Hal yang Harus Diperhatikan dalam Prospektus Reksa Dana

0
356
Hal yang Harus Diperhatikan dalam Prospektus Reksa Dana

Memulai berinvestasi tentunya tidak bisa sembarangan. Diperlukan pengetahuan, riset, dan pertimbangan yang matang dari banyak aspek seperti manfaat dan risiko agar kamu tidak salah arah. Salah satu hal yang krusial adalah perlunya memperhatikan prospektus.

Prospektus adalah sebuah dokumen dengan kekuatan hukum yang berisi segala informasi penting mengenai investasi, baik itu saham, obligasi, maupun reksa dana. Prospektus akan membantu kamu untuk mengetahui detail informasi mengenai produk reksa dana dan mempertimbangkan langkah awal dalam berinvestasi. Jika kamu berniat untuk berinvestasi di reksa dana, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam melihat prospektusnya.

1. Track record manajer investasi

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah track record manajer investasi. Pemilihan manajer investasi terbaik dapat dipengaruhi oleh sejauh mana investor mengenal manajer investasinya. Dalam prospektus ada track record prestasi, kinerja, pihak yang terafiliasi, dan detail informasi lainnya seputar manajer investasi yang bisa menjadi acuan dalam memilih manajer investasi yang tepat.

2. Manfaat, risiko, dan pembatasan investasi

Kamu akan mengetahui sejumlah manfaat yang ditawarkan seperti pengelolaan yang profesional, pertumbuhan nilai aset, transparansi, dan diversifikasi investasi. Selain itu, ada pula risiko dalam investasi reksa dana seperti penurunan Nilai Aktiva Bersih (NAB), pembubaran, likuidasi, dan risiko keadaan ekonomi yang juga penting untuk diperhatikan. Sementara itu, pembatasan investasi yang tercantum dalam prospektus berisi larangan bagi manajer investasi dalam melakukan strategi investasi. Contohnya, seperti larangan manajer investasi untuk melakukan short selling.

3. Hak pemegang unit penyertaan

Ketika membeli produk reksa dana, kamu tentunya akan mendapatkan unit penyertaan (UP). Kamu perlu memperhatikan hak-hak apa saja yang diperoleh pemegang unit penyertaan yang tercantum dalam prospektus. Hak tersebut meliputi keterbukaan informasi mengenai NAB, hak untuk menjual seluruh atau sebagian UP, serta hak untuk memperoleh hasil dari investasi. Kamu juga berhak untuk mendapatkan Surat Konfirmasi Transaksi (SKT) tiap kali bertransaksi. Pemegang UP juga berhak untuk mendapatkan Laporan Akun Bulanan.

4. Ketentuan pembelian, penjualan, dan pengalihan reksa dana

Akan ada satu waktu dimana kemungkinan untuk menjual kembali (redemption) hingga pengalihan (switching) produk reksa dana dapat terjadi. Dalam prospektus, kamu perlu mengetahui persyaratan dan ketentuan dalam melakukan transaksi reksa dana melalui manajer investasi.

5. Biaya dan Pembubaran

Mengetahui biaya-biaya jadi salah satu hal penting dalam berinvestasi, serta mengetahui prosedur apa saja yang akan dilakukan oleh pihak manajer investasi jika terjadi pembubaran reksa dana. Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan penyebab, tindakan, dan prosedur apa saja yang akan dilakukan oleh pihak manajer investasi jika terjadi pembubaran reksa dana.

6. Pembaharuan prospektus

Setiap investor perlu mendapatkan informasi terbaru mengenai produk reksa dananya. Berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) No. 33/POJK.04/2017 tentang Pedoman Pengelolaan Reksa Dana Berbentuk Perseroan, reksa dana berbentuk perseroan wajib menerbitkan pembaharuan prospektus. Pembaharuan prospektus tersebut juga wajib disertai laporan keuangan tahunan terakhir.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut