Proyeksi Akseleran di Semester 2

0
150
Kata Akseleran Episode 16

“Siap meluncurkan produk reksa dana pasar uang”

Setelah berhasil menjaga performa dengan tetap tumbuh hingga 6% baik untuk total penyaluran pinjaman usaha maupun total nilai pengembangan dana untuk pendanaan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) pada semester I-2020, Akseleran juga mampu mempertahankan kualitas asetnya dengan mencatat rata-rata kredit bermasalah masih di bawah 0,7% dari total penyaluran pinjaman usaha secara keseluruhan.

Pertumbuhan tersebut tentunya harus menghadapi perjalanan terjal yang sulit terutama dengan mewabahnya pandemi Covid-19. Meski pandemi Covid-19 belum juga usai, Akseleran terus bekerja secara maksimal dan telah mempersiapkan strategi khusus untuk merealisasikan target pada penghujung tahun 2020 ini.

Mikhail Tambunan selaku Chief Financial Officer sekaligus Co-Founder Akseleran akan mengungkapkan secara terang-terangan strategi Akseleran menghadapi semester II-2020 dalam program Kata Akseleran yang dibawakan oleh Rimba Laut selaku Senior Vice President Corporate Communication Akseleran pada episode “Proyeksi Akseleran di Semester 2 – 2020”.

Berikut kutipan tayangan Kata Akseleran Episode 16:

Apa yang menjadi fokus Akseleran di semester kedua?
Memasuki semester II-2020, fokus utama yang menjadi pekerjaan rumah Akseleran terbagi dalam 3 poin yakni:

  1. Pulih dari kondisi saat ini setelah adanya pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan juga memasuki era new normal
  2. Mengejar ketertinggalan target yang belum tercapai karena terhambat pandemi Covid-19.
  3. Kondisi saat ini yang menuntut semua orang untuk dapat beraktifitas online, maka ini menjadi kesempatan besar bagi Akseleran untuk dapat menjangkau lebih jauh lagi para pengguna Akseleran baik penerima pinjaman maupun pemberi pinjaman.

Apa strategi Akseleran untuk merealisasikan target Rp1 triliun di akhir 2020?
Untuk mencapai target penyaluran dana sebesar Rp1 triliun hingga akhir tahun 2020, Akseleran telah mempersiapkan 3 kunci strategi yang tentunya bisa memberikan manfaat lebih baik dari sisi lender maupun borrower, di antaranya adalah:

  1. Dari sisi lender kita coba terus mempertahankan kepercayaan existing lender di Akseleran dengan cara terus menjaga kualitas NPL, penyaluran kredit yang aman, serta terus memberikan update secara berkala terhadap proses penagihan kepada penerima pinjaman yang statusnya terlambat. Di luar itu Akseleran juga mencoba memberikan alternatif pengembangan dana bagi para Lender contohnya seperti produk Reksa Dana Pasar Uang yang sebentar lagi akan launch produknya. Untuk ini Akseleran melakukan kerja sama dengan Tanam Duit sebagai Agen Penjual Reksa Dana atau APERD dan Trimegah Asset Management sebagai Manajer Investasi.
  2. Dari sisi borrower kita melakukan tambahan alternatif produk pinjaman dengan skema Business to Business to Customer (B2B2C) seperti employee loan, tambahan mitra kerjasama seperti dengan Midtrans dan OLX. Selain itu, kita juga mencoba memperkuat jaringan sales point kita yang saat ini sudah ada seperti di Surabaya, Balikpapan, Samarinda, Semarang dan Medan.
  3. Dari sisi Technology, kita mencoba meningkatkan terus kualitas apps kita terutama dari sisi UI/UX agar penggunaan Apps Akseleran dirasakan semakin mudah dan nyaman baik kepada Lender maupun kepada Borrower khususnya untuk menunjang skema pinjaman Supply Chain Financing.

Apakah penetrasi dari luar Pulau Jawa akan terus dikembangkan oleh Akseleran?
Melebarkan sayap bisnis di luar Pulau Jawa tentu akan terus dikembangkan, terlebih Akseleran melihat pertumbuhan di luar Pulau Jawa menunjukkan tren yang positif. Ditambah lagi dari sisi borrower Akseleran memang berencana untuk terus melakukan penetrasi di kota-kota sales poin Akseleran, sehingga diharapkan kehadiran Akseleran juga dapat dirasakan langsung oleh para pengguna Akseleran khususnya peminjam. Walau sebenarnya saat ini pun penyebaran borrower Akseleran sudah hampir merata tersebar di seluruh Indonesia.

Baca Juga:
TERBARU: Kiat Akseleran Memasuki Era Normal Baru
Special Guest: Lender ini Raih Total Pendapatan Bunga Bersih 182 Juta
Kisah Nyata, Keuntungan Menjadi Lender Akseleran

Seberapa besar minat lender terhadap campaign Akseleran Peduli Covid-19?
Melihat animo masyarakat khususnya Lender, untuk campaign Akseleran peduli Covid-19 ternyata memiliki antusias yang cukup besar untuk dapat mendukung UKM yang menyalurkan bantuan sosial. Hal ini bisa dilihat dari terpenuhinya pinjaman (fully funded) campaign pinjaman peduli Covid-19 secara cepat.

Selain itu, proyek peminjam yang berasal dari Kementrian Sosial ini menunjukkan bahwa mendapat kepercayaan lebih dari para pemberi pinjaman untuk ikut berkontribusi dan mengambil bagian dalam perjuangan bersama menghadapi pandemi Covid-19.

Apa kunci sukses Akseleran dalam menghadapi pandemi Covid-19?
Akseleran mengaku, pandemi Covid-19 menyerang banyak industri karena baik secara langsung maupun tidak langsung, hampir semua jenis usaha pasti terkena dampak mewabahnya pandemi Covid-19 dan Akseleran juga tidak terlepas dari hal ini.

Namun dalam menghadapi itu, Akseleran telah menyiapkan beberapa kunci sukses seperti:

  1. Mampu beradaptasi dengan cepat terhadap dampak ini, sehingga berdampak pada peluang usaha untuk keluar lebih cepat dari kesulitan.
  2. Akseleran mengantisipasi sejak dini, dari awal merebaknya Covid-19 Akseleran telah mengambil langkah-langkah yang diperlukan agar dapat bertahan melewati situasi ini, diantaranya adalah Pengetatan penyaluran kredit serta untuk sementara waktu menghindari jenis-jenis usaha yang memang secara langsung terdampak Covid-19.
  3. Berhasil menjaga Non Performance Loan (NPL) Akseleran dibawah 0.7%, berkat dua hal tersebut alhasil NPL Akseleran selama semester I-2020 berada di angka 0,7% maka Lender pun memberikan respon yang positif dengan terus memberikan kepercayaan kepada Akseleran sebagai platform pilihan dalam melakukan pengembangan dana sambil membantu UKM di Indonesia untuk tumbuh dan berkembang lebih cepat.

Sob, sudah mengetahui strategi Akseleran menghadapi semester II-2020 kan? Well, yuk mulai dari sekarang atau terus kembangkan dana di Akseleran. Mengembangkan dana di Akseleran aman, mudah dan menguntungkan karena sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan imbal hasil yang akan didapat mencapai 21% per tahun.

Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp 100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]