Peristiwa The Great Resignation, Pengunduran Diri Massal di Amerika

0
463
Peristiwa The Great Resignation

Di Amerika Serikat pernah ada peristiwa yang dikenal dengan “the great resignation”, sebuah tren ekonomi saat karyawan secara sukarela mengundurkan diri dari pekerjaan mereka secara massal, dimulai pada awal tahun 2021. Penyebab dari peristiwa ini adalah adanya stagnasi upah di tengah meningkatnya biaya hidup, peluang terbatas untuk kemajuan karir, lingkungan kerja yang tidak bersahabat, kurangnya tunjangan, kebijakan kerja jarak jauh yang tidak fleksibel, dan ketidakpuasan kerja jangka panjang. Kemungkinan besar yang berhenti adalah pekerja di bidang perhotelan, perawatan kesehatan, dan pendidikan.

Beberapa ekonom menggambarkan the great resignation mirip dengan mogok massal. Di penghujung tahun 2022 hingga awal 2023, fenomena resign ini sedang terjadi di AS. Angka pekerja yang resign atau keluar dari pekerjaannya mengalami peningkatan yang signifikan.

Tingkat resign atau berhenti kerja secara keseluruhan tumbuh pada bulan November setelah tetap stabil atau menurun selama sembilan bulan sebelumnya, menurut data baru dari Biro Statistik Tenaga Kerja Amerika. Tingkat berhenti kerja yang menanjak merupakan kebalikan dari apa yang ingin dilihat oleh Federal Reserve.

Tingkat berhenti kerja secara keseluruhan naik menjadi 2,7% di bulan November. Resign di sektor swasta mencapai 3%, meningkat dari 2,9% bulan sebelumnya. Lowongan pekerjaan juga tetap stabil dari Oktober hingga November di 10,5 juta. Angka tersebut memperlihatkan hal kebalikan dari apa yang dikatakan Ketua Federal Reserve, Jerome Powell yang ingin dia lihat di pasar tenaga kerja.

Sepanjang tahun 2022, Powell mencatat bahwa The Fed ingin melihat lowongan pekerjaan dan tingkat resign yang rendah serta pertumbuhan upan melambat untuk membantu menurunkan harga. Namun, pasar tenaga kerja mendingin dalam beberapa aspek. Tingkat perekrutan turun dari 4% di bulan Oktober menjadi 3,9% di bulan November. Tren itu kemungkinan akan berlanjut karena ketakutan resesi membebani pemberi kerja.

 Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut