5 Syarat dan Pengertian Kredit Investasi!

0
6183
Pengertian Kredit Investasi

Minimnya segala informasi seputar keuangan finansial kadang menyebabkan kesulitan dalam mengambil langkah-langkah tepat dalam mengelola keuangan pribadi ataupun bisnis. Masalah yang biasanya dihadapi adalah ketidaktahuan seputar pengertian kredit investasi.

Jika sudah memutuskan untuk mengambil fasilitas kredit investasi maka kamu tahu tahapan yang dilakukan para perbankan untuk memberikan fasilitas itu. Biasanya Bank melakukan proses verifikasi lalu memeriksa usaha yang dijalankan oleh peminjam. Maka dari itu setiap mereka yang ingin mengajukan pinjaman investasi maka harus melengkapi persyaratan yang cukup banyak. Sebelum membahas mengenai persyaratan dari pengajuan kredit investasi ketahui dulu dari kredit investasi dibawah ini.

Pengertian Kredit Investasi

Kredit Investasi merupakan utang dengan suatu periode pengembalian jangka panjang atau menengah. Utang juga dapat diajukan untuk membiayai beberapa barang sebagai modal dalam rencana rehabilitasi ataupun pembangunan proyek sebuah perusahaan. Untuk dapat melunasi kredit investasi, pemilik perusahaan biasanya menggunakan uang hasil keuntungannya dari pemanfaatan kredit investasi perusahaan.

Dalam pengertian kredit investasi, selain syarat yang harus kamu penuhi dalam pengajuan kredit investasi biasanya memiliki ciri-ciri untuk adalah

  • Sebagai penambah modal bisnis atau usaha
  • Sistem Kredit Pseudo R/R (Pengambilan Sekaligus)
  • Memiliki perencanaan yang matang
  • Membentuk kredit jangka panjang

Untuk dapat mengajukan kredit investasi memerlukan beberapa persyaratan diantaranya :

  • Feasibility Study

Feasibility Study merupakan sebuah studi kelayakan yang memiliki tujuan untuk menilai kelayakan implementasi suatu bisnis/usaha, sementara aspek yang dianalisa dalam studi ini seperti keuntungan perusahaan (Financial Benefit), manfaat yang diterima masyarakat dari proyek (Social Benefit) dan Macro Economic Benefit.

  • Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP),Tanda Daftar Perusahaan (TDP) dan lainnya.

Jika kamu memiliki suatu usaha maka kamu memerlukan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), untuk bukti dari usaha yang kamu jalankan. Selain itu, Tanda Daftar Perusahaan (TDP) merupakan catatan resmi yang dikeluarkan berdasarkan dari ketentuan undang-undang atau peraturan pelaksanaannya, dan berisi hal-hal wajib yang didaftarkan oleh setiap perusahaan. Tanpa mempunyai SIUP dan TDP bisnis atau usaha yang dijalankan berarti ilegal. Untuk itu untuk dapat mengajukan kredit investasi kamu harus memiliki SIUP dan TDP ini sebagai syarat pengajuannya.

  • Maksimal kredit adalah 15 tahun dan masa tenggangnya maksimal 4 tahun.
  • Peminjam wajib menyerahkan agunan tambahan apabila menurut bank tersebut diperlukan.
  • Pembiayaan maksimal yang ditanggung oleh bank adalah 65% sedangkan 35% sisanya self financing-nya.

Cukup banyak dan ribet bukan? Padahal Kredit investasi ini sangat banyak peminatnya di indonesia, untuk pemilik usaha sangat disarankan untuk menggunakan kredit investasi untuk mengembangkan usahanya. Karena, Sistem pembayarannya pun mudah dan dapat di angsur ataupun dibayarkan di akhir tenor.

Baca : 7 Peluang Usaha Yang Wajib Kamu Coba!

Daftar sekarang dan Dapatkan Bunga Hingga 21% per Tahun di Akseleran

BLOG100

Akseleran Apps

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here