6 Penyebab Tidur Tidak Nyenyak di Malam Hari

0
697
6 Penyebab Tidur Tidak Nyenyak di Malam Hari

Tidur nyenyak dan berkualitas adalah dambaan setiap orang terlebih setelah sibuk beraktivitas seharian. National Sleep Foundation menganjurkan kita untuk tidur 7-9 jam per harinya supaya metabolisme tubuh bekerja maksimal di malam hari. Namun terkadang kita tidak bisa langsung memejamkan mata dan tidur karena beberapa faktor yang akhirnya membuat kita sulit untuk tidur. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa membuat tidur kurang nyenyak.

1. Cahaya di kamar kurang gelap

Cahaya lampu yang terang bisa mengurangi produksi melatonin atau hormon yang dikeluarkan oleh kelenjar pineal yang menyebabkan kantuk. Kamu bisa mematikan lampu atau gunakan lampu tidur yang minim cahaya di kamar.

2. Paparan teknologi sebelum tidur

Sama seperti lampu, cahaya dari barang elektronik seperti ponsel ataupun laptop juga dapat mengganggu hormon melatonin. Tak hanya membuat sulit tidur, hal ini juga bisa membuatmu mengantuk di pagi hari. Berhenti bermain ponsel sebelum tidur adalah cara ampuh mengatasi susah tidur.

3. Suhu ruangan terlalu hangat

Suhu yang terlalu hangat bisa menghambat tidur mencapai fase yang lebih dalam atau fase bermimpi. Itulah kenapa mimpi akan sering muncul ketika suhu ruangan saat tidur cenderung stabil atau mengarah ke dingin. Salah satu cara mengatasi susah tidur karena banyak pikiran adalah dengan menyetel suhu ruangan agar lebih stabil.

4. Konsumsi protein berlebih

Mengonsumsi protein membutuhkan banyak energi untuk mencerna. Hal itu menyebabkan sistem pencernaan terus bekerja bahkan ketika ingin tidur sehingga membuat kita tetap terjaga. Sebaiknya kamu mengonsumsi kacang-kacangan, susu, atau teh kamomil sebelum berbaring di kasur karena merupakan makanan untuk susah tidur.

5. Lapar

Pada beberapa kasus, perut lapar bisa menyebabkan penurunan gula darah yang bisa membuatmu terbangun di malam hari. Usahakan agar perutmu sudah terisi cukup sebelum tidur. Namun jangan lupa beri jeda setidaknya 2 jam agar makanan sudah dicerna tubuh.

6. Kecemasan

Beberapa dari kita sering terbangun di malam hari dan hal pertama yang terpikir adalah masalah yang dihadapi. Tanpa sadar, kita langsung ingin menyelesaikan masalah tersebut dan mencari solusinya saat itu juga sehingga mengganggu jam tidur.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut