Perhatikan Kesehatan Otakmu dengan Cara Ini!

1
139
Perhatikan Kesehatan Otakmu dengan Cara Ini!

Otak memegang peranan vital dalam tubuh setiap manusia. Mengontrol setiap proses dalam tubuh, berpikir, mengingat, keterampilan motorik, hingga mengatur emosi. Nyatanya, orang sering mengesampingkan pentingnya melatih kesehatan otak, terlebih para generasi muda. Tanpa disadari, kita sering membiarkan otak melakukan tugas secara autopilot hingga kehabisan “bahan bakar” atau yang bisa disebut dengan penuaan kognitif. Apa itu penuaan kognitif?

Penuaan kognitif adalah kondisi dimana ketika otak kita secara bertahap menjadi kurang efisien karena usia daripada karena penyakit atau kerusakan. Ini dapat membahayakan karena bisa berpengaruh pada fungsi eksekutif, pemrosesan emosional, rentang perhatian, dan keterampilan berbahasa. Meskipun tidak dapat dihentikan dan sangat tergantung pada genetika, gaya hidup, & lingkungan, penurunan kemampuan kognitif dapat dikurangi jika kita memprioritaskan kesehatan otak kita sejak dini. Inilah sebabnya kenapa kita harus peduli dengan kesehatan otak meskipun masih muda.

Memprioritaskan kesehatan otak kita adalah tentang menjaga pikiran tetap aktif, mengonsumsi banyak nutrisi, dan mengurangi faktor risiko kognitif apapun. Kesehatan otak kita berperan besar dalam bagaimana kita menjalani hidup kita dalam jangka panjang. Selain pola makan yang baik dan tidur yang berkualitas, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk memprioritaskan kesehatan otak:

1. Melatih otak

Kita bisa melatih otak dengan cara sederhana, baik itu memecahkan teka-teki, membaca, ataupun mempelajari instrumen baru. Merangsang otak adalah salah satu cara paling ampuh untuk meningkatkan kemampuan otak untuk menumbuhkan jalur saraf baru. Semakin banyak jumlah jalur saraf, semakin baik pula otak kita memerangi hal-hal seperti stroke, trauma kepala, dan penyakit Alzheimer.

2. Menjaga kesehatan jantung

Tahukah kamu bahwa jantung yang sehat berkaitan dengan otak yang sehat? Hal ini disebabkan karena olahraga juga meningkatkan neuroplastisitas. Ilmuwan penelitian kognitif dan kesehatan otak Arthur Kramer menyatakan bahwa apapun yang menopang detak jantung pada 65% selama 30 menit juga berdampak bagi kesehatan otak meskipun kita hanya melakukannya sebanyak 2-3 kali seminggu.

3. Gunakan semua indera

Saat kamu memperoleh pengetahuan baru, cobalah melibatkan sebanyak mungkin inderamu, pendengaran, penciuman, peraba, penglihatan, dan perasa. Menggunakan beberapa indera dalam waktu bersamaan dapat mengaktifkan beberapa bagian otak sekaligus dan membantu dalam ingatan memori yang lebih baik.

4. Prioritaskan kekuatan mental

Di dunia yang sibuk dan penuh tuntutan ini, mungkin banyak hal yang bisa membuat kita kewalahan. Inilah mengapa penting untuk memprioritaskan kapan dan bagaimana kamu memaksimalkan kinerja otak. Sebisa mungkin, simpan kekuatan mental mu untuk mempelajari hal-hal baru dan memecahkan masalah yang kompleks.

Pada dasarnya otak kita berfungsi seperti otot yang harus digunakan jika tidak ingin kehilangan massanya. Oleh karena itu, jaga selalu kesehatannya agar kinerja otak selalu maksimal.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut

1 COMMENT

Comments are closed.