Return Adalah: Definisi, Jenis Hingga Komponen

3
1045
Return Adalah

Ketika Anda berinvestasi, ada banyak istilah yang mungkin akan Anda dengar. Salah satu istilah tersebut adalah return. Return adalah istilah paling sederhana yang digunakan untuk merujuk pada nilai uang yang hilang atau dihasilkan dari investasi selama periode tertentu. Seorang investor yang berinvestasi, menunggu return sebagai imbal hasil dari investasi yang dibuatnya.

Untuk lebih memahami mengenai return, jenis dan komponennya, simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Definisi Return

Seperti yang sudah disebutkan di pembukaan artikel, return adalah besaran pengembalian atau kerugian dari investasi selama periode tertentu. Return atau pengembalian dapat dinyatakan secara nominal sebagai perubahan nilai rupiah sebuah investasi dari waktu ke waktu. Pengembalian juga bisa dinyatakan dengan persentase yang didapatkan dari rasio laba terhadap investasi.

Return juga bisa dinyatakan sebagai hasil bersih setelah dipotong fee, pajak dan inflasi atau return kotor yang tidak memperhitungkan apa pun kecuali perubahan harga. Ada beberapa cara Anda bisa mendapatkan return lewat investasi yakni:

  • Bunga. Investasi seperti rekening tabungan dan obligasi memberikan return berupa bunga kepada investornya. Dengan memilih investasi seperti ini, Anda bisanya bisa mengetahui sejak awal besaran uang yang akan Anda dapatkan dari investasi ini nantinya
  • Dividen. Beberapa produk investasi seperti saham membayarkan dividen kepada investor sebagai bagian dari yang dihasilkan oleh perusahaan. Jumlah dividen sendiri tergantung pada seberapa baik performa keuangan perusahaan dan jenis saham apa yang Anda punya
  • Capital gain (keuntungan modal). Jika Anda menjual investasi seperti saham, obligasi, reksa dana atau ETF lebih dari modal yang Anda keluarkan untuk membelinya, Anda akan mendapatkan capital gain atau keuntungan modal. Sebaliknya, jika nilainya lebih kecil dari modal yang Anda gunakan untuk membelinya Anda mengalami capital loss.

Baca juga: Mengenal Istilah-istilah dalam Dunia Investasi

Jenis-jenis Return

Ada dua jenis return yang perlu Anda ketahui sebelum berinvestasi. Kedua jenis return tersebut adalah return ekspektasi dan return realisasi. Simak penjelasannya berikut ini!

Return Ekspektasi

Return ekspektasi adalah bentuk return yang bisa Anda peroleh sebagai seorang investor di masa yang akan datang. Artinya, return ini adalah pengembalian yang belum Anda terima atau pengembalian yang diharapkan. Profitnya biasanya berasal dari penanaman modal pada perusahaan emiten di masa depan. Nilainya tergantung pada berbagai faktor termasuk prospek perusahaan terkait nantinya.

Return Realisasi

Berlawanan dengan return ekspektasi, return realisasi adalah pengembalian yang sudah terealisasi atau sudah terjadi. Nilai return realisasi yang dimiliki oleh sebuah perusahaan dapat menjadi acuan bagi seorang investor untuk menilai performa perusahaan. Return realisasi juga bisa memudahkan Anda sebagai investor untuk memperkirakan return ekspektasi di masa depan.

Komponen-komponen dalam Return

Return juga terdiri dari 2 komponen. Kedua komponen yang harus Anda ketahui tersebut adalah yield dan gain.

  • Yield. Yield atau hasil mengacu pada besaran pendapatan yang didapatkan dan direalisasikan pada sebuah produk investasi selama periode tertentu. Besarannya dinyatakan dengan persentase berdasarkan jumlah yang diinvestasikan, nilai pasar saat ini atau nilai nominal sekuritas. Yield termasuk bunga yang diperoleh dari investasi (seperti deposito dan tabungan) atau dividen yang Anda peroleh karena memegang sekuritas tertentu
  • Gain. Disebut juga sebagai capital gain, istilah ini merujuk pada keuntungan modal yang berasal dari peningkatan nilai investasi. Gain menunjukkan perbedaan harga beli (dasar) dan harga jual sebuah aset. Rumusnya adalah: Harga Jual – Harga Beli = Capital Gain. Perlu diingat bahwa rumus ini mengasumsikan nilai jual aset lebih tinggi daripada harga belinya. Kalau seorang investor menjual aset dengan harga kurang dari yang dia bayarkan untuk modal, maka investor tersebut mengalami loss atau kerugian.

Dalam investasi, return memang menjadi harapan terbesar bagi para investor. Namun perlu diingat bahwa pada return yang besar juga ada risiko yang sama besarnya. Risiko-risiko ini bervariasi untuk setiap jenis instrumen investasi yang Anda beli. Karena itu, alih-alih tergoda dengan iming-iming return yang besar, pastikan Anda memilih produk investasi dengan bijak berdasarkan tingkat risiko Anda.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

3 COMMENTS

Comments are closed.