Cara Merencanakan Karir yang Sukses

1
153
Cara Merencanakan Karir yang Sukses

Tahukah kamu bahwa menentukan pilihan karier dapat mempengaruhi kesuksesan, dan pencapaian di masa depan? Mencari tahu apa yang kamu inginkan dalam berkarir sesegera mungkin dapat membantumu agar sukses. Berikut ini beberapa tips tentang cara membangun rencana karir mu.

1. Penilaian Diri

Penilaian diri atau self-assessment adalah cara untuk meningkatkan pemahaman diri. Dengan melakukan ini, kamu akan lebih mengetahui dan menggambarkan karakteristik mu dengan jelas dan akurat mengenai keterampilan, nilai, dan minat.

2. Tinjau Riwayat Pekerjaan

Coba tinjau riwayat pekerjaan mu. Tanyakan kepada diri sendiri tentang pengalaman dari pekerjaan sebelumnya. Berdasarkan temuan mu ini, buatlah daftar preferensi sehubungan dengan tugas pekerjaan, jobdesc, dan perusahaan yang kamu minati.

3. Eksplorasi Karir

Ada empat cara untuk mengumpulkan informasi karir yaitu melakukan penelitian tentang karir, berbicara dengan orang, berpartisipasi dalam pengalaman di lapangan, dan mendaftar di kursus keahlian. Berdasarkan hal tersebut, buatlah daftar lima karier yang menarik bagi mu.

4. Penargetan

Ketika Anda sudah mengeksplor, kamu sekarang siap untuk menargetkan tujuan karir utama. Kamu mungkin perlu menggali lebih dalam mengenai pilihan karier, keterampilan, nilai, dan minat yang kamu miliki.

5. Persiapan Karir

Setelah kamu membuat keputusan karir, langkah selanjutnya adalah mulai merencanakan bagaimana mempersiapkan karir, bagaimana mendapatkan pengalaman di dalamnya, dan bagaimana benar-benar terjun ke lapangan.

6. Bangun Self-Branding yang Baik

Self-branding sekaligus memasarkan diri sendiri adalah hal yang penting untuk dilakukan. Dengan mengembangkan brand mu sendiri, kamu akan memiliki kendali atas persepsi awal orang dan dengan mudah terhubung dengan keputusan jalur karier mu.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut