Memahami Lebih dalam Mengenai Apa Itu Entitas

0
1430
Entitas Adalah

Entitas dapat dipahami sebagai sesuatu yang punya keberadaan yang berbeda dan unik. Entitas tidak harus berbentuk fisik. Sesuatu yang abstrak juga bisa dianggap sebagai entitas. Entitas adalah istilah yang memiliki berbagai konsep, tergantung di mana istilah tersebut digunakan termasuk dalam dunia bisnis dan hukum.

Lalu, apa yang dimaksud dengan entitas dalam dunia bisnis? Apa saja jenis-jenisnya? Simak pembahasan lengkapnya dalam ulasan berikut ini!

Pengertian Entitas Bisnis

Dalam istilah yang paling sederhana, entitas bisnis adalah organisasi yang dibuat oleh individu atau sekelompok orang untuk melakukan aktivitas bisnis, terlibat dalam perdagangan atau mengambil bagian dalam kegiatan sejenis. Ada berbagai jenis entitas bisnis yang digunakan di berbagai sektor dan jenis entitas bisnis itu menentukan struktur organisasi dan bagaimana sistem pajak yang diterapkan di perusahaan tersebut.

Ketika Anda memulai bisnis, hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih struktur perusahaan. Dengan kata lain, Anda harus memilih entitas bisnis Anda.

Jenis entitas bisnis Anda akan memiliki implikasi hukum dan keuangan bagi bisnis Anda. Jumlah pajak yang harus Anda bayarkan juga tergantung dari pemilihan entitas. Hal yang sama juga berlaku dengan kemudahan mendapatkan pinjaman usaha kecil atau mendapatkan pendanaan dari investor. 

Jenis-jenis Entitas Bisnis

Ada beberapa jenis entitas bisnis yang digunakan di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Entitas-entitas bisnis tersebut antara lain adalah:

Kepemilikan Tunggal (Perseorangan)

Kepemilikan tunggal adalah entitas bisnis yang paling sederhana dengan satu orang (atau pasangan yang sudah menikah) sebagai pemilik tunggal yang menjalankan bisnis. Bagi Anda yang baru meluncurkan bisnis dan merupakan satu-satunya pemilik, maka entitas bisnis Anda secara hukum tercatat sebagai kepemilikan tunggal.

Kemitraan Umum (Persekutuan)

Entitas dengan jenis persekutuan memiliki banyak persamaan dengan perusahaan perseorangan. Bedanya, perusahaan dengan jenis kemitraan umum memiliki dua pemilik atau lebih. Ada dua jenis kemitraan yang dikenal dalam entitas bisnis persekutuan yakni kemitraan umum dan kemitraan terbatas. Dalam kemitraan umum, semua mitra secara aktif mengelola bisnis serta berbagi keuntungan dan kerugian bersama-sama.

Perseroan Terbatas (PT)

Tidak seperti perusahaan persekutuan umum, perseroan terbatas adalah badan usaha yang terdaftar. Untuk membentuk kemitraan terdaftar, Anda harus mengajukan dokumen negara. Dalam perseroan terbatas, ada 2 jenis mitra: mereka yang memiliki, mengoperasikan dan bertanggung jawab atas bisnis (mitra umum) dan mereka yang bertindak sebagai investor atau mitra terbatas.

Mitra terbatas tidak punya kendali atas operasi bisnis dan memiliki lebih sedikit kendali dalam operasi bisnis. Begitu juga dalam hal kewajiban. Mereka juga biasanya bertindak sebagai investor dalam bisnis dan membayar pajak dengan jumlah yang lebih sedikit.

Koperasi

Koperasi merupakan badan usaha yang dimiliki bersama-sama oleh sekelompok orang yang sudah diakui menjadi anggota. Koperasi hanya bisa dijalankan oleh anggota-anggota yang ada terdaftar. Di Indonesia, koperasi menjadi pilar perekonomian yang sangat penting. Ada banyak jenis koperasi di Indonesia contohnya seperti koperasi karyawan, koperasi sekolah, koperasi pengusaha batik dan lain sebagainya.

Baca juga: Koperasi Simpan Pinjam: Pengertian, Fungsi, dan Perannya

Bagaimana Cara Memilih Entitas Bisnis yang Tepat?

Pemilihan entitas adalah hal yang penting bagi para pemilik bisnis. Memilih entitas bisnis yang tepat memungkinkan para pengusaha untuk mengurangi eksposur kewajiban, meminimalkan pajak dan memastikan bahwa bisnis bisa dijalankan dan dibiayai secara efisien. Pemilihan entitas yang tepat juga memberi pemilik bisnis sebuah mekanisme untuk memastikan bahwa kegiatan operasional akan berlanjut, alih-alih harus dihentikan otomatis (misalnya setelah kematian pemilik). Meresmikan bisnis juga akan memperjelas kepemilikan semua peserta dalam usaha tersebut.

Ketika memilih entitas bisnis, ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan yakni:

  • Sejauh mana risiko bisnis terhadap aset pribadi Anda 
  • Cara terbaik mendapatkan keuntungan pajak dan menghindari pajak berlapis-lapis
  • Kemampuan menarik calon investor
  • Kemampuan menawarkan kepemilikan kepada karyawan kunci
  • Biaya pengoperasian dan pemeliharaan badan usaha.

Entitas adalah sesuatu yang perlu dipertimbangkan matang-matang pemilihannya dalam proses bisnis. Dengan memilih entitas yang tepat, bisnis Anda bisa berjalan dengan baik dan menghasilkan keuntungan yang maksimal.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]