Wajib Punya! 7 Peralatan Berkebun di Rumah untuk Pemula

0
575
7 Peralatan Berkebun di Rumah untuk Pemula

Aktivitas berkebun di rumah bisa menjadi kegiatan selingan yang menyenangkan di tengah kesibukan. Ragam jenis tanaman yang ada tentunya sangat menarik untuk dieksplor. Tak hanya menyenangkan, berkebun juga dapat memberikan sejumlah manfaat, mulai dari meningkatkan koordinasi dan kekuatan tangan, menjaga kesehatan otak, hingga membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Jika kamu adalah pemula dalam berkebun, ada beberapa peralatan yang harus disiapkan agar berkebun di rumah dapat berjalan lancar serta optimal. Dengan alat yang tepat, kamu bisa memiliki taman rumah yang indah. Berikut ini adalah alat-alat untuk berkebun akan mempermudah kegiatan bercocok tanam.

1. Bibit

Kamu tentu akan membutuhkan bibit untuk bisa menumbuhkan bermacam-macam tanaman sendiri di rumah. Kamu bisa dengan mudah mencari bibit tanaman di toko online ataupun pasar. Ada banyak jenis bibit mulai bunga hingga buah-buahan, pilihlah yang sesuai dengan preferensi.

2. Sekop atau Cangkul

Sekop atau cangkul berfungsi untuk memudahkanmu ketika memindahkan tanaman, mengambil, atau menggali tanah. Bedanya, sekop digunakan untuk tanaman cenderung kecil, sementara cangkul untuk menanam tanaman berukuran besar. Kamu bisa menyesuaikan kebutuhanmu. Pilihlah sekop atau cangkul dari baja anti karat yang memiliki bagian ujung yang tajam.

3. Sarung Tangan

Pastikan kamu menggunakan sarung tangan saat berkebun untuk mencegah kotoran masuk ke kuku dan agar tangan tidak tertusuk duri atau benda tajam lainnya. Pilih sarung tangan yang memiliki ruang untuk keluar masuk udara agar tangan tidak mudah berkeringat. Pastikan sarung tangan juga tahan air dan mudah untuk dibersihkan.

4. Pot

Pot bisa menjadi solusi jika kamu memiliki lahan terbatas di rumah namun tetap ingin bercocok tanam. Pot bisa diletakkan di dalam dan luar ruangan sehingga juga dapat berfungsi mempercantik sudut rumahmu. Sesuaikan pot dengan jenis tanaman dan pastikan pot tersebut memiliki lubang drainase.

5. Selang atau Penyiram Tanaman

Tentu kita perlu menyiram tanaman secara rutin agar tumbuh subur. Kamu dapat menggunakan selang yang terhubung ke keran air ataupun penyiram tanaman untuk menampung air dan mengalirkannya secara merata.

6. Gunting Tanaman

Alat yang satu ini memiliki fungsi untuk memangkas tanaman, memotong ranting, membentuk tanaman, dan memotong daun yang layu. Hal ini perlu kamu lakukan secara berkala agar tanaman bisa tumbuh dengan baik.

7. pH Meter

pH meter adalah alat yang dibutuhkan untuk mengukur kadar pH pada tanah. Tingkat keasaman atau pH tanah bisa mempengaruhi kesuburan tanaman, dan alat ini bisa digunakan untuk memastikan kadar pH tanah ideal untuk berkebun. Tanah dengan tingkat 0-6 bereaksi asam dan pH 8-14 bereaksi basa, sementara tanaman membutuhkan tanah dengan pH netral yaitu 7.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut