5 Risiko Ekonomi Indonesia Menurut World Economic Forum

0
550
5 Risiko Ekonomi Indonesia

World Economic Forum (WEF) menilai bahwa Indonesia menghadapi 5 risiko tertinggi terhadap ekonomi yang mencakup berbagai aspek, mulai dari krisis utang hingga tekanan inflasi. Hal tersebut tercantum dalam laporan The Global Risk Report 2023 yang dipublikasikan World Economic Forum pada Januari 2023.

Dilansir dari laman Bisnis Indonesia, WEF memetakan berbagai risiko yang menjadi ancaman dunia dalam beberapa waktu ke depan. Terdapat lima kategori risiko yang dibahas dalam laporan itu, yakni ekonomi, lingkungan, geopolitik, sosial, dan teknologi. Dari berbagai kategori itu, Indonesia menghadapi sebagian besar risiko tersebut.

WEF menilai seluruh bentuk risiko di setiap negara, tetapi mencantumkan lima risiko terbesar. Berikut daftar risiko terbesar bagi Indonesia berdasarkan laporan tersebut.

1. Krisis utang

Risiko krisis utang berkaitan dengan kegagalan upaya stabilisasi trayektori harga dan meletusnya gelembung (bubble burst) suatu aset.

2. Konflik antar wilayah

Risiko konflik antar wilayah berkaitan dengan tidak efektifnya institusi multilateral dan penggunaan senjata untuk pemusnahan massal.

3. Inflasi yang meningkat cepat dan/atau berkelanjutan

Lonjakan inflasi terjadi sebagai imbas dari tekanan ekonomi global maupun kondisi dalam negeri

4. Ketimbangan digital

Belum meratanya infrastruktur menjadi salah satu faktor yang menyebabkan ketimpangan digital.

5. Kontestasi geopolitik atas sumber daya

Indonesia memiliki banyak sumber daya, konflik geopolitik memiliki motif ekonomi yang kuat, mencakup penguasaan atas sumber daya.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut