Inilah Prinsip Hidup Investor Ray Dalio Yang Bisa Dicontoh

0
118
Prinsip Hidup Ray Dalio

Memiliki prinsip hidup sangat penting. Prinsip hidup dapat berfungsi sebagai kompas atau alat yang mengarahkan untuk mencapai suatu tujuan. Ray Dalio, seorang penulis, pengusaha, sekaligus investor hebat, juga memiliki prinsip hidup luar biasa. Prinsip hidup Ray Dalio tersebut dapat dibaca dalam bukunya yang berjudul Principles. Apa saja di antaranya?

  • Menjadi Hyperrealistic

Salah satu ungkapan dari Ray Dalio adalah, “Menjadi hyperrealistic akan membantu Anda memilih impian dengan bijak dan dapat menggapainya.” Dalio menjelaskan, maksud dari ungkapan tersebut adalah pentingnya menyeimbangkan realisme dan idealisme saat mengejar impian. Saat melakukan itu, berpikirlah serealistis mungkin agar dapat mencapainya. 

Hyperreality adalah istilah yang digunakan dalam semiotika dan filsafat postmodern yang menggambarkan perpaduan yang sangat erat antara kenyataan dan fiksi. Untuk meraih kesuksesan, menurut Dalio, tiap orang harus berada di titik itu.

Menjadi orang yang sangat percaya pada kenyataan akan menghilangkan kemampuan bermimpi dalam meraih suatu pencapaian. Sebaliknya, memiliki mimpi yang tinggi tanpa disertai kesadaran akan kenyataan akan menciptakan masalah lain.

Dengan mengusung prinsip hidup hyperrealistic, karenanya dari prinsip hidup Ray Dalio mengaku dapat meraih mimpinya. Ia melampaui kenyataan yang berisi perjuangannya mencapai keberhasilan karena kekuatan dari mimpi. Ini merupakan formula sukses yang wajib ditiru.

  • Belajar Mengakui Kesalahan

Ray Dalio berkisah dalam bukunya mengenai sebuah kejadian buruk yang pernah ia alami. Peristiwa tersebut menimpanya pada 1982. Saat itu, ia memprediksi Amerika Serikat akan mengalami depresi ekonomi. Sebelumnya, sejak 1972, kondisi ekonomi global sedang memburuk.

Ternyata, prediksi Dalio tidak menjadi kenyataan. Pasar saham bertahan hingga 18 tahun selanjutnya. Kondisi ekonomi Amerika Serikat justru mengalami pertumbuhan yang sangat tinggi pada masa itu. Di sisi lain, Dalio telah memecat seluruh karyawannya demi persiapan menghadapi depresi ekonomi. 

Kesalahan fatal tersebut menghancurkan reputasi Ray Dalio. Meskipun sebelumnya ia telah memberikan prediksi-prediksi yang tepat, satu peristiwa mengubah semuanya. Namun, ia tidak lantas hancur atau menyerah.

Dalam perenungannya, Dalio menemukan bahwa ada dua rintangan yang akan dialami manusia dalam kehidupan, yaitu ego pribadi dan titik buta. Ego pribadi merupakan bagian dari otak yang menghalangi individu untuk mengakui kelemahan secara objektif. 

Keinginan untuk selalu menjadi paling benar merupakan hal yang membahayakan. Respons yang umum terlihat adalah tidak peduli atau marah. Namun, pilihan yang lebih logis seharusnya adalah mendengarkan masukan dari orang lain. Mengikuti ego pribadi rentan menimbulkan kesalahan dalam mengambil keputusan, tidak banyak belajar, dan tidak hidup sesuai potensi.

Sementara itu, titik buta adalah rintangan yang membuat seseorang merasa sempurna. Sebenarnya, tiap orang memiliki kelebihan masing-masing. Namun, merasa menjadi paling baik di segala hal akan menimbulkan dampak yang tak jauh berbeda dengan ego pribadi.

Baca juga: Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Belajar Reksadana

  • Bersikap open minded

Prinsip hidup Ray Dalio lainnya adalah selalu bersikap open minded. Pada masa lalu, Dalio selalu menganggap bahwa semua yang ia pikirkan merupakan hal terbaik. Konsep tersebut membuatnya sulit untuk membuka diri terhadap perspektif baru.

Saat ini, Ray Dalio menggunakan pendekatan yang berbeda. Ia mengatakan, salah satu kunci sukses perusahaannya adalah melaksanakan sistem merit berdasar ide atau dikenal sebagai idea meritocracy

Dalam sistem ini, Ray selalu berusaha mencari ide yang terbaik dari tim. Tiap orang bebas menyampaikan idenya. Ide terbaik akan diolah dan dipoles hingga menjadi sesuatu yang nyata.

Akan tetapi, ada catatan yang harus diperhatikan. Pendapat dinilai berdasarkan bukti berupa rekam jejak dari orang yang memberikan ide, hasil uji ide tersebut, atau data lain. Dengan cara ini, Dalio bisa mendapatkan ide luar biasa tanpa terhalang ego pribadi maupun titik buta. 

Menyadari bahwa semua yang baik tidak harus selalu berasal dari dirinya membuat Dalio dikelilingi orang-orang hebat. Inilah strategi yang diterapkannya untuk dapat mengambil keputusan dengan tepat. Strategi ini pula yang mengantarkannya menjadi orang paling berpengaruh saat ini di dunia. 

Prinsip hidup Ray Dalio ini juga bisa Anda gunakan saat akan mulai berinvestasi. Dengan demikian, Anda bisa menjadi investor sukses sekaligus mendapatkan hasil investasi yang optimal.

Memiliki Prinsip Hidup Adalah Cara Terbaik Untuk Terus Menjaga Pendirian Serta Terus Memiliki Keinginan Untuk Berkembang!

Pastikan kamu memiliki prinsip hidup untuk terus menabung serta mengembangkan dana agar dapat memiliki persiapan hidup di masa depan dengan lebih baik. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal Akseleran memberikan keuntungan hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]