Pentingkah Memiliki Personal Values dalam Berkarir?

0
143
Pentingkah Memiliki Personal Values dalam Berkarir?

Dalam sebuah penelitian Departemen Psikologi di Stanford University, ditemukan bahwa 87,5% keberhasilan seseorang dalam karir adalah karena sikap positif yang dimilikinya, sedangkan 12,5% sisanya adalah karena kepintaran atau keterampilan yang dimilikinya. Sikap positif yang kita miliki sangat berkaitan erat dengan personal values kita. Lalu apa itu personal values?

Personal values adalah sebuah nilai yang melekat pada seseorang. Nilai ini berkaitan dengan kualitas diri orang tersebut. Nilai-nilai itu akan menuntun setiap individu dalam berpikir, bersikap, berinteraksi, hingga bertindak dalam berbagai situasi. Dengan kata lain, personal values adalah panggilan yang menuntun kita dalam menjalani setiap aspek kehidupan, termasuk karir. Misalnya, ada seseorang yang memiliki personal values “senang membagikan apa yang dia punya kepada orang lain”. Artinya, orang tersebut memiliki panggilan hidup untuk selalu berbagi pada siapa saja.

Menurut Career Center University of California, Berkeley, seseorang yang memahami personal values atau panggilannya dengan baik, cenderung lebih mudah mengembangkan hal yang paling penting dalam hidupnya. Personal values adalah keyakinan dan peta hidup yang penting bagi kita. Dengan begitu, tentu saja ini akan mempengaruhi tindakan serta respons kita dalam banyak hal.

Personal values dapat berfungsi sebagai kekuatan penuntun. Hal ini sangat diperlukan terutama saat kita membuat keputusan dan mengejar pilihan untuk mencapai kebahagiaan serta rasa puas yang mendalam. Salah satunya seperti saat menentukan jalur karir. Bagaimana cara mengetahui personal values kita?

Pertama, coba tuliskan 3 hal yang paling menggambarkan diri kita. Bisa berdasarkan diri kita sendiri atau orang lain. Setelah itu, cobalah pilih salah satu dari 3 hal tersebut yang lebih menggambarkan diri kita. Jika sudah, refleksikanlah hal tersebut. Apakah 1 hal yang menggambarkan diri kita tadi merupakan sesuatu yang bisa membuat diri kita semakin bermakna? Jika ya, maka itulah personal values kita.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut