9 Pilihan P2P Lending Aman yang Terdaftar OJK Serta Ciri-Cirinya

0
1021
P2P Lending Aman

Saat ini P2P lending aman Akseleran sedang menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat. Karena memiliki kelebihan meminjamkan uang tanpa kesulitan apapun. Sejak pandemi Covid-19, bisnis P2P lending menjadi solusi alternatif mendapatkan uang.

Kemudahan proses pengajuannya membuat banyak orang menyukai sistem P2P lending. Hal tersebut membuat P2P berkembang pesat di Indonesia. Namun sebaiknya calon peminjam tidak sembarangan memilih P2P lending.

Sebaiknya Anda memilih perusahaan P2P lending lolos OJK. Tujuannya untuk meminimalisir sesuatu kejadian yang tidak diinginkan oleh siapapun. Memahami penjelasan tentang P2P lending akan membuat Anda mengerti dan tidak salah pilih.

Mengenal Apa Itu P2P Lending

P2P lending merupakan sebuah sistem berbasis financial technology (fintech) yang berfungsi sebagai penghubung antara kreditur dan peminjam. Sebagai wadah keuangan yang terhitung baru, P2P lending sudah diterima baik oleh masyarakat.

Seluruh lapisan masyarakat dapat merasakan manfaat layanan P2P lending. Dengan berbagai kebutuhan seperti pendidikan, kesehatan, atau memenuhi kebutuhan lainnya. Sistemnya melewati proses screening data, pemilihan tenor, dan lainnya.

Apalagi para pemilik UMKM yang membutuhkan modal dalam mengembangkan bisnis. P2P lending terbaik menyediakan layanan pinjaman tanpa campur tangan bank secara personal.

Ciri-ciri P2P lending aman pertama adalah terdaftar di OJK. Salah satu tanda layanan ini lolos OJK adalah dari logonya saat mengunduh aplikasi. Bila logo OJK tampil maka terbukti bahwa P2P lending tersebut aman digunakan.

Bila ingin mengetahui lebih lanjut, Anda bisa mengeceknya secara manual di sini. Selain OJK, Indonesia memiliki komunitas penyelenggara fintech bernama Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI).

AFPI bekerja sama bersama OJK untuk mengatur sekaligus mengawasi kegiatan pendanaan dalam sektor keuangan. OJK sendiri merupakan lembaga resmi yang berada dalam payungan Kementerian Keuangan Indonesia

Selanjutnya, bila ingin mengenal apakah P2P lending tepercaya bisa dengan melihat pengelolanya. Anda bisa mendapatkan banyak informasi mengenai pengelolanya melalui Google. Biasanya pengelola terpercaya akan memiliki website resmi.

Saat proses pengajuan, pihak kreditur akan meminta tanda tangan elektronik Anda. Untuk melakukan hal ini membutuhkan izin dari KOMINFO. Dengan begitu, bila Anda melakukan tanda tangan elektronik, maka perusahaan tersebut adalah legal.

P2P lending paling aman menyediakan fasilitas asuransi proteksi pinjaman. Apabila terjadi risiko gagal bayar maka akan asuransi kredit akan bergerak menggantikan pembayaran pada peminjam maupun pemberi dana.

Jadi sebaiknya Anda melakukan pinjaman kepada pihak yang bertanggung jawab. Kenali lebih dulu perusahaan yang akan Anda gunakan manfaatnya. Dalam hal ini P2P lending harus lolos OJK dan bergabung bersama AFPI.

Kenali Kelebihan P2P Lending

Secara singkat, fintech P2P lending mengandalkan kemudahan dalam cara kerjanya. Lender dan kreditur tidak perlu bertemu secara langsung, cukup mengunduh aplikasi sebagai wadah ‘pertemuan’ setelah mengisi ketentuan data, dana akan langsung cair.

Proses kemudahan ini membuat banyak peminjam percaya, bahwa sistem P2P lending bisa menjadi alternatif pinjaman paling mudah. Tidak berhenti disitu, kreditur juga menetapkan beberapa peraturan seperti nominal pinjaman dan suku bunga.

Keduanya saling bersinergi membentuk mekanisme keuangan abad millennium. Selain itu, ada juga kelebihan P2P lending lainnya yang akan dibahas berikut ini:

Serba Online

Proses peminjaman maupun informasi mengenai bunga per tahun sudah tersedia secara online. Meski semuanya serba digital, keamanan data sudah pasti aman karena perusahaan berada dalam pengawasan OJK. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi mengantri untuk mendapatkan pinjaman dana.

