Libur Telah Usai, Apa Kabar Rupiah?

0
279
Ilustrasi Nilai Tukar Rupiah terhadap Dolar AS, Sumber - Bisnis

Mengacu Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR), pergerakan nilai tukar rupiah terhadap nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) pada Selasa (27/10) ditutup menguat tipis yakni 7 poin menjadi Rp14.690 per dolar AS dibandingkan pada perdagangan Senin (26/10) di harga Rp14.697 per dolar AS.

David Sumual selaku Ekonom Bank Central Asia (BCA) mengatakan, perdagangan pasar pada minggu ini (26/10 – 27/10) sangat singkat karena pasar dalam negeri hanya diperdagangkan 2 hari mengingat adanya cuti bersama. Artinya, isu atau sentimen baik dari dalam maupun luar negeri tidak terlalu memberikan dampak terhadap nilai tukar rupiah.

“Sebenarnya pada minggu ini ada isu peningkatan kasus Covid-19 di Eropa dan Amerika, itu bisa mempengaruhi perdagangan valas dalam negeri,” ujar David kepada Akseleran, Jumat sore (30/10).

Untuk pekan depan, David memproyeksikan sentimen luar negeri terutama pemilihan umum (pemilu) AS dan gelombang Covid-19 di Eropa akan memberikan sentimen pada perdagangan valas serta menunggu rilis data inflasi dalam negeri.

“Yang paling kuat mempengaruhi pergerakan rupiah pekan depan adalah menunggu hasil pemilu Amerika Serikat,” tuturnya.

Prediksi David, mata uang garuda akan bergerak di rentang harga Rp14.550 – Rp14.650 per dolar AS.

Baca Juga:
Rupiah Pekan Depan Dipengaruhi Pemilu AS
Pekan Depan Rupiah Menguat Terbatas

Senada dengan David, Piter Abdullah Redjalam selaku Pengamat Pasar Uang mengatakan, perdagangan rupiah pada pekan ini tidak terlalu banyak mengalami perubahan mengingat pasar finansial dalam negeri libur panjang sejak Rabu (28/10) hingga Jumat ini (30/10), dalam rangka cuti bersama perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Untuk pekan depan, Piter memproyeksikan mata uang rupiah akan bergerak up and down karena adanya sentimen luar negeri pemilu AS dan meningkatnya kasus Covid-19 di Eropa.

Meski begitu, Piter meyakini sentimen dalam negeri masih sangat kuat terkait fundamental yang stabil dibandingkan negara-negara lain, terutama negara-negara yang terkena pandemi Covid-19.

Prediksi Piter, rupiah akan bergerak di rentang harga Rp14.500 – Rp14.600 per dolar AS sepanjang pekan depan.

Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp 100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]