Ini Beberapa Perbedaan Akuntansi dan Finance!

1
3690
Perbedaan Akuntansi dan Finance

Bagi orang yang berkecimpung dalam dunia finansial tentunya pemahaman terkait akuntansi dan finansial keuangan sudah tidak lagi asing bagi mereka. Namun, ternyata masih banyak orang yang belum mengetahui dari perbedaan keduanya. Padahal, untuk mereka yang ingin mendalami dunia bisnis penting untuk mengetahui perbedaan dari kedua hal tersebut, karena kedua hal tersebut memiliki peran penting yang dapat mendukung dalam pengambilan suatu keputusan dalam bisnis.

Oleh karena itu, kita akan membahas perbedaan akuntansi dan finance secara lebih mendalam di bawah ini:

Perbedaan Akuntansi dan Finance

Seperti yang sudah kita bahas di atas bahwa banyak orang yang mengira memang perbedaan akuntansi dan finance ini tidak jauh berbeda. Namun, nyatanya keduanya sangat berbeda selengkapnya kita lihat di sini.

  • Akuntansi

Akuntansi ini pada dasarnya memiliki peran untuk melakukan pencatatan serta pengklasifikasian semua transaksi sehingga dapat menghasilkan laporan keuangan yang dibutuhkan oleh perusahaan secara lebih tepat dan akurat. Dimana akuntansi ini memiliki standar aturannya sendiri saat melakukan pencatatan serta pengelompokkan semua transaksinya.

Selanjutnya dari akuntansi akan menghasilkan laporan keuangan yang terdiri dari laporan laba rugi dan neraca. Pada laporan laba rugi tersebut akan menggambarkan suatu hasil dalam menjalankan bisnis para satu periode waktu tertentu. Sedangkan pada neraca akan menggambarkan posisi keuangan suatu organisasi pada satu waktu tertentu. Karenanya, laporan keuangan tersebut dapat membantu perusahaan untuk menjalankan bisnis dan mengetahui hasil dan posisi keuangan dari perusahaan tersebut.

Sehingga pada saat perusahaan mengalami hasil dan posisi keuangan yang tidak baik, maka hal tersebut dapat membantu mengevaluasi kinerja sebuah perusahaan. Namun, apabila hasil serta posisi keuangan bisa dikatakan aman, maka itu dapat mengawasi dan meningkatkan kinerja perusahaan.

Seorang akuntan memiliki peran untuk membantu serta mengendalikan arus kas perusahaan. Selain itu, seorang akuntan juga dapat merencanakan dan melakukan konsolidasi perpajakan di seluruh perusahaan untuk memastikan efisiensi biaya serta kepatuhan terhadap aturan pajak dan lainnya.

Baca juga: Mengenal Akuntansi biaya dan Penerapannya

  • Finance

Sedangkan finance adalah suatu aktivitas serta kemampuan dalam menemukan atau menerima dana, mengelola dan mengeluarkan uang atau melakukan suatu pembayaran. Dimana dalam menjalankan prosesnya tidak terdapat standar maupun aturan seperti halnya akuntansi. Karena, dalam suatu proses finansial saat mencari dana bisa berbentuk pinjaman ataupun penerbitan saham.

Lalu, langkah selanjutnya dana tersebut dikelola untuk dijadikan modal usaha seperti halnya melakukan pembelian bahan baku. Kemudian dari hasil pengelolaan dana tersebut diharapkan kembali dapat menghasilkan dana dalam bentuk laba atau keuntungan.

Ketika suatu perusahaan mampu melakukan sebuah proses keuangannya dengan baik, tentu akan dapat mendorong kinerja suatu perusahaan agar dapat berjalan lebih produktif dan optimal.

Kesimpulan

Jadi kesimpulan dari perbedaan akuntansi dan finance diketahui bahwa akuntansi dalam sebuah perusahaan yang menjalankan bisnis tentunya akan diarahkan kepada kegiatan keuangan. Sebaliknya sedangkan finance lebih diarahkan kepada kondisi keuangan dari sebuah perusahaan. 

Dimana suatu perusahaan yang menjalankan suatu bisnis atau usaha di berbagai macam bidang tentunya memerlukan proses manajemen keuangan dengan standar dan aturan yang ada dalam akuntansi sehingga dapat membuat perusahaan tersebut memiliki kondisi keuangan yang baik.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

1 COMMENT

Comments are closed.