Pendanaan Borrower Baru? Tidak Perlu Ragu!

4
273
Akseleran_Article_Featured_Image_1366x768_pendanaan_borrower_baru

Sebagai platform Peer-to-Peer (P2P) Lending yang masih tumbuh, tentunya akuisisi pengguna baru menjadi salah satu kegiatan utama Akseleran, termasuk dalam kegiatan pendanaan Borrower baru (peminjam baru).

Setiap bulan Akseleran terus menambah Borrower baru untuk dapat terus meningkatkan jumlah penyaluran pinjaman yang pada akhirnya akan meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia.

Borrower-borrower baru yang meminjam di Akseleran tentunya mayoritas masih berupa UKM dari berbagai industri, dari industri manufaktur, konstruksi, sampai dengan seller / penjual online.

Pendana atau Lender umumnya mungkin agak ragu untuk mendanai Borrower baru karena belum adanya histori pelunasan sebelumnya di Akseleran, akan tetapi keraguan ini bisa diatasi oleh beberapa alasan.

Berikut adalah beberapa alasan kenapa pendanaan Borrower baru di Akseleran bisa menjadi langkah tepat

Diversifikasi Risiko dengan Pendanaan Borrower Baru

Jika lender hanya mendanai Borrower-Borrower lama / existing, maka sebenarnya akan ada penumpukan risiko di borrower-borrower tersebut. Meskipun memang rekam jejaknya sudah cukup terbukti dari histori pelunasannya, akan tetapi risiko tetap ada.

Dengan mendanai Borrower baru, maka risiko pendanaan akan disebar lebih luas. Apabila Borrower baru berada di industri yang memang belum ada di porfolio pendanaan Borrower kita, maka risiko juga terdiversifikasi ke industri lain.

Sebagai ilustrasi:

Ketika memiliki dana 100 juta dan hanya mendanai 5 borrower lama dengan sama rata, maka risiko di masing-masing borrower adalah 20% dari total dana (masing-masing borrower didanai 20 Juta).

Ketika dana 100 juta ini kita gunakan untuk mendanai 5 borrower lama + 5 borrower baru sama rata, maka risiko di masing-masing borrower menurun menjadi 10% dari total dana (masing-masing borrower didanai 10 Juta).

Adanya Proses Credit Assessment yang Ketat

Setiap Borrower baru yang hendak mengajukan pinjaman di Akseleran, tentunya harus melalui proses credit assessment yang ketat, terutama dari sisi performa keuangan mereka.

Apabila performa keuangan mereka di bawah standar yang Akseleran tetapkan, maka tentunya Borrower tidak dapat meminjam.

Ditambah lagi Akseleran ada pengecekan history credit untuk pinjaman-pinjaman lain yang Borrower pernah miliki sebelumnya serta pelunasannya.

Artinya, Borrower-Borrower yang sudah ditawarkan ke Lender merupakan Borrower-Borrower yang sudah layak secara performa finansial dan juga history kredit mereka.

Adanya Proteksi Asuransi dan Agunan

Sebagai perlindungan untuk Lender, Akseleran sudah menyediakan proteksi asuransi yang melindungi 99% dari pokok pinjaman yang tertunggak, sehingga risiko Lender sebenarnya hanya 1% dari pokok pinjaman yang tertunggak.

Lebih jauh lagi, untuk pinjaman bisnis umumnya memakai agunan berupa invoice ataupun PO/kontrak/SPK sebagai jaminan adanya pembayaran.

Dengan adanya proteksi asuransi dan agunan serta credit assessment yang ketat membuat tingkat Non-Performing Loan (NPL) Akseleran di pertengahan Agustus 2022 hanya 0.05% dari Total Penyaluran Pinjaman yang sudah > Rp. 5 Triliun.

Mempercepat Inklusi Keuangan

Dengan mendanai Borrower-Borrower baru, artinya kita membantu lebih banyak UKM ataupun individu untuk mendapatkan pinjaman. Kita memberi akses pinjaman kepada lebih banyak lapisan masyarakat yang membutuhkan (dan tentunya layak mendapatkan pinjaman berdasarkan hasil credit assessment).

Dengan pinjaman-pinjaman ini, Borrower baru bisa mengembangkan usahanya yang pada akhirnya berkontribusi kepada perekonomian nasional.

Karena itu Lender tidak perlu ragu, pendanaan Borrower baru bisa menjadi pilihan tepat untuk mempercepat pengembangan danamu.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

4 COMMENTS

Comments are closed.