Ini Daftar Fintech yang Sudah Berizin OJK per Januari 2023

0
520
Fintech Berizin OJK

Di zaman yang serba praktis ini. Hampir semua hal dapat dikerjakan menggunakan alat elektronik dan juga aplikasi. Salah satunya adalah fintech yang bisa digunakan untuk alat pembayaran dan juga peminjaman uang secara online. Namun pastikan memilih fintech Berizin OJK.

Fintech adalah sebuah singkatan yang berasal dari financial technology (teknologi keuangan) yang dikembangkan agar transaksi keuangan dapat berjalan lebih praktis dan efektif.

Lalu sebenarnya apa sih OJK itu?

Pengertian OJK dan Fintech

Setelah mengetahui mengenai fintech. Selanjutnya, kamu perlu tahu apa itu OJK. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) adalah sebuah lembaga independen yang berperan sebagai penyelenggara dan pengawas terhadap seluruh kegiatan keuangan yang berada di dalam Indonesia. 

Semua kegiatan tersebut terdiri dari sektor perbankan, modal untuk usaha, hingga sektor industri non perbankan seperti asuransi, dan lembaga jasa keuangan lainnya.

Otoritas Jasa Keuangan sudah terbentuk pada 16 Juli 2012 yang terbentuk karena butuhnya suatu lembaga yang dapat membingbing, membentuk, mengatur dan mengawasi semua sektor jasa keuangan.

Manfaat Fintech untuk Masyarakat

Perkembangan teknologi tentu membawa perubahan dan perkembangan untuk masyarakat. Berikut adalah manfaat fintech untuk masyarakat:

1. Memudahkan di Dalam Berbagai Transaksi

Di zaman lampau. Ketika alat elektronik seperti ponsel belum terlalu populer. Semua jenis transaksi pembayaran dilakukan di Bank. Entah itu menabung, mentransfer, membayar biaya tagihan dan lain sebagainya.

Tentu saja bolak-balik ke sana adalah hal yang melelahkan. Ditambah, dengan perjalanan dari rumah anda ke tempat tujuan dan juga lama nya waktu mengantri.

Kini, ketika ponsel telah menjadi kebutuhan sehari-hari masyarakat. Akhirnya diciptakanlah sebuah platform yang membuat anda tidak perlu membuang waktu pergi ke bank.

Karena efisiensi waktu ini jugalah, orang semakin banyak menggunakan platform fintech untuk transaksi sehari-hari. Apalagi makin lama, prosesnya pun semakin cepat dan tidak ribet.

2. Tingkatkan Pertumbuhan Usaha

BAgi kebanyakan orang yang ingin memulai sebuah usaha dan membangun startup sendiri, lebih dari 50% nya itu terhalang oleh biaya. Punya ide, tapi tidak mempunyai modal adalah hal yang bermasalah bagi para pengusaha baru.

Jawan pertama, bisa Anda bisa meminjam uang untuk modal ke bank. Ini adalah cara yang terjamin keamanannya. Namun sayangnya, bank mengharuskan sang peminjam memiliki jaminan yang akan diberikan pada bank jika tidak bisa membayar cicilan sampai lunas.

Kedua, bisa pinjam ke tempat lain. Nah, yang biasanya mau memberi pinjaman pastinya adalah seorang rentenir. Anda bisa meminjam berapapun itu. Sayangnya bunga akan terus naik kalau ada keterlambatan pembayaran. Tidak jarang adanya seorang rentenir yang curang

Saat ini yang sedang booming di internet adalah peminjaman uang secara online. Tidak perlu ribet, dan tidak perlu banyak syarat. Bunga nya juga masih tergolong rendah. 

Selalu ingat untuk mengetahui terlebih dahulu tentang platform peminjam itu terlebih dahulu. Jangan termakan dengan godaan mencurigakan dan malah berakhir dengan hutang yang memiliki bunga tinggi sehingga tidak mungkin untuk dibayar.

Lalu apa yang seharusnya saya pakai?

Tidak ada yang salah. Anda dapat memakai salah satu cara di atas dengan syarat harus lebih berhati-hati dan juga teliti.

3. Memperbesar Siklus Inklusi Keuangan

Maksud dari Inklusi keuangan sendiri mengenai keterlibatan secara aktif saat melakukan transaksi ekonomi.

Dengan mudahnya transaksi ekonomi yang dilakukan melalui fintech seperti jual beli, menabung, tagihan, asuransi dan lain sebagainya. Maka membuat inklusi keuangan masyarakat pun semakin membesar.

Tujuan Pendaftaran Fintech ke OJK

Setelah mengetahui apa saja manfaat dari fintech. Makan selanjutnya akan membahas mengenai tujuan dan kelebihan fintech yang terdaftar di OJK

1. Lembaga Resmi yang Mengurus Kegiatan Keuangan

Sebagai sebuah Lembaga yang mengurus keuangan di Indonesia, maka sudah bisa dipastikan kalau berbagai penyelenggara. Selain itu, Anda tidak perlu merasa risau, takut kalau platform yang digunakaan akan menipu Anda.

