Mengenal Definisi CEO dan Perbedaannya dengan Direktur Utama

0
745
CEO Adalah

Dalam sebuah perusahaan, ada banyak posisi-posisi penting dan hierarkinya yang harus dipahami dengan baik. Beberapa di antara istilah-istilah itu pada praktiknya memiliki pengertian yang sama dan kerap membuat kita bingung. Direktur utama dan CEO adalah salah satunya.

Lalu, apa sebenarnya yang dimaksud dengan CEO? Apakah ada perbedaan antara CEO dengan direktur utama atau presiden direktur? Untuk lebih memahaminya, mari simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Pengertian CEO

Dilansir dari laman Investopedia.com, CEO atau Chief Executive Officer merupakan eksekutif dengan posisi paling tinggi di sebuah perusahaan. Secara umum, tanggung jawab dan tugas seorang CEO mencakup pembuatan keputusan besar dalam perusahaan, mengelola keseluruhan kegiatan operasional da sumber daya perusahaan. CEO juga bertindak sebagai titik komunikasi utama antara dewan direksi dengan operasi perusahaan. 

Dalam beberapa kasus, seorang CEO juga berfungsi sebagai wajah yang mewakili perusahaan di mata publik. CEO dipilih oleh dewan dan pemegang sahamnya. CEO wajib melapor kepada ketua dan dewan yang telah ditunjuk oleh para pemegang saham.

Penggunaan Istilah CEO di Indonesia

Pengertian CEO yang dijelaskan oleh Investopedia.com pada dasarnya merupakan pengertian yang berlaku umum di berbagai negara di dunia. Di Indonesia sendiri, istilah CEO banyak dipakai oleh perusahaan startup atau perusahaan rintisan.

Dalam undang-undang terkait perusahaan yang berlaku di Indonesia tepatnya UU No 40 Tahun 2007, tidak ada istilah CEO yang digunakan di Indonesia. Yang ada adalah dewan direksi atau direksi. Posisi CEO sendiri umumnya merujuk ke kantor bidang personalia atau administrasi dan tidak ada kaitannya dengan pimpinan perusahaan.

Dilansir dari laman repository.unika.ac.id, penggunaan istilah CEO yang banyak dipakai oleh perusahaan startup di Indonesia mengacu pada jabatan tertinggi. Beberapa tugas dan tanggung jawab CEO umumnya adalah mengembangkan dan melaksanakan strategi tingkat tinggi, membuat keputusan bagi perusahaan, mengelola kegiatan perusahaan serta sumber daya yang ada secara keseluruhan. Perlu diingat bahwa peran seorang CEP berbeda-beda, tergantung pada budaya, struktur dan ukuran perusahaan.

Di perusahaan-perusahaan besar misalnya, CEO mungkin hanya bertugas membuat keputusan yang sifatnya strategis dan tingkat tinggi. Keputusan ini misalnya berkaitan dengan strategi meningkatkan pertumbuhan perusahaan dalam skala besar.

Sementara itu, pada perusahaan yang lebih kecil, banyak CEO yang juga aktif dengan fungsi dan aktivitas harian perusahaan. CEO bisa mengatur visi, misi, nada dan kadang juga menentukan kultur yang berlaku di sebuah perusahaan atau organisasi tempatnya berada.

Baca juga: 4 Perusahaan Fintech yang Berkembang di Indonesia

Apa yang Membedakan CEO dengan Direktur Utama?

Seperti yang sudah disebutkan pada pembahasa sebelumnya, secara hukum di Indonesia tidak ada istilah CEO yang dipakai untuk menyebutkan posisi tertinggi sebuah perusahaan. Tapi dalam peraturan menteri yang terbaru yaki Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. 40 Tahun 2012 mengenai Jabatan-jabatan tertentu yang dilarang Diduduki oleh Tenaga Asing disebutkan istilah CEO. Pada peraturan tersebut, CEO didefinisikan sebagai Kepala Eksekutif Kantor.

Lalu apa perbedaan CEO dengan direktur utama? Dalam penjelasan yang disebutkan oleh Investopedia dikatakan bahwa CEO adalah posisi tertinggi dalam sebuah perusahaan sementara posisi kedua tertinggi dipegang oleh direktur utama/presiden direktur. Ada beberapa perusahaan yang memberikan dua jabatan tersebut pada satu orang yang sama. Tapi tidak sedikit perusahaan yang menggunakan dua orang berbeda untuk mengisi kedua posisi tersebut. 

Perbedaan paling besar dari CEO dengan direktur sebenarnya terletak pada posisnya secara struktural. Jika dilihat dari scope of work-nya, seorang direktur utama berperan sebagai COO atau Chief Operating Officer. Dengan begitu jika dilihat dari segi strukturalnya, CE) memang punya posisi lebih tinggi daripada direktur. 

Di Indonesia, istilah CEO digunakan oleh beberapa perusahaan populer seperti Kitabisa, Bukalapak dan Gojek. Sementara perusahaan-perusahaan yang menggunakan istilah direktur utama contohnya adalah BUMN dan bank.

Itulah pengertian dan perbedaan antara CEO dengan direktur utama. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]