Suku Bunga Rendah

Tingkat suku bunga P2P lending berada di angka 11,75% – 16% per tahunnya. Bagi peminjam yang berpengalaman akan menganggap P2P lending sebagai akses kredit yang menyenangkan. Apalagi berbagai fitur melengkapi aplikasi sehingga mampu menguntungkan peminjam.

Baca juga: 2 Cara Mudah Menghitung Bunga Pinjaman

Memajukan Bisnis UMKM

Indonesia merupakan negara pemilik UMKM terbanyak. Sebagai pebisnis, hutang tidak digunakan untuk memenuhi kehidupan sehari-hari. Melainkan menjadi alat bayar bila ingin membuka cabang, atau menambah komponen di toko.

Sarana Investasi Menjanjikan

Melihat betapa pesatnya pertumbuhan perekonomian digital sistem P2P artinya para investor melihat fenomena ini sebagai instrumen investasi yang profit. Semakin banyak investor mengeluarkan pendanaan P2P lending artinya nilai instrumen menunjukkan profit nyata.

Terdapat Pinjaman Minimum

Beberapa P2P lending memberlakukan sistem pinjaman paling minimum Rp100.000 sampai belasan juta dengan suku bunga rendah per tahunnya. Namun untuk meminjam nominal berjumlah besar, biasanya menyesuaikan pendapatan lender.

Dari sejumlah kelebihan di atas, tidak heran jika P2P lending mampu membantu banyak orang. Bahkan pandemi Covid-19 kemarin roda perekonomian Indonesia tetap berjalan semestinya karena peran P2P lending sebagai fintech favorit.

9 Rekomendasi P2P Lending Lolos OJK

Rekomendasi P2P lending OJK di bawah ini bisa menjadi referensi bila Anda tertarik ingin memanfaatkan fasilitas P2P lending. Terutama bagi pebisnis yang membutuhkan pinjaman dana cepat.

1. Investree

Investree mampu menawarkan pinjaman dana sekaligus investasi bagi yang menginginkan. Instrumen investasinya berupa SBN ritel dan reksadana. Selain itu, Investree menyediakan pinjaman syariah terbaik di P2P lending.

2. Danamas

Danamas terbukti keamanannya sebab masih berada dalam naungan Sinarmas Group. Bila Anda merupakan salah satu pegiat UMKM, maka Danamas akan mendukung kegiatan bisnis Anda dengan berbagai layanan pilihan.

4. Amartha

Amartha mampu menghasilkan return mencapai angka 15% per tahunnya. Selain itu, P2P Amartha mampu memudahkan layanan pinjaman bagi masyarakat pedesaan.

5. Dompet Kilat

Dompet kilat memiliki tiga produk unggulan yaitu AgriKilat untuk memajukan pangan Indonesia, ModalKilat untuk pengusaha potensial, dan GajiKilat bagi para karyawan yang ingin cepat-cepat merasakan gaji.

6. Kredit Pintar

Kredit Pintar menyediakan layanan pengajuan dana kilat dengan akses mudah. Pinjaman bunganya terhitung rendah, dengan sistem pelayanan customer service online terbaik. Ada juga diskon cicilan, pulsa, dan lainnya.

7. Asetku

Asetku menawarkan asuransi kredit, sehingga lender mampu menghindari gagal bayar. Fitur Smart Money Manager memungkinkan pengguna mendapat keuntungan saat berinvestasi. Keunggulan lain yang dimiliki Asetku yaitu pemberian reward pada investor yang percaya produknya.  

8. Pinjam Yuk

Pinjam Yuk menawarkan nominal pencairan berapapun tanpa potongan. Pembayaran tagihan sudah tersedia melalui ATM Banking, transfer, atau Virtual Account. Keunggulan Pinjam Yuk dapat mencairkan dana dalam kurun waktu 30 menit saja.

9. Akseleran

Akseleran

Akseleran memberikan kebebasan pada lender pemilik bisnis UMKM maupun perusahaan. Berbagai produk pelayannya mempermudah proses lending dengan fitur Auto Lending. Keamanan dana terjamin karena Akseleran merupakan perusahaan resmi di sektor keuangan.Memanfaatkan P2P lending terdaftar di OJK, maka sudah dipastikan segala aktivitas perusahaan tersebut dipantau lembaga keuangan OJK. Dengan begitu, lender bisa mempercayakan P2P lending aman Akseleran pada beberapa perusahaan rekomendasi tersebut.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].