Dibandingkan dengan Fintech illegal, tentu memilih fintech di bawah naungan OJK akan lebih lebih terjaga keamanannya.

2. Terjaminnya Data Pribadi di Platform yang Tergabung di OJK

Karena fintech bertujuan untuk mempermudah konsumsi dan pelayanan di bidang keuangan di dalam masyarakat. Tidak dipungkiri bahwa Anda perlu memasukan data-data penting pribadi yang tentu saja bersifat privasi dan sangat sensitif pada keamanan data yang ada. Karena hal itulah, sebuah industri keuangan memerlukan sebuah pengelolaan data.

Semua aplikasi fintech yang ingin terdaftar di OJK mereka perlu memiliki Data Recovery Center (DRC). Hasilnya tentu saja semua aplikasi yang terdaftar akan terjaga dari risiko manajemen sistem

Selain itu,masalah perlindungan kerahasiaan data pribadi juga diatur dalam Undang-Undang ITE.

Nah, sekarang jadi tahukan pentingnya memilih pinjaman online yang terjamin dalam perlindungan OJK?

Baca juga: 100+ Daftar Fintech Resmi OJK Terupdate

Daftar Penyelenggara Fintech yang Sudah Berizin OJK

Setelah dibuatnya Otoritas Jasa Keuangan sejak tahun 2012. Saat ini sudah ada sekitar 102 penyelenggara yang terdaftar. Berikut adalah fintech yang sudah  terdaftar OJK:

1. Danamas 

2. Investree 

3. Amartha 

4. Dompet Kilat 

5. KIMO 

6. Toko Modal 

7. Modalku 

8. KTA KILAT 

9. Kredit Pintar 

10. Maucash

11. Finmas 

12. KlikA2C 

13. Akseleran 

14. Ammana.id 

15. PinjamanGO

16. KoinP2P 

17. Pohondana 

18. MEKAR 

19. AdaKami 

20. Esta Kapital Fintek

21. KreditPro

22. FINTAG 

23. Rupiah Cepat

24. CROWDO 

25. Indodana 

26. JULO 

27. PinjamWinWin 

28. DanaRupiah 

29. Taralite 

30. Pinjam Modal 

31. ALAMI 

32. AwanTunai

33. Danakini 

34. Singa

35. Dana Merdeka

36. Easycash

37. Pinjam Yuk 

38. FinPlus 

39. UangMe 

40. PinjamDuit 

41. Dana Syariah

42. Batumbu

43. Cashcepat 

44. KlikUMKM 

45. Pinjam Gampang 

46. Cicil 

47. LumbungDana 

48. 360 KREDI 

49. Dhanapala

50. Kredinesia

51. Pintek

52. ModalRakyat 

53. SOLUSIKU 

54. Cairin 

55. TrustIQ 

56. Klik Kami

57. Duha Syariah

58. Invoila 

59. Sanders One Stop Solution 

60. DanaBagus 

61. UKU 

62. Kredito

63. AdaPundi

64. ShopeePayLater 

65. Modal Nasional 

66. Komunal 

67. Restock.ID

68. TaniFund

69. Ringan 

70. Avantee 

71. Gradana 

72. Danacita 

73. IKI Modal

74. Ivoji

75. Indofund.id

76. iGrow 

77. Danai.id 

78. DUMI 

79. Lahan Sikam

80. Qazwa.id

81. KrediFazz 

82. Doeku

83. Aktivaku 

84. Danain 

85. Indosaku 

86. Jembatan Emas 

87. EduFund

88. GandengTangan

89. Papitupi Syariah

90. BantuSaku

91. Dana Bijak

92. Danafix

93. AdaModal

94. SamaKita

95. KawanCicil

96. Crowde

97. KlikCair

98. ETHIS

99. SAMIR

100. UATAS

101. Asetku

102. Findaya

Kesimpulan

Fintech adalah platform yang bisa kita gunakan untuk meminjam, investasi dan hal apapun yang berhubungan dengan uang.

Sedangkan Otoritas Jasa Keuangan adalah sebuah lembaga khusus yang mengatur platform-platform fintech supaya lebih teratur. Selain itu OJK juga bertugas untuk menjaga, mengarahkan, memberi informasi baik pada penyelenggara fintech maupun pada konsumen.

Akseleran adalah salah satu platform di Indonesia yang memiliki tujuan untuk menghubungkan UKM yang memerlukan bantuan pinjaman dengan pemberi pinjaman.

Dengan bergabung ke Akseleran kamu akan mendapatkan akses mudah pinjaman yang berjalan secara online. Anda juga akan diberi arahan mengenai konsep yag tak sulit dipahami sehingga bisa diikuti oleh siapa saja.

Tidak hanya peminjam, pemberi pinjaman pun akan mendapatkan perlindungan hingga 99% dari pokok pinjaman yang tertunggak. 

Tunggu apa lagi?

Gunakanlah Akseleran untuk meminjam dan memberi pinjaman yang merupakan platform fintech berizin OJK resmi di Indonesia.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].