12 Ide Usaha Sampingan dengan Modal Kecil 2022

3
1161
usaha sampingan modal kecil 2022

Jika membicarakan bisnis dengan modal terbatas atau kecil, hal pertama yang pastinya perlu dipertimbangkan adalah lokasi. Alih-alih berpikir untuk menyewa lahan, Anda bisa mengawali bisnis di rumah. Jadi, dana yang terbatas bisa Anda maksimalkan untuk produk dan promosinya. 

Selanjutnya, pertimbangkan untuk melakukan bisnis secara daring karena memang sedang sangat tinggi peminatnya. Jangan khawatir, ada banyak ide usaha sampingan modal kecil 2022 yang bisa Anda pertimbangkan untuk memulai bisnis pertama kali. Berikut beberapa di antaranya: 

Makanan Ringan

Sepertinya, kuliner masih menjadi jenis usaha sampingan yang masih diminati. Selain modalnya yang minim, bentuk bisnis ini juga beragam, mudah diolah, dan pastinya dicari. Sebut saja camilan keripik, olahan pisang, dan masih banyak lagi. Namun, pastikan Anda tetap mengikuti trend dan melakukan inovasi sehingga tetap mampu bersaing dengan pebisnis kuliner lainnya. 

Makanan Beku

Masih dari sisi kuliner, Anda juga bisa menjajal peruntungan bisnis dengan menjual makanan beku atau frozen food. Sajian ini juga masih diminati karena pengolahannya yang mudah dan bisa disimpan dalam waktu lama. Tidak hanya nugget, kentang, bakso, atau sosis, Anda juga bisa menjual camilan beku seperti pisang coklat, risol, hingga donat kentang. 

Katering

Katering juga bisa menjadi ide usaha sampingan modal kecil 2022 yang dapat Anda pertimbangkan untuk mendapatkan pemasukan tambahan. Agar berbeda dengan bisnis katering pada umumnya, Anda bisa berfokus pada katering sehat, sajian untuk vegetarian, atau menu hidangan yang berfokus pada diet tertentu.

Minuman Sehat

Secara tidak langsung, pandemi membuat masyarakat mulai membiasakan pola makan sehat. Termasuk mengonsumsi jamu atau minuman herbal lainnya. Kondisi ini bisa Anda manfaatkan sebagai peluang untuk membuka bisnis baru, yaitu bisnis minuman rempah atau jamu. Terlebih, eksistensi jamu kini sudah mulai langka di pasaran, sehingga peluang Anda tentunya menjadi semakin besar untuk memulainya. 

Pakaian

Tak sedikit orang yang berpikir bahwa bisnis kaos, membutuhkan modal yang besar. Padahal, justru sebaliknya, bisnis clothing termasuk usaha sampingan modal kecil 2022. Tentunya apabila Anda melakukannya dengan sistem pre-order. Dengan demikian, proses produksi baru akan berlangsung apabila ada konsumen yang melakukan pemesanan. 

Baca juga: 20 Ide Bisnis Kreatif Anak Muda dengan Modal Kecil

Budidaya Ikan Hias

Meski terbilang sebagai bisnis musiman, tidak ada salahnya untuk mencoba bisnis budidaya ini. Sebab, harga jual ikan hias bisa dibilang sangat tinggi. Jika Anda belum pernah memulainya, coba  ikuti pameran ikan hias atau membaca buku tentang budidaya ikan hias.

Penatu

Jika Anda bertempat tinggal di area perkantoran atau perkuliahan, membuka penatu menjadi bentuk usaha sampingan modal kecil 2022 yang sangat menjanjikan. Sebab, kesibukan tinggi tak jarang membuat kaum muda milenial tak memiliki waktu untuk sekadar mencuci pakaian. Selain praktis, harga jasa penatu bisa dikatakan cukup terjangkau. 

Bisnis Thrift

Thrift shop adalah bentuk usaha jual beli baju bermerk bekas pakai. Bentuk bisnis ini cukup digandrungi generasi muda sebagai bentuk pemasukan tambahan yang tidak membutuhkan modal besar. Selain itu, pasar untuk bisnis ini juga bisa dibilang masih cukup luas. 

Jasa Jahit Pakaian

Punya kemampuan menjahit? Tentunya Anda bisa memanfaatkan hal tersebut untuk membuka jasa menjahit pakaian. Meski terkesan remeh, bisnis menjahit pakaian juga bisa mendatangkan profit besar.

Bisnis Kue dan Pastry

Usaha sampingan modal kecil 2022 lainnya adalah bisnis kue dan pastry. Bentuknya juga bervariasi, bisa kue kering, cake, pastry, kue basah, atau roti. Meski modalnya minim, bisnis ini menawarkan keuntungan cukup besar, apalagi saat musim lebaran tiba. 

Franchise

Lalu, ada juga bisnis franchise yang beberapa waktu terakhir ini sedang trend. Mulai dari usaha franchise ayam goreng krispi, aneka minuman segar dan camilan kekinian, hingga kedai roti dan kopi. 

Jasa Desain dan Edit Video

Terakhir adalah jada desain dan edit video yang bisa Anda lakukan secara daring dari mana saja. Di era serba canggih sekarang, jasa editing video dan desain sangat dibutuhkan untuk berbagai kepentingan, misalnya promosi dan branding. 

Demikian tadi beberapa ide usaha sampingan modal kecil 2022 yang dapat menjadi pertimbangan Anda. Pastikan Anda melakukan riset pasar terlebih dahulu sebelum memulainya, sehingga bisnis Anda tepat sasaran dan bisa menghasilkan keuntungan. Selamat mencoba!

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].

3 COMMENTS

Comments are closed.