sebelumnya tidak tersedia. Namun, untuk memanfaatkan peluang besar ini secara optimal, ada satu keterampilan yang harus kita praktikkan, yaitu literasi digital. Perubahan teknologi digital adalah hal yang tidak bisa kita hindari. Karena perubahan tersebut bisa berpengaruh pada aspek-aspek kehidupan, literasi digital sangatlah penting.

Apa itu literasi digital? Literasi digital mengacu pada kemampuan untuk menggunakan teknologi secara efektif. Keahlian ini juga membantu kita untuk mengembangkan kemampuan belajar, berpikir kreatif, serta menghadirkan inovasi. Dilansir dari Indonesia.go.id, berdasarkan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia & Katadata Insight Center (KIC), Angka Indeks Literasi Digital di Indonesia pada tahun 2021 meningkat menjadi 3,49 dari skala 1-5. Artinya, kita memiliki potensi besar untuk saling mendukung sekaligus memperluas keterampilan dan pengetahuan kita.

Lalu bagaimana pengaruh literasi digital? Bagi pebisnis, hal ini membuka peluang kolaborasi, mengelola informasi bisnis, meningkatkan produktivitas & ekspansi, dan memecahkan masalah menggunakan teknologi. Sementara bagi individu, pengaruh literasi digital dapat memberi rasa lebih percaya diri saat menggunakan teknologi, selain itu individu juga lebih dapat beradaptasi dengan budaya kerja hybrid, mengasah keterampilan komunikasi dan juga meningkatkan performa.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut