10 Penyebab Ponsel Cepat Panas

1
154
Blog Content Editorial Plan Corcomm Blog Content Editorial Plan Corcomm 100% 10 B31 10 Penyebab Ponsel Cepat Panas To enable screen reader support, press Ctrl+Alt+Z To learn about keyboard shortcuts, press Ctrl+slash 10 Penyebab Ponsel Cepat Panas Turn on screen reader support

Keberadaan ponsel dan kebutuhan manusia terhadap barang tersebut tidak dapat dipungkiri saat ini. Ponsel seolah menjadi barang wajib yang harus dibawa kemanapun kamu pergi. Namun bagaimana jika ponsel mu mendadak mati akibat overheat?

Umumnya, setiap ponsel akan menjadi panas jika digunakan secara terus-menerus. Kalau sudah begini, kinerja perangkat tersebut akan melambat dan bisa rusak jika terus digunakan. Sebagai pengguna, kamu perlu menggunakan ponsel dengan bijak dan mengetahui apa saja penyebab ponsel sering panas sehingga kamu bisa mengatasinya.

1. Menggunakan Ponsel Terlalu Lama

Penyebab hp panas yang pertama adalah menggunakan ponsel dalam jangka waktu lama seperti misalnya untuk menonton film ataupun bermain game. Film yang kamu tonton ataupun game yang kamu mainkan memiliki intensitas tinggi dan membuat ponsel memuat data video dan menjaga tampilan tetap aktif dalam jangka waktu yang lama. Hal ini lah yang membuat ponsel jadi cepat panas

2. Sinyal Lemah

Ketika sinyal provider di lingkunganmu lemah, ponsel akan bekerja lebih keras untuk mendapatkan sinyal dan bisa menyebabkan ponsel cepat panas. Pasalnya, ponsel akan terus mencari sinyal sehingga suhu perangkat menjadi tinggi.

3. Memakai Charger Palsu

Penggunaan charger palsu akan menyebabkan baterai ponsel menjadi rusak dan membuat ponsel sering panas. Hal ini disebabkan oleh pasokan daya dari charger palsu tidak sesuai dengan kebutuhan ponsel. Akibatnya, baterai dan komponen pengecasan menjadi rusak. Oleh karena itu, gunakanlah selalu charger yang original untuk mencegah ponsel panas.

4. Baterai Bermasalah

Kinerja baterai yang menurun atau dikenal bisa menjadi penyebab ponsel cepat panas. Hal ini biasanya terjadi karena penggunaan ponsel yang berlebihan tanpa memperhatikan kesehatan baterai

5. Menggunakan HP Ketika Dicharge

Sebaiknya kita tidak menggunakan ponsel saat dicharge. Hal ini bisa menyebabkan ponsel panas dan boros baterai. Jika terus dilakukan, tak menutup kemungkinan kebiasaan ini bisa merusak hardware dan bahkan meledakkan ponsel.

6. Pengaturan Tidak Optimal

Pengaturan atau setelan pada ponsel yang tidak optimal juga bisa menyebabkan ponsel cepat panas karena dapat memengaruhi jumlah energi yang digunakan. Beberapa pengaturan yang bisa memakan banyak energi ponsel adalah penggunaan wallpaper animasi dan tingkat kecerahan layar yang tinggi. Oleh karena itu, sebaiknya kamu menurunkan tingkat kecerahan layar menggunakan wallpaper statis.

7. Banyak Notifikasi

Jika ponsel terus menerus dalam keadaan menyala, bergetar, atau memutar suara notifikasi, tak menutup kemungkinan membuat ponsel akan cepat panas. Aliran notifikasi yang konstan membuat prosesor ponsel terus bekerja. Pastikan ponselmu hanya mengaktifkan notifikasi pada aplikasi yang kamu gunakan.

8. Banyak Aplikasi Terbuka

Sering kali orang-orang membuka aplikasi dengan jumlah yang banyak secara bersamaan dan tidak benar-benar menutupnya. Hal ini membuat pemakaian baterai terus berjalan dan menyebabkan ponsel panas dan lemot.

9. Pembaruan Software

Penyebab ponsel cepat panas juga bisa terjadi karena adanya software yang belum diperbarui. Tak hanya aplikasi, software juga membutuhkan pembaruan untuk keefektifan kinerja ponsel. Hal ini juga akan mengeliminasi berbagai macam bug yang tidak diinginkan. Bug pada aplikasi ini lah yang juga akan membuat ponsel bekerja lebih keras dan pada akhirnya membuat ponsel cepat panas.

10. Lingkungan yang Panas

Paparan sinar matahari secara langsung ternyata bisa membuat suhu perangkat cepat panas. Jika ponsel terkena sinar matahari, tentu suhu ponsel bisa 2-3 kali lebih panas dari biasanya.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut

1 COMMENT

Comments are closed.